TERLENGKAP !!! Doa Shalat Witir | Grosir Sajadah Murah

Baca Juga

Doa Shalat Witir - Bulan Ramadhan 1440 H sudah hampir tiba, tinggal menghitung hari Ramadhan sudah ada dalam pelukan. Banyak yang menantikan bulan suci tersebut, yang mana bulan tersebut merupakan bulan yang lebih baik dari pada seribu bulan. Segala persiapan dilakukan, mulai dari persiapan mental dan fisik, persiapan lingkungan dan segala hal yang berhubungan dengan bulan Ramadhan tersebut. Bulan Ramdhan disambut dengan hati yang gembira baik bagi anak – anak sampai para orang tua sekalipun.

Bulan Ramadhan tidak hanya disambut karena bulan kemenangan bagi orang Islam, namun juga merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan berkah. Keutamaan bulan suci Ramdhan sangatlah banyak, mulai dari keberkahan diri sampai ampunan dosa – dosa yang telah dilakukan selama setahun lalu. Untuk lebih jelasnya, keutamaan bulan Ramdhan akan dijabarkan sebagai berikut :

1. Pahala menjadi berlipat ganda

Pada bulan Ramdhan segala perbutaan baik akan dilipat gandakan pahalanya. Segala ibadah akan di dua kali lipatkan ganjarannya. Oleh karena itu banyak orang yang terus melakukan hal baik untuk mendapat pahala yang berlimpah. Orang – orang akan meningkatkan kegiatan sunnahnya, mulai dari sholat sunnah dan lainnya. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan pada sebuah hadist :


2. Rizki yang berkah

Bulan Ramdhan merupakan bulan penuh berkah bagi seluruh makhluk yang ada di muka bumi terutama manusia. Pada bulan Ramadhan segala sesuatu menjadi banyak berkah. Bagi orang yng berkecukupan, segala kenikmatannya menjadi sangat berkah begitu juga dengan orang – orang biasa segala rejekinya menjadi berkah. Menjadi serba kecukupan dan banyak bersyukur.

3. Diampuni segala dosa – dosa

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan penuh ampunan, dimana segala jenis dosa yang pernah dilakukan semasa setahun lalu akan terampuni dengan syarat orang tersebut benar – benar bertabat dan melakukan kebaikan dengan benar. Segala amalan yang diperintahkan harus dilakukan dan segala larangan harus dijauhkan.

4. Malam Lailatul Qodar

Yang membuat bulan Ramdhan menjadi sangat istimewa juga karena terdapat malam Lailatul Qodar, dimana malam Lailatul Qodar merupakan bulan yang sangat istimew karena pada malam itu Allah SWT memerintakan kepada para malaikatnya untuk turun ke bumi untuk mengatur segala urusan. Malam Lailatul Qiodar juga merupakan malam dimana Al – Qur’an diturunkan.

5. Didengar segala do’a dan permintaan

Pada bulan Ramadhan pintu surga dibuka dengan sangat lebar dan pintu neraka ditutup rapat. Segala do’a yang dipanjatkan manusia keada Allah SWT akan didengar dan dikabulkan dengan kebaikan. Permintaan dan do’a yang baik akan dijabah seiring dengan niat sungguh – sungguh dari manusia tersebut.

6. Lingkungan menjadi aman dan tentram

Kemeriahan dan kegembiraan pada setiap makhluk Allah yang ada dibumi dalam melaksanakan Ramdhan akan memberikan energy positif bagi seluruh muka bumi. Hal ini membuat segala jenis kejahatan tidak mudah menyebar luas, dan rasa aman timbul. Dibukanya pintu surga juga berefek baik pada kehidupan di bumi. Segala ketakutan akan banyak hal tidak timbul selama bulan Ramadhan.



Segala keutamaan pada bulan Ramadhan akan bisa dirasakan oleh setiap orang jika orang itu bisa merasakan hikmah dari bulan Ramdhan tersebut. Meskipun memiliki banyak keutamaan, hanya orang – orang tertentu yang bisa merasakannya. Untuk bisa mendapat segala keutamaan tersbut seseorang harus melakukan perintah dari Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Berikut amalan baik yang bisa dilakukan semasa bulan Rmadhan.

- Tadarus Al – Qur’an

Banyak melakukan tadarus Al – Qur’an sangat baik untuk menambah pahala, apalagi jika amalan baik ini akan dilipat gandakan pahalanya. Tadarus juga akan menambah keberkahan pada kehidupan seseorang.

- Sodakoh

Sodakoh hampir sama saja dengan melakukan infak dan jenis pemberian lainnya. Namun jika melakukan sodakoh pada bulan Ramadhan tentu akan dilipat gandakan pahalanya.

- I’tikaf

I’tikaf merupakan amalan yang sangat baik, bahkan diluar bulan Ramadhan. I’tikaf bisa mendekatkan seseorang pada Allah SWT dan juga sebagai waktu untuk mencurahkan segala isi hati kepada Allah SWT.

- Umrah

Umrah mungkin bisa diakukan pada setiap saat, namun melakukan umrah sewaktu Ramadhan akan jauh lebih baik lagi. Ganjarannya akan dinaikan dan begitu baik.

- Melaksanakan sholat sunnah

Melakukan banyak sunnah tentu akan menambah hitungan pahala yang diterima seseorang. Sunnah tersebut termasuk sholat sunnah. Sholat sunnah pada bulan Ramadhn tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada waktu lain, hanya saja pada bulan Ramadhan beberapa sholat sunnah dikerjakan secara berjamaah yang tentu akan meningkatkan jumlah pahala atau juga ada sholat sunnah yang hanya dilakukan sewaktu bulan Ramadhan. Sholat sunnah apa saja yang bisa dikerjakan sewaktu bulan Ramdhan.

a. Sholat tarawih

Sholat tarawih merupakan sholat yang dikerjakan pada malam hari tepatnya setelah sholat Isya. Dikerjakan sebanyak 8 rakaat atau 20 rakaat sesuai imam yang memimpin. Biasanya didirikan dengan 2 rakaat salam atau 4 rakaat salam. Pada akhir sholat tarawih akan dilakukan sholat witir.
Adapun niat sholat tarawih adalah sebagai berikut :


b. Sholat witir

Sholat witir merupakan sholat malam yang biasanya dilakukan setelah sholat tarawih dilaksanakan. Didirikan sebanyak 1 rakaat atau biasanya 3 rakaat setelah sholat tarawih. Dan jika dirangkapkan dengan sholat tarawih maka jumlahnya ada yang 11 rakaat dan 23 rakaat. Sholat witir memiliki banyak keutamaan seperti pada hadist berikut :





Niat sholat witir tergantung dengan jumlah rakaat yang dikerjakan. Jika 1 rakaat maka niatnya 1 rakaat dan jika 3 rakaat maka niatnya 3 rakaat. Adapun niat sholat witir sebagai berikut :



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »