Batasan Waktu Sholat Shubuh | Grosir Sajadah

Baca Juga

batasan waktu sholat shubuh

Waktu Sholat Shubuh  - Allah telah memerintahkan kepada setiap muslim unutk beribadah. Dalam beribadah kita sebagai muslim tentunya sudah mengetahui. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk beribadah kepada Allah SWT. Salah satu indaha yang diwajibkan dalam syariat adalah sholat. Ibadah ini merupakan ibadah terpenting bagi umat islam.

Mengapa sholat ini dikatakan sebagai ibadah terpenting. Ya karena amalan manusia yang akan pertama di hisab adalah amalan sholat. Ketika nabi Muhammad SAW diberi perintah untuk melaksanakan sholat. Rasululloh langsung dipanggil oleh Allah pada saat terjadinya Isra’ Mi’raj. Rasululloh Saw diperjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian naik ke Sidratul Muntaha. Sungguh istimewa perintah sholat ini ya.

Sholat sendiri dibagi menjadi dua. Ada sholat Wajib dan Sholat Sunah.  Jika sholat wajib sudah tentu wajib unutk dilaksanakan. Sedari kecil pasti kita diajarkan untuk sholat tepat 5 waktu. Selain itu sholat juga bisa mendatangkan berbagai kebaikan pada diri kita sendiri. Salah satu sholat wajib yang mempunyai berbagai faedah untuk kita adalah sholat shubuh. Sebenarnya setiap sholat selalu mempunyai faedahnya. Disini kita akan membahas tentang sholat shubuh. Sholat shubuh juga mempunyai tambahan bacaan yaitu qunut. Anda bisa buka Bacaan Sholat Shubuh.

Sholat shubuh sangat penting untuk mengawali kegiatan kita sehari-hari. Allah sangat menyukai orang-orang yang sholat shubuh tepat waktu. Apalagi bila jamaah di masjid. Sholat shubuh bisa menjadi cerminan dengan orang tersebut. Bagi yang melaksanakan sholat shubuh tepat waktu. Jadwal di hari-harinya juga akan tepat waktu. Sholat shubuh juga menjadi salah satu penyebab seseorang bisa masuk surga. Sholat shubuh ini bisa menjadi penanda apakah diri kita munafik atau tidak. Jika kita sangat berat melaksankan sholat shubuh. Mungkin itu tanda-tanda hati dan diri kita ini kotor. Seperti dalam Hadits, Rasululloh Saw bersabda :
batasan waktu sholat shubuh

Memnag waktu untuk melaksankan sholat shubuh dipagi hari. Mungkin banyak orang yang malas untuk bangun pagi. Tapi karena itu sudah menjadi kewajiban. Seharusnya kita harus selalu melaksankan walau sebrat apapun. Lalu sebenaraya kapan waktu sholat shubuh itu sendiri si? Kapan dimulainya dan kapan berkahirnya waktu sholat shubuh. 

Waktu sholat shubuh dilaksankan di pagi hari. Tepatnya dimulai ketika fajar telah muncul. Fajar adalah ketika munculnya cahaya matahari dilangit bagian timur sampai terbitnya matahari tersebut. Batas akhir waktu sholat shubuh ini adalah ketika terbit matahari. Seperti dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR Muslim :
batasan waktu sholat shubuh

Jadi anda bisa mengerjakan sholat shubuh diwaktu tersebut. Tetapi akan lebih baik bila kita melaksankan sholat shubuh tepat waktu dan berjamaah di Masjid. Kita akan mendapatkan beberapa keutamaan yang sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Mungkin jadwal waktu sholat shubuh di berbagai penjuru kota berbeda. Karena dipengaruhi oleh letak kota itu sendiri. Di Indonesia saja memiliki 3 bagian waktu yang berbeda. Dalam bagian waktu yang sama juga memiliki perbedaan waktu sholat setiap harinya. Ini dipengaruhi oleh pergerakan bumi terhadap matahari. Dari kota ini dan kota itu pasti memiliki perbedaan. 

Untuk wilayah pulau Jawa fajar biasanya muncul antara jam 04.00 hingga 05.30. Setiap bulannya waktu sholat akan berubah-ubah sesuai perputaran bumi terhadap matahari. Waktu tersebut akan berbeda jika dibandingkan dengan wilayah Aceh atau wilayah Sumatera lainnya. pasti akan ada perbedaan waktu yang cukup signifikan. Di Aceh waktu sholat shubuh biasa dimulai antara pukul 05.00 lebih hingga 6.45. Semua kota akan memiliki waktunya sendiri. 

Jika Waktu Indonesia Tengah juga memiliki perbedaan waktu yang signifikan antara kota diujung timur perbatasan WITA dan kota diujung Barat perbatasan WITA. Begitu pula dengan waktu Indonesia bagian Barat. Akan mengalami perbedaan waktu atau menit pada setiap waktu sholat.
batasan waktu sholat shubuh

Itu semua dikarenakan jadwal sholat bertumou pada matahari. Sehingga jadwal waktu sholat dapat dilihat dengan matahari. Untuk mendapatkan jadwal waktu yang lebih jelas dan tepat. Kemenag telah membuatkan jadwal Sholat setiap yahunnya. Sehingga sekarang sangat mudah untuk mengetahui jadwal sholat. dari shubuh hingga isya. Anda bisa langsung mengeceknya ke website resmi Kemenag Indonesia.

Waktu sholat ini sangat penting. Karena waktu sholat juga mempengaruhi sah tidaknya sholat. Wallahu A’lam. Jadi ketika kita kan melaksankan sholat, haruslah tepat pada waktunya. Lebih baik lagi dikerjakan di awal waktu dan berjamaah di masjid. Allah sangat mencintai orang-orang yang tepat waktu melaksanakan sholat. 96

Baca Juga : Tata Cara Sholat

Jadi sebagai umat muslim yang taat kita harus senantiasa melaksanakan sholat wajib. Dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun, kita wajib melaksanakannya. Karena sholat adalah amalan yang mempengaruhi ibadah dan hidup kita semua. Bila kita baik dalam sholatnya. InsyaAllah kehidupan kita juga akan baik.

Jadi mari perbaiki sholat kita. Agar Allah juga memperbaiki akhlak dan kehidupan kita. Bagi orang yang tepat waktu dalam melaksanakan sholat shubuh. Jadwal kesehariannya juga akan tepat waktu pula. Mari kita selalu menjaga 5 waktu kita. Syukur-syukur bisa istiqomah berjamaah di masjid. Apalagi bagi kaum adam. Sholat di masjid adalah suatu keharusan. Jangan pernah tinggalkan shlat dimanapun. Karena sholat adalah amalan utama seorang umat islam. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »