Jangan Sampai Salah, Ini Dia Hukum Sholat Sunnah Tasbih!

Baca Juga

Hukum Sholat Sunnah Tasbih

Hukum Sholat Sunnah Tasbih – Apa Itu Sholat Sunnah Tasbih? Sholat tasbih merupakan sholat yang terdiri dari empat rakaat yang sepanjang sholat tersebut, orang yang melaksanakan sholat mengucapkan tasbih sebanyak 300 kali. 

Untuk waktu pengerjaan dari sholat tasbih sendiri bisa siang hari maupun malam hari. Sholat tasbih mungkin terdengar “belum” familiar di telinga masyarakat namun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa sholat Tasbih sebaiknya dilakukan meskipun sekali seumur hidup.

Hukum Sholat Sunnah Tasbih

Bagaimana dengan hukum sholat yang satu ini? terdapat beberapa pendapat mengenai hukum sholat tasbih.  Oleh penganut sebagian Mahzab Syafii, sholat tasbih memiliki hukum pengerjaan sunnah dasar yang dipakai adalah riwayat dari jalur Ibnu Abbas bahwasannya Nabi Muhammad SAW mengajarkan sholat ini kepada paman beliau sendiri.

Berbeda dengan Mahzab Syafii, pendapat lain dari Mahzab Hambali bahwa salat ini statusnya boleh dikerjakan, bukan sunah. Dasarnya adalah derajat hadis ucapan Nabi kepada Abbas di atas, yang disebut dhoif.

Pendapat lain tentang sholat ini adalah hukumnya tidak disyariatkan. Hukum sholat tasbih yang satu ini disampaikan oleh Ibnu Jauzi yang memiliki pendapat bahwa hadist tersebut adalah hadist yang maudlu (tidak dapat dipercaya) namun ada banyak ulama yang berdapat bahwa hadist tentang sholat tasbih merupakan hadist yang shahih.

Nah itulah beberapa hukum sholat sunnah tasbih menurut beberapa pendapat, tapi bagaimana dengan hukum sholat sunnah tasbih yang dilakukan secara berjamaah?

Hukum Sholat Sunnah Tasbih Berjamaah

Dikutip dari kompas.com seorang ustadz yang bernama Ustadz Maulana menerangkan pernyataan yang menunjukkan bahwa tidak disunnahkan untuk mengerjakan sholat sunnah tasbih secara berjamaah.

Beliau juga menambahkan bahwa karena sholat sunnah, maka sholat tasbih dapat dilakukan kapan saja asalkan bukan di waktu waktu yang dilarang. Nah jika ada pernyataan bolehkah sholat sunnah itu dilaksanakan secara berjamaah? Jawabannya adalah tidak disunnahkan.

Masih banyak orang yang beranggapan bahwasannya sholat sunnah tasbih merupakan “sesuatu yang kurang baik itu dilaksanakan” karena ya memang belum banyak orang yang mengetahui tentang sholat yang satu ini, tapi sebenarnya ada tidak si dalil yang menjelaskan tentang Sholat Sunnah Tasbih ini?

Dalil Sholat Sunnah Tasbih 

Untuk dalil pengerjaan Sholat sunnah tasbih sendiri dalilnya berdasarkan hadist Ibnu Abbas ra yang lafadznya diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Sunan-nya (1297) yang intinya tentang 10 sifat (pekerti) yang jika dilakukan maka Allah akan mengampuni dosa dosanya baik itu dosa yang awal ataupun dosa yang akhir.

Salah satu dari pekerti tersebut merupakan sholat tasbih dimana dijelaskan bahwa sholat yang satu ini sepanjang sholatnya membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali. 

Seringkali orang orang bingung untuk melaksanakan Sholat Tasbih, sebaiknya malam hari, siang hari, pagi hari atau kapan ya? Nah terkait Sholat Sunnah yang satu ini sendiri ada dua waktu untuk melaksanakan sholat sunnah tasbih ini.

Dua waktu tersebut adalah siang dan malam hari. Sholat tasbih tidak boleh dilaksanakan ketika munculnya matahari alias selepas sholat shubuh dan sebelum waktu dzuhur. Sholat tasbih juga tidak boleh dilakukan ketika matahari terbenam atau setelah sholat ashar.

Nah setiap sholat sunnah pasti ada tujuannya betul? selain untuk memperoleh manfaat yang banyak, sholat sunnah tasbih merupakan salah satu sholat yang bisa mendatangkan banyak sekali manfaat. Manfaat manfaat tersebut beberapa diantaranya adalah.

Manfaat Sholat Sunnah Tasbih

Hukum Sholat Sunnah Tasbih


1. Memberikan timbangan amal baik di akhirat nanti

Nah keutamaan atau manfaat sholat sunnah tasbih yang pertama adalah dapat memberikan timbangan amal baik kita nantinya di akhirat. Ibadah yang kita kerjakan di bumi ini nantinya akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat, nah dengan melakukan sholat tasbih ini timbangan amal kebaikan kita akan menjadi baik.

2. Memiliki tabungan

Memangnya di dunia saja yang bisa memiliki tabungan? Kita juga harus memiliki tabungan di akhirat loh. Tabungan mengerjakan sholat sunnah tasbih adalah kebun kurma di surga. Subhanaallah indah sekali bukan?

3. Menghapus dosa yang banyak

Seberapa banyakpun Anda melakukan dosa, jika Anda benar benar niat di dalam hati untuk taubat salah satunya adalah mengerjakan sholat tasbih dengan begitu maka dosa nya akan terampuni.

4. Senjata untuk menghadapi krisis pangan di akhir zaman

Manfaat dan keutamana sholat tasbih yang selanjutnya adalah sebagai “senjata” krisis pangan di akhir zaman nanti. Saat di akhir zaman nanti sholat tasbih bagaikan makanan bergizi yang menyehatkan.

5. Terhindar dari kesedihan dan penyakit penyakit yang besar

Tak jarang orang yang ada di bumi merasakan yang namanya kesedihan yang mendalam, nah dengan mengerjakan sholat yang satu ini maka kesedihan kesedihan itu akan pergi dan kita juga terhindar dari penyakit penyakit besar yang mematikan.

Nah itulah tadi beberapa ulasan mengenai Sholat Sunah Tasbih lengkap beserta dalilnya. Ingat segera lakukan sholat tasbih ini karena seperti yang disinggung diatas bahwasannya sholat ini ada baiknya dilakukan meskipun sekali seumur hidup. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »