Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jumat

Baca Juga

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari JumatAl Quran merupakan kitab suci umat islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran sangat – sangat penting bagi kehidupan umat islam di dunia. Karena di dalam Al Quran telah dijelaskan semua segi kehidupan manusia di bumi. Bahkan terkadang Al quran telah menjelaskan sesuatu kejadian yang akan terjadi di masa depan. Al quran memiliki fungsi penting dalam kehidupan manusia, seperti sebagai pemisah atau Al Furqon. Al Quran diwahyukan sebagai kitab suci umat islam. Al quran telah menjelaskan kepada manusia dimana antara yang haq dan yang bathil, mana yang benar mana yang buruk. Fungsi Al Quran juga sebagai petunjuk, Al Quran diturunkan untuk dijadikan petunjuk bagi umat manusia untuk dijadikan petunjuk hidup didunia, agar hidup kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Selain itu Al Quran juga sebagai As Syifa atau obat, Ayat – ayat Al Quran dapat dijadikan sebagai perantara untuk menyembuhkan penyakit, karena yang dapat menyembuhkan hanya Allah SWT. Al Quran adalah sebaik – baiknya bacaan sehingga dapat dijadikan perantara obat bagi manusia yang sedang mengalami sakit, seperti gangguan syaitan.


keutamaan membaca al kahfi di hari jumat


Didalam Al Quran menjelaskan beberapa ilmu, hukum, sejarah sehingga Al quran sudah sangat lengkap isinya. Di dalam Al Quran terdapat disiplin ilmu seperti ilmu tauhid, ilmu sejarah islam, ilmu hukum, ilmu tasawuf, ilmu filsafat islam dan ilmu pendidikan islam. Sudah sangat lengkap kan kandungan dan fungsi dalam Al Quran.

Selain fungsi diatas, surah – surah yang ada dalam Al quran mempunyai keistimewaaan sendiri – sendiri. Salah satunya adalah surah Al kahfi. Surah Al Kahfi adalah surah makkiyah atau surah yang turun di mekkah. Surah al Kahfi adalah surah ke 18 yang terdapat di juz 15 dan 16. Surah yang terdiri dari 110 ayat ini menceritakan tentang sekumpulan pemuda yang tidur di dalam gua selama bertahun – tahun. Oleh karena itu surah ini disebut juga Ashabul Kahfi atau penghuni – penghuni gua.

 Ashabul Kahfi adalah tujuh orang pemuda yang hidup pada masa raja yang kejam dan mengajak rakyatnya untuk menyembah tuhan selain Allah SWT. Sehingga ketujuh orang tersebut lari kedalam goa. Dan di dalam goa mereka tidur selama kurang lebih 300 tahun. Karena ketabahan mereka dijalan Allah, Allah abadikan kisah mereka di dalam Al Quran. Yaitu di dalam surah Al kahfi, sehingga surah ini juga dinamai sebagai surah Ashabul kahfi.  Selain itu, di dalam surah ini juga mengandung pelajaran – pelajaran tentang kehidupan. Surah Al Kahfi adalah salah satu surat yang spesial. Ada keutamaan untuk membaca Al kahfi di hari jumat.

Beberapa keutamaan membaca Al Kahfi di hari juamt yaitu :

  1. Menghindarkan dari fitnah dajjal
    Dajjal adalah makhluk yang sangat buruk dan memiliki satu mata di dahiya, Dajjal memiliki kulit berwarna merah dan berbadan besar. Di dahinya juga terdapat ukiran yang bertulisakan ka fa ro atau yang artinya adalah kafir.Oleh karena itu Rasululloh SAW bersabda jika ada yang membaca Al Kahfi di hari jumat, maka mereka akan dihindarkan dari fitnah dajjal. Fitnah dajjal sangatlah kejam. Hingga dapat menjerumuskan manusia ke neraka. Seperti hadits dibawah ini :
    keutamaan membaca al kahfi
    Dajjal juga merupakan salah satu tanda – tanda akan terjadi kiamat. Dengan membaca Al Kahfi makan kita akan terhindar dari fitnah dajjal. Wallahu a’lam.
  2. Mendapatkan Ridho Allah SWT
    Manusia hidup di dunia ini semata – mata hanya untuk Allah, semua yang kita lakukan haruslah hanya untuk mendapatan ridho Allah SWT. Seperti dengan membaca Al Quran kita hanya untuk mengharap ridho Allah SWT. Membaca Al Kahfi juga dapat mendekatkan diri kita untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Selain itu membaca Al – Kahfi juga dapat menghilangkan hati yang sedang gelisah.
    Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad :
    keutamaan membaca al kahfi
  3. Diampuni dosanya oleh Allah SWT
    Manusia adalah tempatnya khilaf, jadi setiap manusia pasti memiliki salah dan khilaf. Baik itu yang disadari ataupun yang tidak. Seperti janji syaitan yang akan selalu menjerumuskan keturunan Adam hingga hari kiamat tiba. Jadi pastilah kita sebagai manusia harus sadar dengan dosa yang telah kita lakukan. Kita harus selalu memohon ampun kepada Allah atas dosa – dosa kita. Dengan membaca surah Al Kahfi Allah SWT akan mengampuni dosa – dosa kita. Wallahu a’lam.
  4. Dijaga dari gangguan syaitan
    Syaitan adalah gangguan terbesar bagi manusia, syaitan akan terus menjerumuskan manusia kedalam keburukan. Kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah agar kita dijauhkan dari godaan syaitan. Salah satunya adalah dengan membaca Al Quran. Jadi dengan membaca Al kahfi kita bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  5. Disinari Cahaya Kebaikan 
    Dengan membaca surah Al Kahfi dihari jumat, kita dapat disinari di dua jumat. Kita juga akan disinari pada hari kiamat.Sehingga Allah SWT telah memuliakan orang yang membaca Al Kahfi di hari jumat. 
    Seperti hadits dibawah ini :
    keutamaan membaca al kahfi





Oleh karena itu, mari kita membaca Al kahfi di setiap hari jumat agar kita mendapatkan keutamaan – keutamaan yang ada di atas. Kita dianjurkan membaca Al Kahfi di jumat malam dan hari jumat. Dari terbenam matahari dihari kamis hingga terbenam matahari di hari jumat. Dengan membaca Al kahfi kita dapat mendekatkan diri kepada Allah. Karena kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu kita juga harus memuliakan Al Quran dengan selalu membaca. Tidak hanya di hari jumat, tidak hanya membaca Al Kahfi. Akan tetapi kita harus membaca Al Quran disetiap hari. Dengan membaca Al Quran kita dapat mengisi hari – hari kita dengan kegiatan yang bermanfaat sehingga syaitan tidak dapat menggoda kita kedalam perbuatan yang mendatangkan mudhorot atau maksiat. Selain kita harus membaca Al Quran, kita harus mentadaburi yaitu mempelajari arti dan tafsir Al Quran kemudian mengamalkannya di kehidupan kita sehari – hari. Dan bagi kalian yang belum bisa untuk membaca Al Quran, dianjurkan untuk terus belajar. Karena kita sebagai umat muslim seharusnya selalu membaca Al Quran dan mengamalkannya.

Berlomba – lombalah dalam kebaikan. Mari kita membaca Al Kahfi di hari jumat dan mengamalkan Al Quran di kehidupan sehari hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »