Tata Cara Sholat Tahajud Terlengkap | Grosir Sajadah

Baca Juga

tata cara sholat tahajud terlengkap

Tata Cara Sholat Tahajud - Pernahkah anda merasakan gundah gulana. Bingung memikirkan masalah yang ada? Seperti ada saja masalah yang datang menimpa. Satu masalah belum terselesaikan masalah lain datang. Masalah ini belum mendapat solusi. Masalah lain datang untuk diselesaikan. Memang manusia hidup di dunia ini tidak akan bisa menghindari sebuah masalah. Tapi bila anda bisa mengatur masalah anda dengan biak. Anda tidak akan merasa masalah tersebut terlalu berat Karena sesungguhnya Allah tidak akan memberikan sebuah masalah pada makhluknya jika makhluknya tidak kuat untuk menghadapinya. 

Untuk itu, dalam memcahkan masalah anda. Anda harus selalu melakukan hal yang seimbang. Seimbang disini adalah antara usaha dan doa. Karena jika salah satu itu tidak dikerjakan. Anda sulit untuk memcahkan suatu masalah yang datang. Contohnya, hari ini anda belum memiliki sebuah pekerjaan. Lalu apa yang harus anda lakukan. Apakah anda hanya tidur-tiduran dirumah sambil menunggu pekerjaan datang? Atau anda keluar rumah dan mencari pekerjaan diluar. Dan tentunya, hidup manusia sudah diatur oleh Allah SWT. Sehingga sebagai makhluk ciptaannya. Sudah sepatutnya kita juga berdoa. Memohon kepadanya, agar diberi pekerjaan yang telah kita usahakan tadi. 

Lalu setelah anda sudah melakukan usaha dan sudah berdoa. Anda tinggal menunggu hasilnya. Anda harus menerima apa saja hasil yang akan terjadi. Karena renacana Allah adalah renacana yang terbaik. Allah tidak akan pernah mengecewakan makhluknya. Dan Allah pastinyta sudah memberikan jalan untuk semua usaha dan doa kita. Untuk masalah doa, Allah telah memerintahklan makhluknya untuk selalu berdoa. Waktu-waktunya pun sudah disiapkan oleh Allah. Salah satunya adalah melalui sholat.
tata cara sholat tahajud

Banyak sekali sholat yang Allah perintahkan. Ada sholat wajib, ada pula sholat sunah. Sholat wajib tentunya anda sebagai umt islam udah mengetahuinya. Sholat wajib harus selalu dilaksanakan diamanapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun anda wajib melaksanakannya. Untuk sholat sunah, banyak sekali sholat sunah yang bisa kita laksanakan. Salah satunya adalah sholat sunah yang dianjurkan oleh Rasululloh SAW. Sholat tersebut adalah sholat tahajud. Bahkan Rasululloh SAW melaksanakan sholat tahajud ini setiap hari.  

Memang sholat sunah ini kadang sangat sulit untuk dijalankan. Karena waktu pelaksanaannya yang ada di sepertiga malam disaat kita tertidur. Tapi bila anda berniat untuk sholat tahajud, Allah akan memudahkan kita untuk melaksanakan sholat tahajud. Sholat tahajud ini bisa menjadi salah satu sarana untuk memohon doa dalam menyelasaikan maslah yang datang. Dengan sholat tahajud kita bisa mendekatkan diri kepada Allah SWt. Dan memohon petunjuk untuk masalah yang sedang kita alami.  Karena waktu ketika sholat tahajud merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. 

Lalu bagaimana tata cara sholat tahajud? Adakah perbedaan dengan sholat-sholat lainnya. 

Pertama anda harus mengetahui kapan waktu sholat tahajud itu sendiri. Baca juga : Waktu Utama dan Batasan Waktu Sholat Tahajud

Kemudian tata cara sholat tahajud adalah sebagi berikut :
  1. Niat, sudah semestinya semua sholat ynag dilakukan dengan niat. Tak hanya sholat semua ibadah, kegiatan anda sehari-hari juga tergantung niat. Unuk itu sebelum anda melaksanakn sholat tahajud. Anda perlu berniat terlebih dahulu. Niat bisa dalam hati atau bisa juga dilafalkan. Lafak niat untuk sholat tahajud yaitu :
tata cara sholat tahajud terlengkap
  1. Takbiratul Ikhrom 
  2. Membaca Doa Iftitah
  3. Membaca Surah Al Fatihah
  4. Membaca Surah pendek
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Rakaat kedua
  11. Tasyahud Akhir
  12. Salam
Memang tata cara sholat tahajud ini sama seperti sholat-sholat lainnya. tidak ada doa dan gerakan khusus yang dilakukan pada saat sholat tahajud. Selain itu sholat tahajud ini dilakukan 2 rakaat kemudian salam. Untuk batasan rakaat sholat tahajud tidak ditentukan batasannya. Tetapi Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan sholat tahajud melebihi 11 atau 13 rakaat  (sudah termasuk witir).
Akan tetapi ada doa yang dianjurkan oleh Rasululloh SAW ketika sholat tahajud. Doa ini dibacakan ketika telah selesai melaksanakan sholat tahajud. Doanya yaitu sebagi berikut :

tata cara sholat tahajud terlengkap

Selain doa diatas, Kita boleh meminta apapun kepada Allah SWT. Allah akan menngabulkan doa kita. Jika memang doa yang kita minta merupakan hal yang baik untuk dirinya dan untuk umat. 

Anda juga perlu tahu. Ketika sholat tahajud pasti diikuti oleh witir. Sholat witir ini dilakukan sebanyak 3 rakaat. Bisa dilaksanakan 2 rakaat dan 1 rakaat atau langsung 3 rakaat sekaligus. Ketika sholat witir pun sama. Pertama kita harus mengawalainya dengan niat.  Lafadz niat untuk sholat witir 3 rakaat yaitu :

tata cara sholat tahajud terlengkap


Setelah itu kita melaksanakan sholat witir 3 rakaat. Sholat witir 3 rakaat ini dilaksanakan dengan 2 kali rakaat tanpa tasyahud awal. Dan rakaat ketiga langsung tasyahud akhir dan dilanjutkan dengan salam.  Untuk sholat witir yang dilaksanakan tidak langsung 3 rakaat. Anda bisa melaksanakannya dengan 2 rakaat slam kemudian 1 rakaat salam. Semua bacaan dan gerakan sama seperti sholat-sholat lainnya.

Setelah kita mengetahui bagaimana tata cara sholat. Sudah sepatutnya kita bisa untuk melaksanakan sholat tahajud ini.  Dan ketika kita mendapatkan suatu masalah. Kita bisa melaluinya dengan penuh ketabahan dan kesabaran. Dan tidak lupa pula ketika menyelesaikan suatu masalah, kita harus selalu melibatkan Allah SWt. Sehingga kita bisa mendapatkan jawaban yang benar dan diridhoi oleh Allah SWT. 5 92

Untuk sholat sudah pastinya kita membutuhkan alat sholat yang bisa membantu kita utnuk sholat. Salah satu alat sholat yang sudah sangat mendunia adalah sajadah. Selain bisa membantu kita melakukan sholat. Kita juga bisa lebih nyaman ketika sholat apalagi dalam bersujud. Seperti contohnya adalah sajadah yang ada ditempat kami. kami menjual sajadah yang bisa membantu anda ketika sholat wajib ataupun sholat tahajud. Sajadah yang ada ditempat kami ini sangat unik. mengapa unik, karena bisa digunakan untuk beberapa fungsi dengan tidak menghilangkan fungsi aslinya sebaai alat sholat. Sajadah ditempat kami ini adalah sajadah berbahan polyester. untuk selengkpanya hubungi nomor 0852-2765-5050 via WA/SMS/TLP. jadi anda bisa melaksanakan sholat tahajud dengan nyaman.

Selain itu, kita juga bisa istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud ini. Karena Rasululloh SAW juga sanagt istiqomah untuk melakasanakan sholat tahajud setiap harinya. Kita sebgai umat beliua juga seharusnya mencontoh perilaku beliau dengan melaksanakan sholat tahajud secara istiqomah. Dan tentunya niat kita ketika sholat tahajud adalah semata-mata karena Allah SWT. Untuk itu, sedari sekarang. Mari kita giatkan sholat tahajud disepertiga malam. Insyaallah, Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Karena Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. –Salam Tahajud-

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »