Keistimewaan dan Bacaan Sholat Subuh | Grosir Sajadah

Baca Juga

bacaan sholat shubuh

Bacaan Sholat Subuh - Sholat adalah kewajiban bagi setiap umat islam yang sudah memasuki masa baligh. Sholat tidak boleh ditinggalkan, apapun alasannya. Karena dengan sholat kita bisa lebih dekat dengan Allah. Dan kita bisa memohon doa kepada Allah setelah sholat. Dengan sholat kita bisa lebih tenang. Bukan hanya itu, dengan sholat akan menghindarkan kita dari perbuatan keji dan munkar.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali banyak dari kita yang meninggalkan sholat. Entah itu karena sibuk, sedang sakit, dan yang lainnya. Padahal sholat itu wajib dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan apapun itu alasannya. Karena amalan pertama nanti yang akan dihisab di akhirat terlebih dahulu adalah sholat. Jadi masihkah anda mau meninggalkan sholat? Maka sholatlah anda sebelum disholati.

Kewajiban sholat bagi umat islam ada 5, yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Masing-masing sholat mempunyai rakaat yang berbeda niat yang beda tentunya dan yang terpenting adalah keutamaan yang berbeda. Keutamaan ini dianggap sebagai salah satu manfaat dari kita maenjalankan sholat fardhu ini. Setiap sholat mempunyai keutamaan sendiri, namun tujuannya tetap, yaitu memenuhi kewajiban dan tentunya hanya kepada Alloh SWT. 

Sholat subuh adalah sholat yang mempunyai 2 rakaat dan dilakukan sebelum fajar muncul diufuk timur. Sholat subuh tidak mempunyai waktu yang panjang seperti sholat lainnya, namun apabila benar-benar lupa dan tidak disengaja bangun pagi matahari sudah muncul, tetap masih bisa dilakukan. Namun tetap jangan diulang berkali-kali. Karena lebih baik menjalannkan sholat itu diawal waktu.

Dalam sholat shubuh juga ada batasan waktu sholat shubuh. Dalam sholat shubuh ada beberapa keutamaan dan keistimewaan. Apa saja sih keistimewaan dari sholat shubuh ini? Mari kita bahas dan simak dibawah ini :

Allah SWT berfirman, dalam firmannya  :
bacaan sholat shubuh

Dalam firman Alloh saja sudah dijelaskan bahwa sholat subuh ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Namun, masih banyak muslimin yang lebih memilih melanjutkan tidur dari pada sholat. Padahal sudah sangat jelas pada kumandangan Iqomah pada saat setelahj adzan subuh, yang artinya Sholat lebih baik dari pada tidur. Naudzubillah, semoga kita terhindar dari hal tersebut. 
Padahal dilihat dari keistimewaanya ada banyak sekali.

Inilah beberapa keistimewaan sholat subuh 

  1. Salah satu kemudahan dalam masuk ke syurga-Nya Alloh.
    Nabi Muhammad SAW bersabda :
    bacaan sholat shubuh
    Umat islam pasti semuanya ingin masuk syurga. Tidak ada yang tidak ingin masuk Syurga. Jadi sholat subuh adalah salah satu jalan yang tepat untuk mendapatkan Syurga Alloh SWT.
  2. Penghalang masuk Neraka.
    Nabi Muhammad Subhanahu Wata’ala bersabda :
    bacaan sholat shubuh
    Neraka adalah tempat yang dimana tidak ada satu umat muslim yang mau menempati. Namun, itu semua tergantung dengan amalan dan perbuatan mereka. Jadi tunaikanlah semua kewajiban agar tidak termasuk golongan manusia yang ingkar.
  3. Berada dalam jaminan Alloh SWT.
    Sabda Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa salam :
    bacaan sholat shubuh
    Sangatlah terjamin kehidupan dunia dan akherat apabila dijamin oleh Alloh SWT.
  4. Sholat subuh dihitung sebagai sholat semalam penuh.
    Nabi Muhammad SAW bersabda:
    bacaan sholat shubuh
    Bagaimana tidak istimewa, jika sholat subuh ini dianggap sebagai sholat yang dilaksanakan selama semalam suntuk. Jadi dapat dibayangkan bagaimana pahalanya.
  5. Sholat kita akan disaksikan oleh malaikat.
    Sabda Nabi Muhammad SAW :
    bacaan sholat shubuh
    Malaikat akan menyaksikan kita menjalankan perintah Alloh, yaitu sholat subuh. 
Nahh.. sudah jelaskan bahwa keistimewaan sholat subuh ini ada banyak dan sangatlah rugi apabila kita tinggalkan. Masihkan mau meninggalkan sholat subuh ini?
Bacaan sholat subuh tidaklah berbeda dengan sholat fardu lainnya. Yaitu:
  • Diawali dengan niat Lillahi Ta’ala. Niat hanya ditujukan kepada Alloh SWT
  • Takbiratul Ikhrom. Mengucap Allohu Akbar dan diteruskan dengan Iftitah
  • Membaca Al-Fatihah. Surat wajib yang harus dilafalkan ketika sholat fardu
  • Suratan pendek. Suratan pendek yang dilafalkan setelah surat Al-Fatihah
  • Ruku’. Posisi badan 90° dari sajadah dengan membaca doa ruku’ “ Subhana rabbial ‘adzimi wabih hamdihi 3x”
  • Iktidal. Posisi badan berdiri tegak dengan mengucap “syamiallohuliman hamidah”
  • Sujud. Kepala mencium alas sholat atau sajadah, dengan kening dan hidung menempel pada sajadah dan melafalkan “subhana rabbial a’lla wa bihhamdih 3x”
  • Duduk diantara dua sujud. Duduk diantara dua sujud yang diselingi dengan membaca doa “robihfirli warhamni,wajburni, warfa’ni, warzuqni, wahdini, wa’afini, wa’fu’ani” 
  • Berdiri kembali. Berdiri sambal mengucap “Allohu Akbar”
  • Tahiyat akhir dan diakhiri salam. Membaca doa tahiyat akhir dan diteruskan dengan salam.
Sajadah souvenir bisa digunakan untuk acara pernikahan atau acara lainnya. Sajadah ini juga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Sajadah souvenir yang murah dan terjangkau serta dapat dicustom dengan kartu ucapan. Untuk informasi lain hubungi nomor 0852-2765-5050 via WA/SMS/TLP.
bacaan sholat shubuh

Namun, yang membedakan adalah diselingi dengan doa Qunut yang dilafalkan ketika rakaat ke dua sesudah iqtidal sebelum sujud. Jadi doa Qunut ini dilafalakan dengan berdiri. Membaca doa Qunut ini adalah salah satu Sunnah Muakad atau sunah yang diperkuat untuk dilakukan. Namun bukan suatu kewajiban juga. Tetapi apabila dilaksakan akan mendapatkan pahala yang lebih berlipat ganda.

Jadi masihkah anda melalaikan perintah Alloh SWT untuk melaksanakan sholat? Laksanakanlah tepat waktu. Jangan menunda-nunda sholat. Karena sholat adalah ibadah teragung dalam islam. Dan merupakan ibadah utama yang akan ditanyakan saat kita diakhirat nanti. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »