Tak Perlu Ke Tempat Laundry, Begini Cara Mencuci Sajadah Busa yang Benar

cara mencuci sajadah busa

Cara Mencuci Sajadah Busa - Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari virus yang sedang menyerang hampir seluruh negara yang ada di dunia dan tak terkecuali adalah Indonesia.

Indonesia sendiri mengonfirmasi secara resmi kasus positif pertama kali pada awal Maret 2020. Hingga artikel ini di buat, kasus positif yang ada di Indonesia bahkan sudah mencapai 93.657 dengan kenaikan hampir 2 ribu setiap harinya. Sungguh angka yang cukup banyak bahkan sebuah sumber menyebutkan bahwa kasus positif di Indonesia bahkan sudah melebihi China yang mana China sendiri digadang gadang sebagai negara tempat virus ini berasal.

Nah karena hal ini, tentu kita harus mencegahnya bukan? Salah satu kiat mencegah virus corona hadir diantara kita adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan dan melakukan protokol protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau WHO sendiri.

Menjaga Kebersihan di Era Pandemi


Nah, sebenarnya apa saja yang perlu dibersihkan dan di mana saja? Menjaga kebersihan yang pertama dapat kita lakukan kepada diri sendiri terlebih dahulu. Kebersihan ini seperti cuci tangan ketika habis menyentuh sesuatu, mencuci tangan sebelum makan dan yang lainnya.

Menjaga kebersihan yang ke dua adalah menjaga kebersihan area rumah dan lingkungan. Langkah pemerintah baik itu desa ataupun pemerintah pusat yang sudah cukup baik adalah membantu warga untuk menyemprotkan cairan disinfektan agar virus virus dapat mati.

Penyemrotan ini hanya sebatas di lingkungan saja tidak sampai masuk rumah, jadi sudah menjadi tugas Anda untuk membersihkan barang barang yang ada di rumah Anda dengan cairan disinfektan. Perlakukan ini sama dengan tempat kerja Anda jika Anda sudah masuk kerja. 

Menjaga kebersihan tempat yang selanjutnya adalah menjaga kebersihan masjid. Iya masjid tempat ibadah. Secara berkala masjid akan dibersihkan dengan cairan disinfektan oleh petugas masjid atau dari warga sendiri.

Pemerintah sendiri sudah mengajurkan untuk membawa sajadah sendiri sendiri untuk mencegah penanggulangan virus corona. Tapi sebagai catatan, Anda juga harus senantiasa membersihkan sajadah Anda dengan cara mencucinya.

cara mencuci sajadah busa


Tapi kan jenis dari sajadah itu sendiri ada banyak, apakah untuk perlakukan semua sajadah ini sama? Sebenarnya tidak salah satu sajadah yang cukup rumit perawatannya adalah sajadah busa. Ya sajadah yang memiliki tekstur yang empuk ini ternyata memiliki perawatan sendiri loh.

Biasanya sajadah ini terdapat dua jenis, ada yang disertai dengan resleting dan ada yang tidak disertai resleting. Nah perlakukan dari kedua jenis sajadah busa ini berbeda ya maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas keduanya.

Cara Mencuci Sajadah Bulu

cara mencuci sajadah busa

1. Cara Mencuci Sajadah Bulu Tanpa Resleting

Yang pertama mari kita ketahui cara mencuci sajadah bulu rasfur tanpa resleting yang mana artinya semua dari bagian sajadah ini dicuci. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu deterjan, sikat pakaian, wadah dan alat cuci yang lainnya. Jika sudah ikuti langkah langkah berikut ini
  • Rendam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencuci sajadah bulu tanpa resleting adalah merendamnya pada air deterjen selama 30 menit. Jangan terlalu lama merendamnya ya dikarenakan bisa merusak bulu bulu sajadah itu sendiri. 

  • Kucek

Setelah direndam dengan menggunakan deterjen langkah selanjutnya adalah dengan mengucek sajadah ini pada semua bagian, lakukan perlahan ya agar tidak merusak bulunya. Jika ada noda yang membandel Anda bisa menyikatnya dengan sikat yang halus agar bulu bulu tidak rusak.

  • Bilas

Jika Anda rasa sudah cukup bersih langkah selanjutnya adalah dengan membilasnya menggunakan air mengalir. Agar bulu bulunya tidak rusak jangan memeras terlalu keras atau jika tidak memungkinkan palah tidak memerasnya sama sekali.

  • Jemur

Langkah terakhir dari step mencuci sajadah busa tanpa resleting adalah menjemurnya. Cara menjemurnya bisa dihamparkan pada jemuran besi serta hindari terkena sinar matahari langsung.

2. Cara Mencuci Sajadah Bulu yang Dilengkapi dengan Resleting

Untuk cara mencuci sajadah bulu yang dilengkapi dengan resleting ini sedikit  berbeda dengan cara mencuci sajadah bulu yang tidak dilengkapi dengan resleting tadi. Nah untuk caranya yang pertama adalah dengan membuka resleting sajadah (biasanya dibagian bawah atau samping) lalu keluarkan busa dari dalam sajadah ini.

Nah yang melalui proses penyucian ini hanya kulit luar dari sajadah busa ini. Yang membedakan cara mencuci sajadah yang satu ini dengan yang tadi sudah dibahas sebenarnya hanya pada step ini saja selebihnya sama dengan cara sajadah busa dengan resleting.
Nah gampang bukan cara mencuci sajadah busa baik tanpa resleting atau dengan resleting? Jadi sekarang Anda tidak perlu jauh jauh untuk ke laundry dan mengeluarkan banyak uang hanya untuk mencuci sajadah busa ini dikarenakan Anda bisa mencucinya sendiri di rumah.

Untuk perawatannya, setiap 3 atau 7 hari sekali lakukan pembersihan pada bulu bulunya bisa menggunakan vacum cleaner atau bisa juga dengan mengibas ngibaskan hingga kotoran minggat. Selamat mencoba ya, selalu jaga kebersihan diri dan sekitar dan stay safe!

Post a Comment

0 Comments