Mengenal Apa Itu Sholat Sunnah Tasbih dan Tata Caranya Lengkap

Apa Itu Sholat Sunnah Tasbih?

Apa Itu Sholat Sunnah Tasbih? Sholat Tasbih sendiri merupakan sholat yang jumlah rakaatnya yang mana sepanjang sholat tersebut seseorang sambil mengucapkan kalimat tasbih sepanjang 300 kali. Sholat tasbih sendiri bisa Anda kerjakan pada siang atau malam hari. Sholat tasbih sendiri dianjurkan untuk dilakukan sekali sepanjang hidup.

Nah apakah hukumnya sunnah seperti namanya? Untuk hukumnya sendiri masih ada perbedaan pendapat antara beberapa ulama. Oleh penganut sebagian Mahzab Syafii, sholat tasbih memiliki hukum pengerjaan sunnah dasar yang dipakai adalah riwayat dari jalur Ibnu Abbas bahwasannya Nabi Muhammad SAW mengajarkan sholat ini kepada paman beliau sendiri.

Berbeda dengan Mahzab Syafii yang beranggapan bahwa pengerjaan sholat yang satu ini adalah sunnah, pendapat lain dari Mahzab Hambali bahwa salat ini statusnya boleh dikerjakan, bukan sunah. Dasarnya adalah derajat hadis ucapan Nabi kepada Abbas di atas, yang disebut dhoif.

Pendapat lain tentang sholat ini adalah hukumnya tidak disyariatkan. Hukum sholat tasbih yang satu ini disampaikan oleh Ibnu Jauzi yang berdampat bahwa hadist tentang sholat yang satu ini adalah hadist yang maudlu namun banyak ulama yang berdapat bahwa hadist tentang sholat tasbih merupakan hadist yang shahih.

Manfaat Sholat Sunah Tasbih

Sholat tasbih merupakan sholat sunah yang bisa membuat hati jadi jauh lebih tenang dan tentram. Ibadah sunah ini juga dipercaya dapat menggugurkan dosa, menghindarkan diri dari penyakit penyakit yang berbahaya, mendekatkan diri kepada Allah, memberatkan timbalan amalan baik, “senjata” untuk menghadapi persoalan besar hingga salah satu “senjata” untuk menghadapi krisis pangan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda, "Makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barang siapa yang ucapannya pada saat itu tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan." (HR. Al-Hakim).

Nah jika sudah tahu tentang manfaatnya. Maka mari kita cari tahu bagaimana cara untuk melakukan sholat ini agar tidak salah. Simak ulasannya ya!

Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwasannya sholat tasbih ini dianjurkan untuk dilakukan siang ataupun malam hari. Jika dilakukan pada siang hari dianjurkan untuk pelaksanaanya 4 rakaat dan satu salam dan jika dilakukan pada malam hari maka cukup 2 rakaat  dan satu salam saja.

Secara umum, sholat tasbih ini sama dengan sholat sunnah yang lainnya namun yang membedakan adalah penambahan bacaan tasbih pada setiap bacaannya. Jika ditotal dalam satu rakaat sholat seseorang bisa membaca sebanyak 75 bacaan sholat sehingga 4 rakaat sholat adalah 300 bacaan tasbih.

Nah berikut ini tata cara sholat tasbih yang harus Anda lakukan ketika akan melakukan sholat yang satu ini. Meskipun hampir sama dengan Tata Cara Sholat pada umumnya, agar lebih jelas simak ya!

1. Niat 

Untuk sholat tasbih dengan jumlah rakaat ada dua, berikut niatnya:

Usholli sunnatat-tashbiihi rok'ataini lillagi taa'ala.

Artinya: "Saya niat salat tasbih dua rakaat sunah karena Allah ta'ala."

Sedangkan untuk sholat tasbih dengan jumlah empat rakaat, berikut niatnya:

Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’ala.

Artinya: “Saya niat sholat sunat tasbih 4 rakaat sunah karena Allah ta’ala.”


2. Membaca Surat Al Fatihah

Pastikan untuk membaca surat Al-Fatihah karena ini merupakan salah satu syarat sahnya sholat.

3. Baca Surat Alquran

Umumnya, bacaan surat dalam sholat sunah di rakaat pertama adalah surat Al-Kafirun. Maka kita bisa membaca surat ini. Tapi, jika kita hafal surat lain yang ada bacaan tasbihnya di awal surat seperti surat Al Hadid, Al Hasyr dan Ash Shaff. Selepas membaca surat ini, bacalah bacaan tasbih sebanyak 15 kali.

Apa Itu Sholat Sunnah Tasbih?


4. Ruku'

Untuk selanjutnya adalah ruku seperti sholat fardu atau sholat sunah lainnya. Setelah bacaan ruku' selesai, bacalah bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

5. I'tidal

Seperti sholat pada umumnya setelah ruku' selanjutnya adalah iktidal. Ketika bacaan iktidal selesai, bacalah tasbih sebanyak 10 kali.

6. Sujud

Setelah gerakan iktidal dan tasbih selepas iktidal selesai,  bisa lanjutkan dengan sujud. Baca bacaan sujud seperti biasa kemudian lanjutkan dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

7. Duduk di Antara Dua Sujud

Bacalah bacaan duduk di antara dua sujud seperti biasa kemudian lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

8. Sujud

Lakukan kembali gerakan sujud, bacaan-bacaan sujud hingga selesai kemudian lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai sujud dari rakaat pertama, lanjutkan ke rakaat kedua dan lakukan salat tasbih di rakaat kedua sama dengan di rakaat pertama.

Sebelum berdiri untuk melanjutkan ke rakaat kedua, duduklah sebentar dan bacalah bacaan tasbih kembali sebanyak 10 kali. Kemudian kita bisa berdiri untuk melanjutkan ke rakaat ke dua.

9. Tasyahud Akhir & Salam

Setelah selesai rakaat kedua, duduklah untuk gerakan tasyahud akhir. Sebelum membaca tasyahud akhir, bacalah bacaan tasbih sebanyak 10 kali, kemudian bacalah bacaan tasyahud akhir dan dilanjutkan dengan salam.

Nah itulah tata cara untuk melakukan sholat sunnah tasbih yang bisa Anda lakukan. Lakukan sholat sunnah yang satu ini sebelum ajal menjemput agar kita dapat melakukan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Post a Comment

0 Comments