Waktu Utama dan Batas Waktu Sholat Tahajud | Grosir Sajadah

Baca Juga

waktu utama dan batasan sholat tahajud

Waktu Sholat Tahajud - Sebelum membahas kapan sholat tahajud. Kita perlu tahu apa itu sholat tahajud. Jadi sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan pada saat kita terjaga setelah tidur pada malam hari. Sholat tahajud ini merupakan sholat sunah muakad, yaitu sholat sunah yang dianjurkan atau dikuatkan secara syara’. Sholat tahajud ini memiliki berbagai keistimewaan bagi yang melaksanakannya. Karena jika kita istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud ini. Kita bisa mendapatkan berbagai keutamaan dari sholat tahajud. Dengan sholat tahajud kita bisa medapatkan tiket untuk masuk surga. Dengan sholat tahajud kita bisa menabung amal atau bekal untuk masuk surga. Kita juga bisa membersihkan penyakit jasmani dan rohani dengan sholat tahajud ini. Sholat tahajud bisa digunakan untuk sarana berdoa dan berdoa diwaktu sholat tahajud akan lebih besar untuk dikabulkan.

Begitu banyak keistimewan sholat tahajud ini. Apalagi bagi kalian yang sedang menginginkan sesuatu. Kita bisa berdoa pada waktu tahajud. Karena waktu tahajud adalah salah satu waktu yang dimakbulkan untuk berdoa. Dengan sholat tahajud juga bisa untuk menghapuskan dosa-dosa yang telah kita perbuat. Wallahu a’lam. Bahkan saat ini banyak poster-poster dakwah yang menyeru untuk melaksanakan sholat tahajud. Contohnya seperti perkataan Imam Syafi’i “Doa diwaktu sholat tahajud seperti panah yang tepat sasaran”. Ada juga yang membuat poster kekinian seperti “Ku tikung kamu di sepertiga malamku”. Dan masih banyak seruan-seruan kekinian yang menyerukan untuk melaksanakan sholat tahajud.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Tahajud

Jadi dengan melakukan sholat tahajud, kita bisa meminta doa kepada Allah SWT. Akan tetapi bukan karena kita telah berdoa, kemudian kita bisa berleha-leha tidak melakukan usaha apapun. Karena apa yang kita inginkan akan terkabul dengan dua cara yang harus kita lakukan yaitu berusaha kemudian bertawakal. Untuk itu setelah kita berusaha. Kita harus tetap berdoa kepada Allah. Nah salah satunya ketika waktu sholat tahajud.

Bahkan Allah SWT telah memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat tahajud. Allah telah berfirman dalam QS. Al Isra ayat 79 yang berbunyi : 5
waktu utama dan batas waktu sholat dhuha

Selain itu nabi Muhammad SAW juga melaksanakan sholat tahajud ini setiap malam. Walaupun sholat tahajud ini bukan sholat wajib. Tapi beliau melaksanakan sholat tahajud semata-mata untuk beriabdah kepada Allah SWT. Karena beliau selalu mentaati perintah-perintah Allah SWT. Allah juga berfirman dalam QS. Al Muzammil ayat 1-4. Dalam QS Muzammil Allah memerintahkan Rasululloh SAW yang sedang tidur untuk bangun dan melaksanakan sholat tahajud. Karena itu beliau melaksanakan sholat tahajud setiap malam.

Lalu kapan waktu sholat tahajud itu sendiri? Sholat tahajud merupakan qiyamul lail yaitu sholat yang dilakukan dimalam hari. Pada waktu kapan si malam harinya?. Sholat tahajud dilakukan ketika kita sudah tidur lalu bangun dan terjaga dimalam hari. Disitulah kita bisa melakukan sholat tahajud. Karena sholat tahajud merupakan bagian dari qiyamul lail. Qiyamul lail adalah semua kegiatan ibadah yang dilaksanakan dimalam hari entah itu sholat, membaca al quran, dzikir dan sebgainya. Sedangkan waktu tahajud adalah khusus untuk sholat tahajud itu sendiri.

Ada beberapa pembahasan tentang waktu sholat tahajud. waktu sholat tahajud bisa dibagi menjadi 3 bagian. Ada waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud yaitu sepertiga malam yang bisa untuk melakukan sholat tahajud. Setiap bagian memiliki waktunya sendiri-sendiri. Bagian waktu sholat tahajud yaitu :
  1. Sepertiga malam pertama, waktu ini adalah waktu awal dan sudah bisa melaksanakan sholat tahajud. Untuk di wilayah Indonesia, waktu sholat tahajud sepertiga malam pertama ini bisa dimulai dari setelah ‘isya hingga sekitar sebelum tengah malam. Akan tetapi jika kita ingin melaksanakan sholat tahajud diwaktu ini. kita harus memenuhi syaratnya yaitu tidur terlebih dahulu. Kita bisa melaksanakan sholat tahajud ketika kita udah tertidur. Walaupun tidur tersebut hanya sekejap. Kita bisa melaksanakan sholat tahajud.
  2. Sepertiga malam kedua, sholat tahajud di sepertiga malam kedua ini berada tepat waktu tengah malam. Kisaran waktu sepertiga malam kedua ini sekitar dari mulai tengah malam hingga sebelum memasuki sepertiga malam terkahir. Sehingga kita bisa melaksanakan sholat tahajud tepat ditengah malam. Tetap untuk melaksanakan sholat dhuha ini setelah kita tertidur terlebih dahulu. 
  3. Sepertiga malam terakhir, sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha. Dengan melaksanakan sholat tahajud di waktu yang utama ini. Kita bisa mengambil hikmah dan fadhilah di sepertiga malam terkahir. Waktu untuk melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam terkahir ini sekita pukul 01.30 hingga sekitar 04.30 atau sebelum subuh. Dengan bangun disepertiga malam terkahir kita bisa melaksanakan berbagai ibadah. Terutama sholat tahajud.

waktu utama dan batasan waktu sholat tahajud

Dan setelah kita melaksanakan sholat tahajud kita bisa melakukan ibadah lainnya. Yaitu sambil menunggu waktu shubuh. Kita bisa membaca Al quran atau berdzikir dulu. Setelah itu kita bisa melaksanakan sholat fajar yang keutamaannya lebih baik dari bumi dan seisinya. Dan kita bisa melaksanakn sholat shubuh secara berjamaah di masjid. Sungguh untuk melaksanakan sholat tahajud disepertiga malam terkahir ini memang sangat utama dan juga doa yang kita panjatkan diwaktu ini. Akan lebih mudah untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Karena sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Untuk sholat kita harus melengkapi syarat dan juga rukunnya. Agar sholat kita diterima oleh Allah SWT. Karena kita tidak tahu seberapa sholat kita yang diterima dan yang tidak. Untuk melengkapi sholat seperti dengan terhindar nari najis itu penting. karena Allah menyukai tempat yang suci. jadi ketika sholat kita harus berada dan dalam kedaaan yang suci. untuk menjaga kesucian tempat kita bisa menggunakan sajadah. Sajadah bisa digunakan untuk membanti kita dalam melaksanakan sholat. Untuk membeli sajadah yang bagus dan berkualitas. Sajadah yang mudah untuk dibawa kemana-mana serta praktis. Kami menyediakan beberapa sajadah dengan berbagai motif. unutk informasi lengkap hubungi nomor 0852-2765-5050. 

Untuk itu mari kita giatkan untuk melaksanakan sholat tahajud. Allah sangat menyukai orang yang melaksanakan sholat tahajud. Sehingga Allah akan mengabulkan doa yang kita minta pada waktu sepertiga malam. Selain itu sholat tahajud juga bisa membantu kita untuk lebih rajin dan tidak malas-malasan. Jadwal harian kita juga bisa tertata dengan rapi karena kita sudah bangun lebih awal. Dan masih banyak lagi keutamaan atau keuntungan kita untuk melaksanakan sholat tahajud. Apalagi sholat tahajud di sepertiga malam terkahir. Untuk itu mari kita laksanakan dan istiqomah untuk melaksanakan sholat tahajud seperti Rasululloh SAW. Dengan demikian kita bisa mencontoh Rasululloh SAW untuk panutan hidup kita sehari-hari serta melaksanakan sunah-sunahnya. Jangan lupa sepertiga malammu untuk sholat tahajud. -Salam Tahajud-

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »