Tuntunan dan Tata Cara Iktikaf

Baca Juga

Tuntunan dan Tata Cara Iktikaf - Ramadhan adalah bulan ke-sembilan dalam penanggalan kalender hijriyah. Bulan ramadhan mempunyai keistimewaan bagi seluruh umat islam di dunia. Karena bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pada saat bulan ramadhan seluruh umat islam yang sudah memenuhi syarat, diwajibkan untuk berpuasa seperti firman Allah ta’ala dalam QS. Al-Baqarah : 183. 

tuntunan dan tata cara iktikaf, grosir sajadah murah, 0852-2765-5050

Puasa sendiri mempunyai makna menahan diri, secara istilah puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan sesuatu hal yang membatalkan puasa itu sendiri, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana jika kita melakukan ibadah wajib, maka pahalanya akan dilipat gandakan 10 kali. Jadi bulan ramadhan adalah bulan dimana para umat muslim panen pahala dan kebaikan.

Selain berpuasa pada bulan ramadhan juga ada beberapa kegiatan lain yang di sunnah kan dan dianjurkan seperti shalat tarawih,  memperbanyak membaca alquran, malam lailatul qodar dan iktikaf. Iktikaf berasal dari kata bahasa Arab yaitu Akafa, yang memiliki arti menetap, mengurung diri atau terhalang. Secara konteks ibadah, iktikaf adalah berdiam diri didalam masjid dalam rangka untuk bermuhasabah atau berinstrospeksi diri dan mengharap ridho Allah semata. Iktikaf disyari’atkan berdasarkan Q.S Al- Baqarah ayat 187. Dalam ayat terebut dijelaskan perintah untuk beriktikaf di masjid. Orang yang beriktikaf disebut dengan Mu’taqif. 

Apa saja sih yang perlu kita ketahui lebih lanjut tentang iktikaf, mungkin bagi anda yang ingin beriktikaf di bulan ramadhan ini. Ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum beriktikaf yaitu :

1. Waktu dan tempat untuk beriktikaf

Iktikaf sangat dianjurkan pada saat bulan Ramadhan, beberapa kalangan ulama mengatakan iktikaf dimulai dari malam ke-21 ramadhan. Untuk waktu pelaksanaannya boleh dikerjakan dalam waktu tertentu seperti 1 jam, 2 jam atau 3 jam dan seterusnya. Bisa juga dilaksankan dalam waktu sehari semalam atau 24 jam.

Untuk tempat beriktikaf ada perbedaan pendapat antar beberapa ulama, ada yang mengatak tempat atau masjid yang bisa untuk beriktikaf adalah masjid yang terdapat imam dan muadzin khusus, baik masjid tersebut digunakan untuk shalat lima waktu ataupun tidak. Pendapat tersebut dipegang oleh ulama Hanafi. Jika menurut Al hanabilah atau ulama Hanbali, masjid yang dapat digunakan untuk beriktikaf adalah masjid jami’ atau masjid yang biasa digunakan untuk shalat berjamaah.

2. Syarat – syarat beriktikaf
  1. Beragama Islam
  2. Baligh, laki laki maououn perempuan
  3. Harus mempunyai niat untuk iktikaf’
  4. Dilakukan didalam masjid, masjid jami’ maupun biasa
  5. Orang yang tidak puasa boleh melakukan iktikaf
  6. Hal – hal yang harus diketahui pada saat beriktikaf

Para ulama sepakat, bagi orang yang melakukan iktikaf harus tetap berada didalam masjid. Namun bagi mu’taqif (orang yang beriktikaf) diperbolehkan keluar dari masjid dengan beberapa alasan yang dibenarkan seperti :
  • Adanya ‘Udzrin Syar’i atau alasan syar’i, contohnya sholat jumat, berwudhu.
  • Karena keperluan hajat manusia seperti buang air, mandi jannabah dan lainnya
  • Karena kondisi darurat seperti gempa, masjid roboh.
  • Hal yang membatalkan Iktikaf

Ada beberapa hal yang dapat membatalkan iktikaf yaitu : 

  1. Murtad
  2. Keluar dari masjid tanpa udzur syar’i
  3. Hilang ingatan/ Gila
  4. Haid 
  5. Bersetubuh
  6. Amalan – amalan yang dapat dilaksanakan ketika iktikaf


Berdasarkan beberapa hadits Rasulullah SAW ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan ketika iktikaf yaitu :
  1. Melaksanakan shalat sunat, seperti dhuha, shalat tahiyatul masjid, shalat malam dan lain lain.
  2. Membaca Alquran atau bertadarus.
  3. Berdzikir dan berdoa.
  4. Membaca buku – buku agama.

Selain hal – hal diatas, anda juga harus mempersiapkan keperluan anda untuk beriktikaf. Seperti menyiapkan orang yang akan mengantarkan makanan untuk anda selama anda beriktikaf, keperluan pakian anda, seperti sarung, peci dan sajadah. Anda tentunya harus mempersiapkan hal tersebut agar tidak ada yang mengganggu kegiatan anda selama beriktikaf. Sajadah adalah hal yang penting pada saat anda melakukan iktikaf, dengan sajadah anda dapat menggunakannya sebagai alas shalat, alas pada saat bertadarus, berdzikir dan berdoa. Sehingga anda tidak takut masuk angin karena harus duduk dilantai masjid.

Untuk itu, kami menyediakan sajadah yang mudah dan praktis untuk anda bawa ketika beriktikaf. Sajadah yang kami jual mempunyai kualitas dan bahan yang sangat terjamin. Terbuat dari bahan Polyster dan mempunyai tas sajadah sehingga dapat dibawa kemana – mana dengan mudah. Ada beberapa motif sajadah yang ada di toko kami yaitu : Sajadah motif kerang, sajadah motif melati, sajadah motif marwah, sajadah motif masjid, sajadah motif ka’bah, sajadah motif zahra.

tuntunan dan tata cara iktikaf, grosir sajadah murah, 0852-2765-5050

Sajadah yang ada di toko kami sangat terjamin kualitasnya, dan harganya pun sangat murah dan terjangkau. Sajadah kecil ini mempunyai ukuran 100 x 50 cm. Selain itu tas sajadah batik yang berukuran 14 x 8,5 cm sangat unik dan praktis untuk dibawa kemana – mana. Tas sajadah kecil dari sajadah kami mempunyai 3 model tas yang berbeda yaitu model tas serut, tas kancing dan tas sleting.
Untuk anda yang ingin dan berminat mempunyai sajadah ini, anda tida perlu mennyakan dimana tempat yang menjual sajadah seperti ini, karena disinilah tempatnya. Kami menjual sajadah ini secara online. Selain untuk dipakai secara pribadi, anda juga dapat membelinya secara grosir, seperti untuk saudar dan kerabat disekitar, atau untuk disedekahkan ke beberapa orang atau masjid yang membutuhkan.

Untuk pemesanan sajadah ini anda bisa menghubungi nomor 0852-2765-5050 melalui WhatsApp, SMS dan Telepon. Langsung saja hubungi nomor tersebut. Untuk lebih mengetahui tentang produk sajadah yang kami jual, anda bisa mengunjungi Website www.sajadahbatik.web.id , atau Instagram dengan akun @grosirsajadahmurah. Selain itu anda juga bisa memesan dan membelinya di toko online kami yang ada di :


Sempurnakan ibadah anda dengan perlengkapan yang nyaman dan membantu kegiatan ibadah anda. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »