Apakah Penting Menggunakan Sajadah Saat Sholat? Simak Fungsi Sajadah Dalam Shalat

Fungsi Sajadah Dalam Shalat


Dalam bahasa Arab, Sajadah biasa disebut dengan Sajjada atau Musallah.

Sedangkan untuk orang Persia, menyebut Sajadah dengan Janamaz.

Sedangkan di negara Indonesia biasa disebut dengan Sajadah. Sajadah, pada umumnya terbuat dari kain, baik polos maupun yang memiliki gambar dan corak yang biasanya bernafaskan Islam.

Menjaga agar tubuh tetap terjaga kebersihannya serta agar dapat menambah rasa kusyu saat beribadah merupakan alasan utama orang Islam menggunakan Sajadah sebagai alas Sholatnya.

Walaupun dari banyak referensi, penggunaan Sajadah sebenarnya tidak bersifat wajib karena memang tidak ada hubungannya dengan kusyu atau tidaknya seseorang dalam menjalankan Sholat.

Ukuran Sajadah


Untuk ukuran, Sajadah biasanya memiliki ukuran yang sekiranya seukuran orang dewasa pada saat melakukan sujud.

Umumnya ukuran sajadah adalah 0.91 m × 1.5 m atau 1.2 m × 1.8 m.

Tetap ada juga ukuran Sajadah yang hanya seukuran 30 cm × 30 cm yang biasanya digunakan sebagai alas kening saja. Selain itu, ada pula Sajadah yang dibuat khusus untuk para anak-anak yang tentunya berukuran lebih kecil serta dihiasi ornamen lucu & menarik.

Fungsi Sajadah Dalam Shalat


Mungkin menggunakan sajadah saat sholat dianggap sebagai bukan hal yang wajib dan hanya kebiasaan untuk beberapa orang saja. Padahal menggunakan sajadah sebagai alat sholat sangat disarankan karena memiliki beberapa keutamaan.

Berikut beberapa fungsi dari sajadah  :

1. Alas dari najis


Sebagai alas, jelas sajadah berfungsi untuk menghalangi sesuatu dan salah satunya merupakan najis.

Tidak hanya diluar rumah, di dalam rumah juga sering ada najis yang terkadang kita tidak tahu dimana letaknya. Najis yang dimaksud seperti kotoran cicak, tikus atau urin anak kecil saat ngompol.

2. Pembatas dari najis


Perlu diketahui bahwa walaupun letak najis itu cukup jauh dari jangkauan kita saat sholat, tapi selama kita tidak menggunakan alas sholat atau sajadah tetap itu dianggap sebagai najis untuk kita.

Fungsi sajadah ini seakan menjadi pembatas tak terlihat dari kotoran dan najis tersebut.

3. Alas dari panas


Kegiatan sholat tidak hanya dilakukan di dalam rumah pastinya beberapa kali kita melakukannya di luar rumah seperti masjid atau tanah lapang. 

Seperti saat kita menjalankan sholat Idul Fitri atau Idul Adha yang biasanya dilaksanakan di lapangan terbuka bahkan dijalanan depan masjid. 

Pada cuaca yang terik jelas panasnya tanah atau aspal akan membuat sholat kita tidak khusyuk. Oleh karena itu kita harus menggunakan alas sholat yaitu sajadah.

Yahh itulah beberapa fungsi sajadah dalam shalat kita, butuh atau tidaknya tergantung Anda yaa.

Tetapi kalau dilihat dari fungsinya, pasti Anda membutuhkan sajadah untuk melaksanakan sholat bukan?

Maka dari itu, beli dan pilihlah sajadah yang nyaman digunakan. Pilih dengan cermat mulai dari bahannya, ukurannya dan jangan lupa utamakan fungsinya.

Post a Comment

0 Comments