[ PANDUAN ] Tata Cara Sholat Hajat

Baca Juga

tata cara sholat hajat, 0852-2765-5050, www.grosirsajadah.id

Tata Cara Sholat Hajat - Sebagai manusia sudah pasti memiliki sebuah keinginan. Entah itu keinginan yang sidatnya duniawi atau yang sifatnya ukhrawi. Memang kodrat manusia adalah memiliki nafsu. Jadi tidak salah bila manusia itu memiliki sebuah keinginan. Selama keinginan itu merupakan keinginan yang baik dan juga tidak merugikan orang lain. Bila keinginan tersebut merupakan sebuah kemudhorotan atau hal yang tidak diperbolehkan secara agama dan norma.

Sebagai umat islam segala sesuatunya sudah diatur dalam kitab umat islam yaitu Al Quran. Selain al Quran juga ada hadits yang bisa menguatkan dan salah satu sumber untuk mekasanakan sebuah ibadah. Karena semua ibadah adalah haram kecuali ada dalilnya. Karena jika kita melakukan sebuah ibadah namun hal itu tidak ada dasar dan dalil yang shohih dari Rasululloh maka hal itu akan jatuh pada perilaku bod’ah. Perilaku bid’ah sangat tidak boleh dilaksanakan, karena hal itu merupakan salah satu perilaku tidak baik dalam agama islam. 

Nah kemabli lagi pada manusia yang selalu memiliki sebuah keinginan. Untuk mewujudkan keinginan itu, Allah SWT memerintahkan kita untuk Usaha dan pasrah. Jadi ketika kita mempunyai keinginan, kita harus segera berusaha, mengusahakan dengan berbagai cara asal cara itu halal. Setelah kita berusaha dengan sekuat tenaga, hal selanjutnya adalah pasrah. Kita pasrah menyerahkan semua hasilnya pada Allah. Jadi bila keinginan kita itu baik untuk kita maka Insyaallah Allah SWT akan mengabulkan. Namun bila keinginan kita itu tidak baik maka Allah kan menggantinya denagn yang lebih baik lagi. Jadi Allah SWT tidak akan pernah mengecewakan hambaNya. Apalagi hanya untuk sebuah keinginan.

Salah satu sarana untuk pasrah atau memasrahkan segala hasil yang akan diberikan oleh Allah adalah dengan sholat hajat. Jadi kita penuh pasrah mengharap pada Allah dalam sholat hajat dan meminta Allah agar mengabulkan keinginan yang kita inginkan tersebut.

Sholat hajat ini didasarkan pada hadits nabi Muhammad SAW. Pada saat itu rasululloh SAW didatangi oleh orang buta. Kemudian orang buta tersebut meminta petunjuk agar penyakitnya ini hilang. Dan kemudian Rasululloh SAW memberikan wasilah atau perantara dengan menyuruhnya untuk sholat dua rakaat. Seperti yang disebutkan olehhadits dibawah ini :

tata cara sholat hajat, 0852-2765-5050, www.grosirsajadah.id

Untuk tata cara sholat hajat sangatlah sederhana. Tata cara sholat hajat hampir sama dengan sholat lainnya pada umunya. Tak ada doa khusus atau gerakan khusus ketika melaksankan sholat hajat. Jadi tidak ada yang berbeda dengan sholat-sholat lainnya. Keculai pada niat dan apa yang kita inginkan ketiak sholat hajat. 

Untuk niat sholat hajat. Anda bisa baca artikel : Niat Sholat Hajat. Anda bisa membaca niat sholat hajat dengan seksama. 

Setelah itu, untuk melakukan sholat hajat sama dengan sholat lainnya. Jadi dimulai dari niat hingga salam. 
  • Pertama kita bisa membaca niat sholat hajat
  • Kemudian takbiratul ikhrom seperti biasa dengan membaca kalimat “Allahu akbar” Seraya mengangkat tangan. Kemudian tangan ditaruh di depan dada atau perut. 
  • Setelah takbiratul ikhrom kemudian membaca doa iftitah
  • Setelah itu membaca surah Al fatihah kemudian di lanjutkan dengan Suratan pendek. Suratan pendek yang bisa dibaca adalah suratan yang mudah menurut diri kita sendiri. Jadi bila QS Al baqoroh itu mudah. jadi anda bisa menggunakan suart tersebut
  • Setelah membaca surat pendek, kemudian takbir dan mengangkat kedua tangan dan melaksanakan rukuk. Serta membaca doa ruku’
  • Kemudian bangkit dari Rukuk dengan mengatakan Sami’allahuliman hamidah” kemudian membaca doa i’tidal. 
  • Setelah i’’tidal kemudian sujud dan membaca takbir pada saat mau takbir. Kemudain sujud secara tuma’ninah dan juga membaca doa sujud.
  • Setelah sujud bangkit dan membaca doa diantar dua sujud.
  • Kemudian sujud kembali. Setelah sujud bangkit untuk melaksanakn rakaat kedua
  • Setelah rakaat kedua anda kemudian melakukan sujud tasyahud akhir. Dan kemudian salam.

Jadi tata cara sholat hajat itu sama saja dengan sholat biasa. Dengan itu karena waktu sholat hajat yang tidak dibatasi waktunya. Anda bisa menlaksanakan sholat hajat kapan saja.
Untuk itu bila kita mempunyai sesuatu keinginan kita bisa memintanya pada Allah. Karena Allah SWT telah memberikan semua solusinya pada kita. Seperti yang telah di jelaskan dalam sebuah hadits Shahih uang berbunyi :
tata cara sholat hajat, 0852-2765-5050, www.grosirsajadah.id

Untuk itu mari kita meminta sesuatu apa yang kita inginkan hanya pada Allah SWT. Karena hanya Allah lah yang Maha Kuasa. Salah satu media untuk sholat yang sangat membantu kita dalam melaksanakan sholat adalah sajadah. Sajadah sangat berguna ketika akan melaksanakan sholat. Dengan sajadah kita bisa menghundari kotoran yang ada disekitar kita. Sehingga tidak mengganggu kita dalam melaksanakan sholat. Anda bisa membeli sajadah yang praktis dan berkualitas bagus di www.grosirsajadah.id.
tata cara sholat hajat, 0852-2765-5050, www.grosirsajadah.id


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »