Subhanallah!! Inilah Waktu Sholat Hajat yang Mustajab

Baca Juga

Waktu sholat hajat

Terkadang hidup tidak seindah ekspetasi dan bayangan seseorang. Hal tersebut yang membuat orang-orang berebut untuk mencapai keindahan duniawi. Padahal kehidupan didunia ini hanya sementara saja. Kehidupan yang kekal abadi adalah kehidupan diakherat nantinya. Hidup diakherat yang abadi ini, kita tidak membawa apapun kecuali amalan dan perbuatan kita selama didunia ini. Jadi berbuat kebaikan dan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya  agar kehidupan didunia dan akherat tetap bahagia.

Segala keindahan didunia ini hanyalah titipan Alloh SWT semata. Telah dijelaskan bahwa “barang siapa yang mengejar akherat senantiasa, kebaikan didunia akan mengikuti. Namun sebaliknya, barang siapa yang hanya mengejar kehidupan duniawi saja, maka kebaikan akherat akan menjauhinya.’ Jadi sudah sangat jelas bahwa segala perintah-Nya harus dilakukan. Teruta kewajiban kita sebagai orang muslim. Yaitu Sholat.  

Sholat adalah kewajiaban kita sebagai umat muslim. Sholat yang diwajibkan ada 5 waktu. Yaitu sholat subuh, dzuhur, asar, maghrib dan isya. Sudah teretera dalam Al-Quran bahwa sholat wajib ini adalah amalan yang pertama kali di hisab oleh Alloh SWT di akherat nantinya. Hal tesebut menjadikan sholat wajib sebagai dasar agama islam. Jadi, barang siapa yang meninggalkan kewajiban ini, akan mendapatkan dosa. Karena ini sebuah kewajiban apabila dijalankan mendapatkan pahala, dan apabila ditinggalkan mendapatkan dosa.

Sholat juga masih terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Sholat fardhu adalah sholat yang harus dikerjakan. Dan itu termasuk sholat wajib yang da diatas. Sedangkan sholat sunnah adalah sholat yang tidak diwajibkan untuk dikerjakan. Namun apabila dikerjakan tetap mendapatkan pahala yang besar. Sholat sunnah juga ada bermacam-macam. Yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat fardhu, dhuha, tahajud, istikharoh dan sholat sunnah hajat. Dalam melakukan sholat sunnah ini, mempunyai keutamaan masing-masing.
hadist sholat hajat

Sholat sunnah hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan agar dikabulkan segala hajat, keinginan, kebutuhan ataupun acara agar dipermudahkan dalam mencapai semuanya. Dalam hal ini permohonan masih dalam garis yang bukan termasuk melenceng dari agama islam. Dalam hal ini keinginan seseorang berbeda-beda. Dari keinginan agar cepat mendapatkan jodoh, keluar dari masalah yang melilit khidupannya sampai hal yang sangat rumit. Umat islam percaya bahwa dengan melakukan sholat hajat, keinginan dan hajatnya dapat dikabulakn dengan cepat oleh Alloh SWT.

Sholat hajat adalah sholat sunnah mutlak. Artinya sholat yang dapat dilakukan kapan saja. Namun kecuali dengan waktu yang dilarang. Waktu sholat hajat ini fleksible, atau dapat dilakukan kapan saja. Namun, banyak orang yang beranggapan sholat hajat dan tahajud dilakukan ketika malam hari saja. Sehingga banyak yang ingin melakukan sholat hajat ini menunggu malam terlebih dahulu. Padahal sholat hajat juga dapat dilakukan siang hari. 

Waktu sholat hajat dapat dilakukan kapan saja, terkecuali pada saat yang sudah diitentukan untuk tidak boleh melakukan sholat hajat. Sesuai hadist yang shahih, yang menerangkan bahwa :

“Rosululloh SAW melarang kami, bahwa kami dilarang sholat dan mengebumikan mayat pada 3 waktu yang terlarang. Yaitu pada waktu : Waktu terbit matahari karena beliau menjelaskan bahwa, karena matahari terbit antara dua tanduk sayton, dang orang kafir sujud kepada matahari pada waktu tersebut. Waktu tengah hari, karena pada waktu itu api neraka sedang bergelagak. Waktu terbenam matahari, karena pada saat itu ia terbenam antara dua tanduk sayton dan orang-rang kafir sedang sujud kepadda matahari pada waktu itu.” ( HR Muslim No 832 ).

Dalam hal ini dijelaskan bahwa waktu tersebut adalah waktu yang benar-benar tidak boleh untuk melakukan sholat. Ketiga waktu yang telah disebutkan diatas dapat dijelaskan dibawah ini :
Hadist sholat hajat

1. Waktu syuruq, yaitu waktu yang dimana matahari mulai terbit hingga setinggi tombak. Waktu syuruq ini berlangsung kurang lebih selama 15 menit.

2. Waktu zhahirah, yaitu waktu matahari tepat berada di tengah-tengah langit, atau yang sering kita sebut dengan matahari tepat diatas kepala kita. Sehingga bayangan kita akan tidaktampak, karena bayangannya seperti terinjak. Waktu ini berlangsung beberapa menit sebelum tibanya waktu sholat dzuhur. 

3. Waktu yang tidak boleh untuk melakukan sholat hajat yang selanjutnya adalah waktu ketika matahari akan mulai terbenam sampai terbenam. Waktu ini akan muncul ketika akan sholat maghrib, dan biasanya berlangsung selama kurang lebih 15 menit. 

sajdah batik

Memang benar, waktu yang paling mustajab untuk melakukan sholat dan memanjatkan doa adalah ketika spertiga malam, atau dari jam 01.00 sampai menjelang subuh. Waktu tersebut sangat mustajab untuk memanjatkan doa dan memohon kepada Alloh SWT agar segala hajat dan keinginannya terkabul. Karena pada saat itu Alloh SWT turun dari Arsy-Nya ( singgasana-Nya ) dan turun kebumi tepat diatas kepala kita. 

Shalat hajat yang mustajab dan doanya dikabulkan, tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Namun, disunnahkan dari para ulama agar kjita menjalankan sholat hajat ini sebanyak 3 malam atau 7 malam secara berturut-turut, banyak sedikitnya sholat sunnah hajat ini dilakukan, disesuaikan dengan sangat penting tidaknya hajat yang diminta. Sholat hajat dapat dilakukan dalam 2 rakaat, 4 rakaat dan terus kelipatanyya sampai 12 rakaat. Namun tetap dengan salam disetiap 2 rakaatnya. 

Jadi bagi anda yang ingin melakukan sholat sunnah hajat ini, harus memperhatikan waktu sholat hajat yang baik dan tentunya tidak melanggar aturan-Nya. Hidup didunia akan indah apabila menjalankan segala perintah-nya. Semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah yang tiada pernah putus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »