Pengertian, Keutamaan dan Tata Cara Shalat Witir | grosirsajadah.id

Baca Juga

Shalat Witir adalah, Grosir Sajadah | +62 852-2765-5050

Shalat Witir adalah salah satu sholat sunah yang dilakukan pada malam hari yaitu pada malam ( setelah matahari terbenam sampai fajar tiba ) setelah sholat isya atau dini hari sebelum sholat subuh. Pada shalat witir jumlah raka’atnya haruslah ganjil mulai dari tiga, lima, tujuh dan seterusnyya, dengan cara dilakukan setelah sholat lainnya seperti tarawih dan tahajud. 

Shalat witir juga merupakan sholat sunah teristimewa karena merupakan shalat sunah yang digemari oleh Baginda Rasul, bahkan beliau sampai mewasiatkan kepada para sahabatnya untuk tidak boleh meinggalkan sholat ini. Adapun hadis yang memperkuat tentang istimewanya sholat witir ini antara lain:
Shalat Witir adalah, Grosir Sajadah | +62 852-2765-5050

Shalat Witir adalah, Grosir Sajadah | +62 852-2765-5050

Shalat Witir adalah, Grosir Sajadah | +62 852-2765-5050
Selain itu, sholat witir memiliki banyak sekali keutamaan bagi orang yang melaksanakannya sehingga senanglah kita untuk mengerjakannya. Berikut beberapa keutamaan sholat witir yang bisa kita peroleh.

Keutamaan Shalat Witir :

1. Amal yaumiyah Rasulluloh ( amalan harian )


Sholat witir merupakan sholat yang selalu dilakukan oleh Rasululloh setiap harinya. Beliau sangat menggemari sholat sunah witir. Kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW juga sebaiknya untuk melakukan sholat sunah witir tersebut secara rutin. Dalam melaksanakan sholat sunah jelas akan mendapat pahala yang besar. Selain itu sholat witir sebagai sholat malam juga sanagt baik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Melaksanakannya disaat malam hari yang hening akan sangat baik untuk menenangkan diri dan meresapi segala dosa yang telah diperbuat.

2. Allah mencintai melaksanakan sholat witir

Allah sangat menyukai hambanya yang melaksanakan sholat sunah witir pada malam hari. Karena waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat, tapi malah digunakan untuk beritikaf kepada Allah SWT. Sholat malam disini merupakan sholat ganjil dan yang mengganjili sholat sunah lain seperti sholat tarawih dan sholat tahajud. Oleh karena itu orang biasanya mengakhiri sholat tarawih dan sholat tahajud dengan sholat witir.

3. Amalan ahli Al – Qur’an

Sahabat Nabi merupakan ahli Al – Qur’an yang mana mereka mengamalkan dan mendakwahkannya. Mereka adalah sahabat Nabi yang gemar sekali melaksanakan sholat witir serta menyebarkan ajaran tersebut sebagai sunah yang sangat baik dilakukan.

4. Diwasiatkan untuk dikerjakan setiap hari sebagai amalan harian

Sholat pada malam hari merupakan sholat yang memiliki banyak kautamaan. Apalagi jika dilaksanakan pada akhir malam dimana langit dan para malaikt menjadi saksi dan akan dicatatan sebagai amalan sholehah.

5. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Karena dikerjakan pada malam hari yang tenang, jelas kita terus focus untuk berdo’a dan mengingat Allah SWT. Melakukannya setiap hari akan bisa mendekatkan diri kita kepada Allah. Pada akhir malam Allah akan mendengar segala do’a yang dipanjatkan, segala permintaan dan keluh kesah para hambanya. Apabila mengingat Allah dengan baik, maka kita bisa hidup dengan bahagia dan tenang. Sesungguhnya mengingat Allah adalah cara terbaik untuk hidup damai.

6. Mencegah dari perbuatan maksiat

Semakin sesorang mengingat Allah dengan sungguh – sungguh, maka dirinya akan hidup dengan tentram dan jauh dari segala keburukan. Keburukan tersebut adalah kemaksiatan yang selalu mengintai setiap orang setiap hari. Baik dalam hal kecil tanpa sadar maupun hal besar dengan sengaja. Sholat malam ( witir ) bisa mencegah kita dari segala perbuatan buruk kemaksiatan.

7. Dikabulkannya do’a

Sholat yang dikerjakan dimalam hari akan sangat mudah mendapat ijabah karena Allah sendiri yang menjaminkan dan mendengar setiap do’a yang dipanjatkan. Jadi jika menginginkan sesuatu dengan niat baik, maka sholatlah pada malam hari untuk mendapat ijabah dari Allah SWT.

8. Diampuni segala dosa

Selain dijabah dalam meminta do’a, sholat witir juga mempermudah untuk diampuni dosa – dosa kepada Allah SWT. Namun orang yang diampuni dosanya adalah orang yang benar – benar meminta ampun kepada Allah dengan syarat tidak akan mengulanginya lagi. Jika sudah meminta ampuann tapi masih melakukan kemaksiatan ya sama saja bohong. Tidak akan diampuni.

Tata cara sholat witir hampir sama saja dengan tata cara sholat sunah lainnya maupun sholat – sholat lainnya.

Shalat Witir adalah, Grosir Sajadah | +62 852-2765-5050

Tata cara sholat witir :

1. Niat sholat witir

Menurut beberapa ulama, sebenarnya tidak ada doa’a niat khusus dalam melaksanakan sholat witir. Dan tidak ada hadist agar mengucapkan niat sholat witir.

2. Takbiratul ikhram

Seperti seharusnya dalam sholat, takbiratul ikhram merupakan awalnya berdiri sholat dan memulai sholat.

3. Do’a iftitah

Setelah takbir, wajiblah seseorang yang melaksanakan sholat membaca iftitah.

4. Membaca Al – Fatihah dan surat pendek
5. Rukuk
6. Sujud

Secara keseluruhan dalam sholat witri tidak jauh berbeda dari sholat lainnya baik sunah maupun wajib.

7. Pembacaan Qunut

Seperti halnya dalam sholat qunut sholat subuh yang tidak terikat wajib, yaitu bisa dilafalkan bisa tidak. Qunut dalam sholat witir dibaca pada rakaat terakhir. Adapun bacaan qunut yang biasa dilafalkan adalah sebagai berikut :

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Banyaknya keutamaan dalam sholat witir seharusnya mampu menggerakan hati seorang muslim untuk melaksanakannya dengan benar. Karena sholat witir merupakan sunah yang sangat digemari oleh Baginda Rasulluloh SAW.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »