Sering Keliru dalam Membedakan Sholat Hajat dan Sholat Tahajud? Simak Perbedaannya!

Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Hajat


Sebagai Umat Muslim yang bertakwa, kita pastinya tahu atau minimal pernah mendengar apa yang namanya Sholat Tahajud ataupun Sholat Hajat.

Ya kedua sholat ini memiliki keutamaan yang besar. Mengapa memiliki keutamaan yang besar?

Hal ini dikarenakan waktu malam yang seharusnya untuk beristirahat tapi orang orang yang melakukan sholat malam ini justru bangun dan melakukan ibadah. 

Keutamaan Sholat malam tergambar jelas di dalam firman Allah SWT dalam Surat Al-Muzzamil ayat 2  hingga tiga yang intinya tentang “penganjuran” untuk melakukan sholat malam.

Selain terdapat pada Quran Surat Al-Muzzamil juga terdapat pada Quran Surat Al-Isra ayat 79 yang inti dari ayat tersebut sama sama tentang pengajuran sholat malam.

Sholat malam sendiri mencakup sholat witir, sholat tarawih, sholat hajat, sholat tahajud dan sholat sholat malam yang lainnya. 

Tidak sedikit orang yang betul betul mengerti tentang perbedaan Sholat Tahajud dan Hajat karena memang kedua sholat yang satu ini memiliki sedikit kemiripan. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Hajat.

Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Hajat

Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Hajat


Ulama Fikih yang ulung bernama Sayyid Sabiq pernah menulis bab dengan judul “Shalat Hajat” yang mana Sholat Hajat merupakan sholat karena tujuannya ingin mencapai hajat yang diinginkan. 

”Jika melihat nash Al-Quran maupun hadist itu, memang kedua sholat ini kelihatan sama namun sesungguhnya terdapat perbedaan.” Jelas Mu’amalah dalam “Islam dalam Kehidupan Keseharian”.

Perbedaan dari kedua sholat ini setidaknya ada empat buah. 

  • Jumlah rakaat
Sholat tahajud dilakukan paling sedikit sejumlah dua rakaat dan paling banyak dilakukan sebanyak 11 rakaat dan ditutup dengan witir. Sedangkan Sholat Hajat dilakukan hanya dua rakaat saja. 

  • Waktu pengerjaan
Waktu Sholat Tahajud dikerjakan malam hari sesudah sholat isya sedangkan sholat hajat waktu pengerjaannya lebih “fleksibel” karena bisa dilakukan kapan saja.

  • Tujuan melakukan Sholat tersebut
Nah jika sholat sunah Hajat tentu kita sudah tahu bukan tujuan dilakukannya sholat ini? Ya benar karena ingin mencapai suatu hajat.

Sedangkan Sholat Tahajud dilakukan semata mata karena sunah saja meskipun pada saat doa nanti sah sah saja jika berdoa menginginkan sesuatu.

  • Keharuskan menyebut keinginan
Sebagian para ulama berpendapat bahwa saat melaksanakan sholat hajat harus menyebutkan hajatnya kepada Allah SWT. Sedangkan pada Sholat Tahajud tidak mewajibkan hal tersebut.

Nah perbedaannya jelas bukan antara sholat Tahajud dan Sholat Hajat? Dengan membaca artikel ini Insya Allah tidak akan ada lagi kekeliruan antara Sholat Tahajud dan Sholat Hajat.





Post a Comment

0 Comments