Cinderamara 4 Bulanan | +62 852-2765-5050

Baca Juga

Cinderamara 4 Bulanan - Kehamilan merupakan salah satu hal yang dinantikan bagi pasangan yang baru saja menikah. Kehamilan tidak hanya ditunggu oleh calon orang tua tapi juga keluarga besar keduanya. Jadi tidak heran bila kehamilan selalu dilengkapi dengan berbagai acara sukuran. Mulai dari pengajian 4 bulanan, 7 bulanan sampai pengajian aqiqahan setelah melahirkan. 

cinderamata 4 bulanan, +62 852-2765-5050

Salah satu yang selalu juga wajib dilakukan adalah prosesi mitoni. Mitoni merupakan prosesi adat Jawa yang dilakukan untuk memperingati kehamilah yang sudah memasuki bulan ketujuh. Kata mitoni diambil dari bahasa Jawa ‘pitu’ yang artinya tujuh. Dalam artian si jabang bayi sudah memasuki usia ke tujuh bulan. Dalam prosesi mitoni terdapat serangkaian panjang acara yang kental dengan makna adat Jawa. Berikut runtutan acara pada prosesi mitoni.

1. Sungkeman 
Prosesi pertama yang dilakukan calon orang tua adalah melakukan sungkeman. Sama halnya dengan sungkeman pada prosesi pernikahan adata Jawa, sungkeman ini bertujuan untuk meminta do’a restu kepada sesepuh keluarga agar diberi kemudahan dalam kehamilan dan proses melahirkan nantinya.
2. Siraman
Hampir sama dengan siraman dalam proses sebelum menikah, siraman pada prosesi mitoni juga dilakukan oleh calon ibu dengan tujuan menyucikan jiwa sang ibu dan si bayi. Air siraman dilengkapi dengan taburan bunga setaman, proses penyiraman dilakukan oleh orang yang paling dituakan dengan menggunakan gayung batok kelapa.
3. Ngrogoh cengkir
Ngrogoh dalam bahasa Jawa artinya mengambil, sedangkan cengkir merupakan sebutan untuk kelapa gading di daerah Jawa. Prosesi ini bertujuan sebagai simbolisasi dari cikal bakal bayi yang akan menjadi manusia dewasa. Calon ayah akan memilih dua buah kelapa gading. Prosesi ngrogoh cengkir dilanjutkan dengan brojolan atau brobosan yaitu meluncurkan dua cengkir (kelapa gading) yang sebelumnya dipilih. Sebelumnya, kelapa gading tersebut dilukis terlebih dahulu dengan yang satunya bergambar Dewi Kamaratih yang melambangakan kecantikan dan satunya bergambar Dewa Kamajaya melambangkan ketampanan dan kegagahan.
4. Belah cengkir
Setelah kelapa gading keluar dari kain bebedan sang ibu, sanga ayah membelah buah kelapa sebagai simbol pembukaan jalan keluar bagi si jabang bayi agar lahir dengan mudah.

Prosesi dari mitoni ini cukup panjang, setelah pembelahan cengkir masih ada pantes-pantesan yaitu si ibu berganti pakaian sampai 7 kali, angrem (mengeram) yaitu si ibu menirukan gaya ayam yang sedang mengeramkan telur, lalu potong tumpeng, pembagian takir (bungkusan makanan), sampai yang terakhir adalah berjualan dawet (cendol) dan rujak sebagai bentuk harapan agar calon anak mumpuni secara finansial di masa depan.

cinderamata 4 bulanan, +62 852-2765-5050

Dari berbagai prosesi acara mitoni secara adat Jawa, biasanya keluarga juga mengadakan pengajian untuk sukuran keselamatan menurut adat Islam. Biasanya juga diadakan baby shower untuk orang tua kekinian dengan mengundang sahabat dan kerabat terdekat. Kedua acara tersebut hampir sama, tujuannya untuk memberi selamat dan mendo’akan sang ibu dan si jabang bayi.

Dalam pengajian atau pun baby shower biasanya tuan rumah memberikan uacapan terima kasih dengan cara memberi oleh - -oleh kepada para tamu yang telah datang. Seperti halnya upacara pernikahan, dalam acara ini juga dikenal pemberian souvenir. Souvenir ini terdiri dari banyak pilihan, mulai dari buah tangan kecil - kecilan sampai yang berharga tinggi.

Bagi kamu yang sedang hamil atau akan melahirkan tapi bingung memilih souvenir atau buah tangan apa yang pantas untuk diberikan kepada para tamu. Kami memiliki berbagai opsi yang sangat cocok untuk acara pengajian, mitoni atau pun baby shower. Dengan berbagai jenis souvenir unik nan cantik dengan harga yang menarik. Untuk informasi dan pemesanan hubungi 0852-2765-5050 via Telp/WA/SMS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »