Keutamaan dan Doa Sesudah Sholat Sunnah Tasbih LENGKAP

Doa Sesudah Sholat Sunnah Tasbih


Doa Sesudah Sholat Sunnah Tasbih – Rosulluloh memerintahkan umatnya untuk senantiasa melakukan hal hal baik. Allah sendiri bahkan memerintah salah satu kewajiban Umat Muslim yaitu Sholat. Namun yang diperintahkan oleh Allah dan harus dikerjakan adalah sholat lima waktu saja sedangkan sholat sholat yang lainnya hanya dianjurkan alias hukumnya sunnah.


Seperti namanya, sholat sunnah adalah sholat yang apabila dikerjakan dia akan mendapatkan pahala dan jika tidak maka dia tidak akan mendapatkan dosa. Sholat sunnah sendiri ternyata memiliki banyak sekali keutamaan loh. Kira kira apa saja keutamaan dari sholat sunnah itu?


Keutamaan Sholat Sunnah


1. Menutupi kekurangan sholat fardhu

Sebagai umat manusia, tentu diri kita tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan betul? begitupula dalam mengerjakan sholat fardhu 5 waktu. 


Ya mungkin kita tidak menyadari kesalahan kita namun bagaimana jika Allah mendapati gerakan gerakan atau bacaan sholat kita yang kurang benar? Nah inilah keutamaan dari sholat sunnah yang mana mampu menutupi kekurangan sholat fardhu. 


2. Ibadah sholat paling afdhal

Para ulama sepakat mengatakan bahawasannya, sholat sunnah yang kita kerjakan termasuk ibadah badaniyah yang mana ibadah yang lebih bagus atau lebih baik dari pada ibadah sunnah yang lainnya.


3. Bisa menemani nabi di Surga

Rasanya tidak ada orang yang tidak ingin masuk ke Surga dikarenakan Surga adalah tempat impian bagi banyak orang apalagi menghuni Surga dan menemani nabi. Sunhanaallah indahnya bukan? Keutamaan sholat sunnah yang satu ini bahkan dijelaskan di Hadist Imam Muslim.


4. Dosanya berguguran

Semakin banyak sholat sunnah yang kita kerjakan maka makin banyak pula dosa dosa kita yang berguguran. Diriwayatkan dalam hadist Ibnu Hibban dan al-Baihaqi menerangkan tentang seorang hamba yang ketika sholat dosanya di taruh di atas kepala dan ketika rukuk dan sujud dosa dosanya akan berguguran.


5. Dicintai oleh Allah SWT

Allah sangat menyukai orang orang yang berbuat baik dan mengikuti “anjuran-anjurannya”. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwasannya Allah akan sangat mencintai hamba-Nya yang mengerjakan sholat Sunnah sebab sholat sunnah adalah perbuatan yang baik.


Nah itulah beberapa keutamaan dari Sholat Sunnah. Sebenarnya ada banyak sekali keutamaan yang lainnya seperti doanya akan di kabulkan, diangkat derajatnya di sisi Allah dan yang lainnya.


Sholat sunnah yang paling “populer” adalah sholat sunnah dhuha, tarawih, tahajud serta istikharah. Tapi pernahkah Anda melakukan sholat sunnah tasbih? 


Sholat Sunnah Tasbih


Sholat Sunnah Tasbih merupakan sholat sunnah yang di dalamnya selain membaca bacaan sholat seperti biasanya juga membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Tata cara melakukan sholat sunnah ini umumnya sama dengan sholat sholat yang lainnya, perbedaannya hanya pada Niat Sholat Sunnah Tasbih dan pada setiap gerakan membaca bacaan tasbih.


Sholat tasbih merupakan sholat yang membuat hati kita menjadi tenang dan tentram. Ibadah sunnah yang satu ini dipercaya dapat menggugurkan dosa dosa, menghindarkan diri dari penyakit penyakit berbahaya, mendekatkan diri kepada Allah, memberatkan amalan ibadah, senjata untuk menghadapi masalah yang besar hingga terhindar dari krisis pangan. 


Untuk tata cara tentu kita sudah tahu lah ya seperti apa, tapi bagaimana dengan doa sesudah mengerjakan Sholat Sunnah Tasbih ini? Panjang nggak sih? dan bagaimana?


Doa Sesudah Mengerjakan Sholat Sunnah Tasbih

Doa Sesudah Sholat Sunnah Tasbih


Arti doa sesudah mengerjakan Sholat Sunnah Tasbih adalah “Ya Allah aku meminta padaMu (untuk mendapatkan) pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada hamba hamba yang mendapatkan petunjuk, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu”


Nah sholat sunnah tasbih ini sangat sangat dianjurkan untuk dilakukan sekali seumur hidup, jadi tunggu apalagi? Umur tidak ada yang tahu bukan?

Post a Comment

0 Comments