Hukum Sholat 5 Waktu Berjamaah

Baca Juga

hukum sholat 5 waktu berjamaah, grosir sajadah batik, 0852-2765-5050

Hukum Shalat Berjamaah - Islam adalah agama universal, sehingga ajaran – ajaran islam mencakup seluruh aspek kehidupan manusia dimanapun tempatnya dan kapanpun waktunya. Islam telah mengatur kehidupan manusia di dalam kitab suci yaitu Al Quran. Selain dengan Al Quran, Allah SWT telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai rosul terakhir untuk membawa kemaslahatan bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh yang baik untuk manusia, di dalam sunnah – sunnah yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW kita sebagai manusia dapat mencontohnya agar selalu mendapatakan kebaikan dan ridho dari Allah SWT. Sebagai dasar kehidupan umat islam, kita harus selalu bertaqwa kepada Allah SWT, hal yang paling mendasar adalah menjalankan Rukun Islam dan Rukun Iman kita sebagai umat islam. Karena syarat untuk menjadi islam adalah Syahadat yang merupakan Rukun Islam yang pertama. 

Dalam Rukun Islam yang kedua adalah Shalat. Disini kami akan menjelaskan beberapa informasi tentang shalat, salah satunya adalah hukum shalat berjamaah. Shalat merupakan tiangnya agama, shalat juga amalan pertama yang akan dihisab ketika telah datang datang Yaumul Hisab atau hari perhitungan semua amal – amal yang telah kita perbuat sewaktu di dunia. Di dalam shalat juga mempunyai beberapa syarat sah shalat dan rukun shalat. Sebagai umat muslim sudah sepantasnya melaksanakan kewajiban yang paling utama ini. Karena akhlak seorang muslim akan terlihat dari bagaimana mereka menjalankan shalatnya.

Shalat bisa dilaksanakan secara sendiri – sendiri ataupun berjamaah. Allah mempunyai sifat Yang Maha Adil, sehingga Allah akan memberikan balasan yang paling sesuai dengan makhluk-Nya. Salah satunya adalah ketika manusia menjalankan shalat, Allah memberikan balasan yang berbeda antara shalat secara individu dengan shalat berjamaah. Jika shalat sendiri hanya mendapatkan 1 pahala maka jika dilakukan secara berjamaah akan dilipat gandakan menjadi 27 pahalanya.

Dalam Q.S Al Baqarah : 43 telah dijelaskan perintah untuk shalat berjamaah :
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Artinya : Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku' (QS. Al Baqarah : 43).

Berikut adalah hukum Shalat berjamaah :

Ada beberapa perbedaan pendapat tentang  hukum shalat 5 waktu secara berjamaah, yaitu :

1. Fardhu ‘Ain

Menurut Atho’ bin abi Robbah, Al Hasan Al Bashri, Abu “Amr Al Awza’i, Abu tsaur Al imam Ahmad (yang nampak dari pendapatnya) dan pendapat Imam Asy Syafi’i dalam Mukhtasor al Muzanniy. Imam asy Syafi’i mengatakan : 
“Adapun shalat berjamaah, aku tidak memberi keringanan bagi seorangpun untuk meninggalkannya kecuali bila ada udzur”

2. Fardhu Kifayah 

Al Hafizh Ibnu hajar berkata :”Zhahir-nya nash(perkataan) Syafi’i, shalat berjamaah hukumnya fardhu kifayah. Inilah pendapat jumhur mutaqaddim dari ulama shafi’iyah dan banyak ulama hanafiyah serta Malikiyah “.[Fathul Baari 2/26].

3. Sunnah Muakad

Ini pendapat mazhab hanafiyah dan Malikiyah. Imam Ibnu abdil Barr menisbatkannya kepada kebanyakan alhi fiqh Iraq, Syam dan Hijaaj. Dalil mereka :

Yang artinya : Dari ibnu Umar bahwa Rasululloh bersabda “ Shalat berjamaah mengungguli shalat sendirian dua puluh tujuh derajat. [Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahih-nya kitab] al adzaan, bab Fardhu dalam Shalatul Jama’ah no. 609].

Wallahu A’lam. Semua kebenaran hanya milik Allah semata. Terlepas dari beberapa pendapat tentang Hukum Shalat Fardhu secara berjama’ah kita sebagai umat islam haruslah menjalani yang terbaik untuk setiap amalan kita. Sehingga janganlah sia – siakan nikmat untuk shalat berjamaah. Karena yang terbaik adalah Alloh satu – satunya Tuhan yang wajib kita sembah. Adapun beberapa pendapat yang mengatakan shalat berjamaah adalah wajib untuk laki – laki yang baligh, dan berakal. Jadi marilah kita tingkatkan shalat kita, tentunya semua itu hanya untuk Allah SWT Sang Maha Pencipta. 

grosir sajadah murah, jual sajadah kecil, 0852-2765-5050

Untuk kesempurnaan shalat kita, haruslah dilaksanakan dengan benar dan tentunya sesuai tuntunan Rasul kita. Salah satunya adalah kebersihan tempat untuk kita shalat. Karena Allah menyukai kebersihan. Untuk memastikan tempat shalat kita bersih dan aman dari semua najis yang bisa jadi mengurangi ke- sahannya shalat kita dan untuk menjaga shalat kita, sebaiknya ketika shalat kita menggunakan sajadah, karena dengan menggunakan sajadah kita bisa lebih tenang melakukan shalat dan menjaga kehusyu’an shalat, juga bisa menjadi tempat yang nyaman ketika kita bersujud kepada Allah.

Untuk itu kami menyediakan sajadah lipat praktis untuk anda gunakan dimana saja. Kami menyediakan sajadah dengan bahan polyster dan panjang 100 x 50 cm dengan tas sajadah berukuran kecil sehingga anda lebih mudah untuk membawanya. Sajadah yang ada ditoko kami mempunyai beberapa motif yaitu :
  1. Sajadah motif kerang
  2. Sajadah motif melati
  3. Sajadah motif quba
  4. Sajadah motif masjid
  5. Sajadah motif ka’bah
  6. Sajadah motif zahra
  7. Sajadah motif marwah

Selain dengan pilihan motif diatas anda juga bisa memilih model tas sajadah yang kami sediakan diantaranya yaitu  :
  • Tas sajadah model kancing
  • Tas sajadah model serut
  • Tas sajadah model sleting

Dengan tas sajadah yang kecil anda akan lebih nyaman membawa sajadah ke masjid atau ke tempat – tempat lainnya. Harga sajadah motif yang kami jual murah, kualitas juga oke. 5 137

Untuk pemesanan sajadah batik atau sajadah kecil untuk shalat ini, anda bisa memesannya secara online, karena kami akan mengirimkan pesanan anda hingga alamat tujuan menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya di Indonesia. Untuk pemesanan sajadah yang bagus langsung saja menghubungi nomor 0852-2765-5050 via WhatsApp, SMS atau Telepon. Untuk anda yang ingin berbelanja menggunakan aplikasi toko online besar di Indonesia, anda bisa memesan sajadah cantik ini melalui aplikasi Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Untuk pembelian banyak anda akan mendapatkan harga grosir sajadah. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang galeri kami, bisa kunjungi Instagram kami di akun @grosirsajadahmurah. Anda akan mendapatkan sajadah berkualitas baik dan harga terjangkau hanya di toko kami. Kunjungi juga website sajadahbatik.web.id kami untuk mendapatkan informasi lengkap tentang sajadah batik yang kami jual.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »