Cara Sholat Witir TERLENGKAP!!!

Baca Juga

Cara Sholat Witir TERLENGKAP!!! | grosirsajadah.id

Cara Sholat Witir - Solat Witir adalah sholat sunnah yang sangat istimewa. Dari jumlah rakaatnya pun paling berbeda dari sholat yang lainnya, jumlah sholat witir haruslah ganjil tidak boleh genap yaitu 1,3,5, dan seterusnya. Sholat witir ini dilaksanakan atau dilakukan di waktu setelah sholat isya menjelang sholat shubuh. Selain witir sholat witir juga digunakan sebagai pelengkap saat sholat trawih pada bulan Ramadhan. Hadist Riwayat Ahmad 6:83 menyebutkan bahwa sholat witir 3 rakaat yang dilakukan Rasulullah SAW dilakukan dengan cara memisah antara dua rakaat salam dan dilanjutkan lagi satu rakaat salam. Adapula hadist lain yang menyebutkan bahwa sholat witir bisa dilakukan langsung 3 rakaat sekaligus tetapi tidak seperti sholat maghrib yang mana terdapat tasyahud awal pada rakaat ke dua, dalam sholat witir langsung tiga rakaat sekaligus hanya satu kali tahiyat yaitu pada rakaat terakhir tasyahud akhir kemudian salam. 

Begitu istimewanya sholat witir Rasulullah SAW sampai mewasiatkan kepada para sahabat beliau agar senantiasa untuk melakukan sholat witir dan jangan sampai meninggalkannya. Selain itu sholat witir juga menjadi penutup sholat pada malam hari.

 Ada pula keutamaan sholat Witir Yaitu :

1. Amal yaumiyah Rasulullah 

Sholat witir adalah salah satu amal yaumiyah yang dilakukan Rasulullah SAW. Beliau biasa mengerjakan sholat sunnah ini. Sebagaimana hadist Riwayat Ali Bin Abi Thalib R.A yang berbunyi 

Artinya :
Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunnah yang bisa dilakukan Rasulullah SAW. (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi).

2. Allah Mencintai Sholat Witir 

Allah SWT mencintai yang witir. Karena sholat dengan rakaat witir ini dicintai. Orang orang yang mengamalkan sholat sunnah ini akan dincintai-Nya, sebagaimana seperti sabda Nabi SAW yaitu 

Artinya :
Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai yang witir/ganjil ( HR.Muslim )

3. Amalan ahli Al-Qur’an

Salah satu amalan yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada mereka para sahabat-Nya adalah sholat witir, agar semakin dicintai Allah SWT. 
Seperti Hadist yang sudah disebutkan yang artinya :




4. Sangat ditekankan Rasulullah 

Sholat witir sangat ditekankan Rasulullah untuk dilakukan para sahabat beliau. Hadist Riwayat Ahmad yang berbunyi :

Artinya :


5. Diwasiatkan dikerjakan setiap hari

Abu Hurairah R.A berkata :


Sholat witir adalah salah satu sholat sunnah muakkad, yakni yang sangat dianjurkan. Disebut sholat witir karena jumlah rakaat sholat witir ganjil.

  • Waktu melaksanakan Sholat Witir

Waktu sholat witir terbentang sejak setelah sholat isya hingga terbitnya fajar atau menjelang sholat shubuh. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW diatas.

 Rasulullah mengerjakan sholat witir sebagaimana riwayat Imam Ahmad 

Namun Rasulullah SAW paling sering mengerjakan sholat witir pada malam hari.
Sholat witir paling utama dilakukan atau dilaksanakan pada malam hari seperti hadist riwayat Jabir r.a 

  • Bilangan atau jumlah rakaat sholat witir 


Sholat witir merupakan sholat sunnah yang jumlah rakaat ganjil yaitu minimal satu rakaat, ada pula tiga rakaat, lima rakaat dan tujuh rakaat sholat witir.


  • Tata cara melaksanakan sholat witir


Dalam melakukan ibadah sholat witir boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat dengan masing masing satu tasyahud dan hanya satu kali salam saja tidak boleh lebih. Boleh pula seluruh rakaat sekaligus dengan satu kali salam.
Untuk tiga rakaat atau lebih dengan satu kali salam, boleh dengan dua tasyahud dan satu kali salam ketika melakukan sholat witir tiga rakaat.  Dan boleh pula dengan satu kali tasyahud kemudian salam. 


  • Surat yang dibaca sholat witir

Setelah kita membaca surat Al-Fatihah, boleh membaca ayat manapun didalam Al-Qur’an.
Namun jika sholat witirnya tiga rakaat maka disunnahkan membaca surah Al A’la pada rakaat pertama dan surah Al Kafirun pada rakaat kedua. Sedangkan saat rakaat ketiga membaca surah Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq.

1. Niat Sholat Witir Satu Rakaat

Artinya 
 “ Aku niat sholat witir satu rakaat (jadi imam/makmum) karena Allah Ta’ala”
2. Doa Niat Sholat Witir Dua Rakaat 

Artinya
“ Aku niat sholat witir dua rakaat (jadi imam/makmum) karena Allah Ta’ala”
3. Doa Niat Sholat Witir Tiga Rakaat 

Artinya : “ Aku berniat sholat sunnah witir 3 rakaat karena Allah Ta’ala”

Doa Sholat Witir 

Setelah melaksanakan sholat witir disunahkan membaca tiga kali 

“ Maha Suci Maha suci engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan”
Dzikir tersebut sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist shahih riwayat Abu Daud dan an Nasa’i
Kemudian kita membaca doa sholat witir setelah melaksanakannya yang berlafalkan 

Artinya : “ Ya Allah SWT, aku berlindung dengan keridhoan-Mu dari kemarahan-Mu dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian serta sanjungan kepada-Mu. Engkau ialah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri”

Manfaat Melaksanakan Sholat Witir

  1. Dicintai dan disayangi Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  2. Hati merasa tenang dan nyaman
  3. Dilindungi Allah SWT
  4. Dijauhkan dari api neraka
  5. Lebih dekat dengan Allah SWT karena Allah lebih mencintai orang orang yang melaksanakan sholat witir.
  6. Menyempurnakan sholat malam.

Begitu banyak manfaat yang kita peroleh setelah melaksanakan sholat witir, marilah kita bersama sama melaksanakan sholat witir sesuai yang dianjurkan Rasulullah SWA. Dan kita melaksanakannya dengan niat karena Allah Ta’ala.

Nah untuk membuat kita semangan untuk mengerjakan sholat witir, salah satunya adalah sholat di tempat yang tenang dan nyaman, serta menggunakan alat sholat yang nyaman dan juga disukai. Salah satu alat sholat yang berpengaruh adalah sajadah, sajadah yang nyaman akan membuat anda lebih khusuk dalam sholat. Maka dari itu kami menjual sajadah wool, sajadah bludru dan sajadah batik yang nyaman digunakan untuk sholat. Apalagi sajadah batik ini ukurannya pas bahkan bisa dilipat hingga ukuran kecil dan dilengkapi dengan kantong sehingga jika anda ingin bepergian bisa membawa sajadah batik ini.
grosir sajadah murah, sajadah batik, +62 852-2765-5050
Untuk informasi lengkap dan pemesanan berbagai jenis sajadah, anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA/SMS/TLP di nomor +62 852-2765-5050.
Semoga kita tetap istiqomah menjalan ibadah sholat dan ibadah lainnya. Aaamiiinn.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »