+62 852-2765-5050 | Harga Sajadah Batik Solo PALING MURAH

Baca Juga

Harga Sajadah Batik Solo – Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan melukiskan atau menuangkan malam (bahan untuk melukiskan motif pada kain) pada mori, kemudian pengolahanya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

+62 852-2765-5050 | Harga Sajadah Batik Solo PALING MURAH

Secara ethimologi batik berasal dari Bahasa Jawa yaitu Ambhatik, yaitu amba yang berati lebar dan titik (matik) yang merupakan kata kerja dalam Bahasa Jawa yang digunakan untuk membuat titik. 

Batik adalah sebuah karya tangan yang memiliki nilai seni yang tinggi dan telah menjadi bagian dari Budaya Indonesia (khususnya bagian Jawa) yang sudah dikenal sejak lama. Tradisi membatik pada umumnya merupakan tradisi turun temurun, sehingga dari motif bisa terkenal dari sebuah keluarga yang menciptakaannya.

3 Jenis Batik Diantaranya :

  1. Batik Tulis
    Kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan, pembuatanya biasanya sangat lama. Bisa sampai 2-3 bulan.
  2. Batik cap
    Kain yang diberikan dengan tekstur dan motif batik yang dibentuk dengan cap (motif yang diinginkan sudah memiliki cetakan sendiri, alatnya terbuat dari tembaga). Proses dari pembuatan batik ini sendiri relatif lebih dari 2-3 hari saja.
  3. Batik lukis
    Pembuatanya adalah dengan cara melukiskan langsung pada selembar kain mori yang tersedia. 
Cara pembuatan batik sendiri setiap kota berbeda beda, namun secara garis besar proses pembuatan dari batik ini dapat dijabarkan sebagai berikut :

Cara Membuat Batik :

  1. Siapkan alat dan bahan untuk memperlancar proses pembatikan seperti kain putih yang biasanya disebut dengan kain mori, canting yaitu alat untuk membantik biasanya berupa alat yang ujungnya lancip yang digunakan untuk membuat corak.
  2. Gambar desain motif diatas kain dengan pola yang diinginkan. Dalam proses ini disebut dengan Nglengreng.
  3. Panaskan lilin atau malam di atas wajan hingga mencair sempurna. Suhu maksimal dan lilin sekitar 80 derajat celcius.
  4. Perhatikan posisi duduk saat membatik. Duduklah dengan posisi tungku atau kompor berada disebelah kita.
  5. Celupkan canting ke dalam wajan malam.
  6. Mulailah menggoreskan canting mengikuti pola.
  7. Setelah itu lanjut pada tahap pewarnaan. Setelah dicelupkan maka tiriskan kain tersebut lalu diamkan.
  8. Setelah didiamkan maka rebus pada suhu 100 derajat lalu jemur dibawah terik sinar matahari.
Corak batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas dan beberapa corak hanya dipakai oleh beberapa kalangan keluarga tertentu saja. Namun berbada halnya dengan batik pesisir yang biasanya sudah menyerap corak asing yang dibawa pada masa penjajahan dahulu.

Corak yang paling popular adalah corak Tionghoa yang memiliki corak phoenix. Namun Bangsa Indonesia masih mempertahankan motif awalnya dikarenakan biasanya corak tersebut memiliki lambang atau arti arti tertentu.

Salah satu kota yang merupakan sentra dari batik adalah Solo. Batik solo dijadikan ikon batik Indonesia yang namanya sudah terkenal disentero dunia. kharismanya yang tak terbantahkan menjadikan magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun internasional.

Masyarakat Solo membuat batik ini secara turun temurun dan menciptakan ratusan motif cantik baik asli maupun hasil dari modifikasi. Motif yang ada bukan hanya sebatas gambar namun memiliki arti sendiri sendiri dari corak tersebut.

+62 852-2765-5050 | Harga Sajadah Batik Solo PALING MURAH

Di Solo ada dua tempat icon yang menjadikan sentra batik yaitu Kampung Kauman dan Leweyan. Pada zaman keraton membatik merupakan mata pencaharian bagi perempuan Jawa. Bahkan membatik di lingkungan keraton dianggap sebagai pekerjaan yang ekslusif. Motif batik Solo diantaranya adalah Batik Solo motif Sidomukti, Batik Solo motif Truntum, Batik Solo motif Sawat, Batik Solo motif Parang, Batik Solo motif Kawung, Batik Solo motif Solo Manah, Batik Solo motif Semen Ranted an yang paling terkenal adalah Batik Solo motif Sogan.

Batik Solo motif Sogan adalah motif batik yang klasik yang erat kaitanya dengan Keraton Solo. Dalam motif ini biasanya adalah motif motif pakem khas kraton yang klasik. Batik Solo ini memiliki corak yang gelap, gradasi warna coklat tua dan kehitam hitaman. 

Warna dari batik Sogan adalah warna yang kalem dan hangat. Nama Sogan diambil dari bahan pewarnaan alami batik zaman dahulu yang menggunakan batang pohon kayu soga tinggi. Batik Solo ini memiliki motif yang melambangkan nafsu manusia.

Begitu cantiknya motif Batik solo menjadikan semua orang menolehkan pandangannya berulang kali. Namun batik yang berkesan ekslusif seperti ini biasanya hanya dijadikan sebagai pajangan saja. Sangat disayangkan bukan? Kini terdapat terobosan baru untuk memakai batik klasik ini. yaitu dengan dikreasikan menjadi sajadah. 

Yap, sajadah. Sajadah yang biasanya digunakan sebagai alat sholat agar terhindar dari hadast yang bisa menjadikan sholat tidak sah ini bisa dikombinasikan dengan corak batik slogan yang klasik. Tentu saja hal ini menjadikan sajadah anda cantik dan menarik.

Bahan yang digunakan adalah bahan yang tebal, halus, jahitan bawah dijahit dengan teknik blacu dan jahitanya sangat rapi. Sajadah yang memiliki banyak fungsi akan sangat cantik jika anda miliki dengan motif yang cantik pula seperti Batik Solo. 

Motif pada sajadah yang baik dapat menambah kekhusyukan dalam beribadah, nah salah satunya dengan Batik Solo ini. Harga yang ditawarkan adalah harga yang berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan, dengan kualitas yang sebegitu bagusnya banyak orang yang menganggap sajadah ini murah dan sesuai dengan kantong. Anda dapat memesan sajadah kecil murah ini pada nomor +62 852-2765-5050 melalui WA/SMS/TELP. Anda akan mendapatkan harga yang special jika memesan dengan jumlah yang banyak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »