Waktu Sholat Witir yang Harus Anda Ketahui | grosirsajadah.id

Baca Juga

Waktu Sholat Witir yang Harus Anda Ketahui | grosirsajadah.id

Waktu Sholat Witir - Bulan Ramadhan sudah dalam pelukan, dimana bulan ini merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh setiap umat islam sebagai gerbang dari hari kemenangan yang akan terjadi di sesudahnya bulan Ramadhan usai. Berbagai amalan baik senantiasa dilakukan untuk menambhan pahala selama bulan Ramadhan, karena pada bulan Ramadhan segala amalan baik akan dilipat gandakan pahalanya. Seperti tertera pada hadist berikut :

Waktu Sholat Witir yang Harus Anda Ketahui | grosirsajadah.id
Pada hadist tersebut tertera jelas bahwa amalah baik pada saat bulan Ramadhan sangat banyak pahalanya, begitu juga dengan puasa yang sangat diwajibkan kepada orang muslim. Oleh karena itu akan sangat baik jika kita mengerjakan segala amalan baik pada bulan puasa. Amalan baik tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh dengan amalan baik pada bulan – bulan biasa jadi tidak bagi yang biasa mengerjakannya akan mudah untuk merutinkan amalan tersebut. Salah satu amalan baik adalah mengerjakan sholat sunnah witir yang biasa dikerjakan berjamaah setelah sholat tarawih. 

Pada umumnya sholat witir dikerjakan setelah sholat tarawih yang manadikerjakan secara ganjil. Waktu sholat witir bada hari biasa umumnya dikerjakan pada malam hari, dari sehabis isya’ sampai menjelang subuh. Witir sebagai sholat sunnah memang tidak hanya dianjurkan dikerjakan sewaktu bulan Ramadhan saja, namun juga bulan – bualan biasa. Waktu pengerjaan sholat witir bisa dilakukan sebelum tidur dan setelah tidur pada saat akan mengerjakan sholat tahajud atau sholat fajar. Akan lebih baik jika sholat witir dikerjakan setelah tidur, namun menurut kisah sahabat Rasululloh mengerjakan sholat witir sebelum tidur juga diperbolehkan. Hal ini terjadi bagi orang – orang yang khawatir tidak bisa bangun mengerjakan sholat malam sehingga kerjakan sholat witir sebelum tidur diperbolehkan. Lalu muncul lagi pertanyaan yaitu bagaimana jika seseorang sudah melakukan sholat witir diawal malam dan ia kembali bangun untuk sholat tahajud diakhir malam, apakah boleh mengerjakan sholat witir kembali ? Jawabannya tidak. Karena menurut sabda Rasululloh bahwa jika telah mengerjakan sholat witir di awal malam dan hendak sholat malam pada akhir malam maka tidak perlu untuk mengerjakan sholat witir kembali. Jadi sudah jelas bagaimana waktu sholat witir yang baik.

Kemudian datang lagi pertanyaan tentang seberapa banyak rakaat sholat witir itu. Pada dasarnya sholat witir merupakan sholat dengan jumlah rakaat ganjil, yang mana bisa dikerjakan mulai dari 1 rakaat saja. Dan dengan rakaat paling banyak adalah 11 rakaat. Namun umumnya sholat witir dikerjakan secara 3 rakaat. Hal ini dirasa cukup pas dan tidak berlebih serta tidak terlalu sedikit. Namun jika ingin mengerjakan sebanyak 11 rakaat juga lebih baik. Untuk sholat witir satu rakaat memang tidak dilarang karena sholat witir satu rokaat bisa dikerjakan untuk waktu akhir malam yang khawatir telah masuk sholat subuh.

Dari berbagai hadist yang ada seakan semakin memperkuat adanya hal yang menguatkan akan mengerjakan sholat witir. Bukan tanpa alasan, nyatanya sholat witir mempunyai banyak sekali keutamaan selain mendapat pahala dari Allah SWT. Berikut keutamaan sholat witir yang bisa diperoleh orang yang mengerjakannya.

Keutumaan sholat witir sangatlah banyak, antara lain :

  1. Sebagai jalan mendekatkan diri pada Allah SWT
  2. Sebagai jalan bertaubat
  3. Allah SWT sangat mencintai orang yang mengerjakan sholat witir
  4. Menambah amal pahala terutama pada bulan Ramadhan
  5. Sholat witir merupakan amalan harian yang gemar dilakukan oleh Rasululloh SAW
  6. Salah satu amalan ahli Al – Qur’an pada jaman dahulu
  7. Mencegah dan menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat
  8. Sebagai jalan mempermudah dikabulkannya segala do’a – do’a
  9. Sebagai jalan mencari ampunan dari segala dosa jika berdo’a dengan sungguh – sungguh
  10. Merupakan wasiat dari Rasululloh SWT yang dianjurkan diamalkan setiap hari

Sungguh banyak keutamaan yang bisa diperoleh dari melakukan sholat sunnah witir baik pada saat bulan – bulan biasa terlagi pada bulan Ramadhan yang akan dilipat gandakan pahala yang diperoleh. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah witir. Sebagaimana telah dijelaskan di dalam beberap hadist.
Waktu Sholat Witir yang Harus Anda Ketahui | grosirsajadah.id

Cara mengerjakan sholat sunnah witir :

  1. Membaca niat ( Bacaan Niat Sholat Witir )
  2. Takbiratul ikhram
  3. Membaca iftitah
  4. Membaca surat Al – Fatihah
  5. Membaca suratan pendek
  6. Melakukan rukuk
  7. Melakukan itidal
  8. Membaca do’a qinit (tidak wajib)
  9. Melakukan sujud
  10. Melakukan Iftirasy
  11. Melakukan Tasyahud akhir

Pengerjaan sholat sunnah witir ridak jauh berbeda dari sholat sunnah pada umumnya, jadi tidak perlu melakukan hal khusus kecuali pembacaan qunut.

Semoga bermanfaat.......

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »