Batas Waktu Sholat Tahajud yang Harus Anda Ketahui

Baca Juga


Batas Waktu Sholat Tahajud - Sebelum membahas tentang batasan waktu sholat tahajud, apasih makna sholat tahajud itu? Sholat tahajud merupakan bagian dari Qiyamul Lail. Qiyamul lail adalah semua ibadah yang dikerjakan dimalam hari, bisa membaca Al quran, berdzikir dan lainnya. Dan salah satunya adalah sholat tahajud. Sholat tahajud sangatrlah dianjurkna oleh nabi Muhammad SAW. Bahkan Rasululloh Muhammad SAW selalu menjalankan sholat tahajud bilamana tidak ada udzur yang memang membuatnya tidak bisa sholat tahajud. 

Sholat tahajud merupakan ibadah sunah yang memiliki keutamaan luar biasa. Keutamaan-keutamaan yang ada ketika anda menjalankan sholat tahajud itu memang Masyaallah luar biasa. Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang beberapa keutamaan yang didapat bagi orang yang melaksanakan sholat tahajud. Beberapa keutamaannya adalah :
  1. Sholat tahajud adalah sifat orang yang bertaqwa dan calon penghuni surga. 
  2. Tidak sama antara orang yang sholat malam dan dengan yang tidak mengerjakan sholat malam.
  3. Sholat tahajud merupakan sebaik-baiknya sholat Sunnah. 
  4. Sholat tahajud merupakan kebiasaan dari orang-orang sholih
  5. Sebaik-baik orang adalah orang yang melaksanakan sholat tahajud.

Nah begitu mulia dan baik bagi orang yang menjalankan sholat tahajud. Allah sangat memuliakan orang yang selalu sedia mengingat Allah di waktu-waktu malam. Sholat tahajud juga bisa menjadi modal kita untuk melambungkan doa-doa kita. Karena waktu sholat tahajud adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Ketika anda berdoa disepertiga malam itu seperti busur yang tepat sasaran. Jadi jika kalian doa diwaktu sholat tahajud atau sepertiga malam doa anda seperti busur yang tepat sasaran. 

Sholat tahajud juga bisa menjadi sebuah tameng kita, karenakemali lagi denganyang tadi diatas. Sholat tahajud adalah sholat Sunnah yang utama dan memiliki banyak keutamaan yang sangat baik. 
Untuk itu kita juga harus selalu berusaha untuk selalu bisa menjalankan sholat tahajud. Kecuali memang ada udzur yang membuat kita tidak bisa melaksanakan sholat tahajud. Untuk batas sholat tahajud atau batas waktu sholat tahajud itu adalahketika terbit fajar atau shubuh. Namun disamping itu ada abeberapa pembagian waktu sepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud. 

Karena allah juga telah memudahkan kita dalam melaksnakan sholat tahajud, anda bisa melaksanakan sholat tahajud diawal waktu ata bahakan diakhir waktu. Untuk waktu sholat tahajud adalah disepertiga malam. Dan ada beberapa pembagian waktu sepertiga malam yang bisa anda jadikan sebagai waktu sholat tahajud. 

Pembagian Waktu Malam untuk Melaksanakan Sholat Tahajud :


1. Sepertiga Malam Pertama

Sepertiga malam pertama ini adalah waktu dimana setelah isya hingga sekitar pukul 22.00 tergantung pada bagian wilayah waktu nya masang-masing. Pada intinya adalah sebleum tengah malam merupakan waktu sepertiga malam yang pertama. Anda juga harus tidur dahulu walaupun sejenak jika anda ingin menjalan sholat tahajud. 

2. Sepertiga Malam Kedua

Pada saat ini adalah ketika tengah malam atau sekitar pukul 23.00-01.00. Jadi anda bisa menggunakan waktu ini untuk sholt tahajud. Wkatu ini juga dianjurkan untuk anda memulai sholat tahajud. Dan pada waktu inijuga dianjurkan untuk sholat tahjud. Untuk melaksanakan sholat tahajud diwaktu ini ada juga harus tidur terlebih dahulu.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Pada saat ini adalah waktu dari mulai 02.00 Fajar tiba. Sebenarnya batas waktu sholat tahajud memang hingga fajar tiba. Waktu sepertiga malam terakhir ini adalah waktu yang utama untuk sholat tahajud. Karena bila anda berdoa padawaktu ini layaknya busur yang selalu tepat sasaran. 


Jadi pada intinya batas sholat tahajud ini adlaah dari mulai ba’da isya hingga fajar terbit. Anda bisa melaksanakan sholat tahajud pada waktu sepertiga malam awal, kedua ataupun yang terakhir. Karena Rasululloh SAW pernah mengerjakan sholat tahajud pada waktu-waktu tersebut. 

grosirsajadah.id | Grosir Sajadah Murah | +62 852-2765-5050

Sholat tahajud memang bujakanlah sholat wajib, namun dengan sholat tahajud anda bisa memohon diri kepada Allah atas semua keinginan kita. Jadi kita bisa meminta kepada Allah pada waktu ini. Karena pada saat ini adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. 

Sholat tahajud bisa juga dilakukan secara berjamaah, sholat tahajud biasanya diteruskan dengan witir. Maksimal sholat tahjud adalah 11 rakaat. Karena rasulullah belum pernah melaksanakan sholat tahjaud lebih dari itu. Sholat tahajud ini bisa membuat diri kita lebih baik apalabila benar-benar diniatkan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan sholat tahajud kita bisa menceritakan keluh kesah kita kepada Allah SWT. Mari kita usahakan kita untuk bisa sholat tahajud, dengan sholat tahajud setiap hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »