Perbedaan Sholat Hajat dan Sholat Tahajud

Baca Juga

perbedaan sholat hajat dan sholat tahajud, grosirsajadah.id

Semua keinginan kita pastinya ingin diwujudkan bukan? Bukan hanya keinginan saja, namun kebutuhan yang lebih penting untuk dijadikan prioritas. Mengapa demikian? Karena memang kebutuhan inilah yang menjadi prioritas bagi seseorang. Karena kebutuhan inilah yang setiap hati ini dibutuhkan oleh kita semua. Namun jika keinginan ini adalah suatu keinginan dari hawa nafsu. Dan belum tentu sebagai kebutuhan. 

Usaha tanpa dosa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah bohong. Jadi setiap usaha yang dilakukan oleh manusia, harusnya diiringi dengan doa. Karena dengan usaha saja tidak memberikan hasil yang memuaskan, maka alangkah lebih baiknya untuk diiringi dengan doa.

Namun jika hanya berdoa saja tanpa adanya usaha sama saja dengan berbohong. Karena berdoa memang cara yang terbaik, namun tanpa diimbangi dengan berusaha sama saja dengan bohong. Jadi antara kebidupan didunia dan bekal diakherat diimbangi dengan benar dan juga adil. 

 Berbicara tentang berdoa, semua orang harus melakukannya. Karena dengan berdoa, mereka mendekatkan diri pada Maha Kuasa yang mengetahui segala kebutuhan serta keinginannya. Dalam hal ini untuk umat islam cara berdoa mereka adalah dengan cara melakukan sholat. Sholat juga dibagi menjadi 2 yaitu sholat fardhu dan juga sholat sunnah. Dalam melakukan sholat fardhu ini mereka diwajibkan untuk menjalankannya. 

Dalam melakukan sholat fardhu setiap orang diberikan kewajiban untuk melakukannya. Selain sholat fardhu ada juga sholagt sunnah. Sholat sunnah ini hukumnya sunnah. Artinya jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa. Dann alangkah lebih baiknya jika dikerjakan, karena mendapatkan pahala tambahan dari Allah SWT. 

Dalam hal ini banyak seklai sholat sunnah yang banyak dilakukan oleh masyarakat sekitar. Yang sering dikerjakan adalah sholat sunnah hajat, sholat sunnah tahajud, sholat sunnah dhuha dan masih banyak lagi. 

perbedaan sholat hajat dan sholat tahajud, grosirsajadah.id

Seseorang yang beragama islam ketika mereka sedang dirundung sebuah pemikiran ataupun pilihan pastinya mereka akan mengadu ketempat yang paling benar, yaitu kepada Allah SWT. Dan apabila keinginan seseorang yang diinginkan ini ingin terkabulkan, biasanya mereka akan melaksanakan sholat sunah hajat. Karena begitu bayak seklai manfaatnya. Namun terkadang mereka juga akan melakukan sholat sunah tahajud. Dan anehnya lagi ada yang berpendapat bahwa sholat Sunnah tahajud dan juga sholat sunnah hajat itu hamper sama. Akan tetapi keduanya jelas berbeda. Apa sajakah perbedaan diantara sholat tersebut? Dan apakah manfaat dari keduanya? Mari kita simak dibawah ini:

Sholat tahajud dilakukan oleh sebagian orang karena maksud tertentu. Apalagi Allah SWT sudah menjanjikan bahwa dengan sholat tahajud mereka akan ditempatkan diposisi yang begitu terpuji. Seperti firman Allah dalam Q.S Al-Isra’:79 yang artinya bahwa :

perbedaan sholat hajat dan sholat tahajud

Selain dengan adanya sholat tahajud ini, ada satu sholat yang hampir sama, yaitu sholat hajat. Dalam hal ini sholat hajat ini sering dilakukan agar keinginan atau hajat seseorang itu dikabulkan oleh Allah SWT. Hal tersebut sudah diriwayatkan oleh Abu Darda’.

perbedaan sholat hajat dan tahajud


Dengan begitu sudah jelas bukan bahwa kedua sholat tersebut memang memiliki kesamaan. Namun sebenarnya kedua sholat tersebut sudahj jelas sangat berbeda. Apakah perbedaanya ? simak : 


1. Sholat tahajud :

a. Paling sedikit dilakukan  2 rakaat dan yang paling banyak 11 rakaat dan ditutup dengan sholat witir. 
b. Harus dilakukan setelah sholat isya’ atau malam hari.
c. Sholat tahajud dilakukan bukan karena menginginkan sesuatu. Namun semata-mata karrena melakukan sunnah-Nya. Namun dapat juga dengan memanjatkan doa setelah sholat tahajud selesai. 
d. Tidak perlu menyebutkan hajatnya. 


2. Sholat hajat

a. Sholat ini hanya dilakukan sebanyak 2 rakaat saja. 
b. Sholat hajat dapat dilakukan kapan saja saing ataupun malam hari. 
c. Dilakukan ketika ada hajat yang penting yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT. 
d. Sebagai ulama yang menyebutkan bahwa setelah sholat hajat, harus menyebutkan hajat apa yang ingin dilakukan. 

Sudah jelas bukan bahwa kedua sholat tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Jadi sudah jelas jangan disamakan. Karena kedua sholat tersebut memiliki keistimewaannya tersendiri. 
Karena sholat wajib adalah sholat yang harus dilakukan maka dari itu, pastinya membutuhkan alat ataupun sesuatu yang digunakan untuk menjalankan sholat wajib. Seperti halnya mukena, sarung, peci dan sajadah. Nah disini kami akan menawarkan sajadah lipat dengan berbagai motif dan juga bahannya. bukan hanya itu saja, namun sajadah lipat ini sangat pas untuk dibawa kemana-mana. untuk info lebih lanjut hubungi kami di 0852-2765-5050 via WA/Telp/SMS. Sajadah yang kami sediakan ini memiliki bahan yang halus serta dengan harga yang sangat terjangkau. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »