Niat Sholat Sunnah Tasbih Beserta Tata Caranya, LENGKAP!!!

Baca Juga

Niat Sholat Sunnah Tasbih Beserta Tata Caranya, LENGKAP!!!

Niat Sholat Sunnah Tasbih – Bagi sebagian orang, sholat tasbih menjadi salah satu sholat sunnah yang kurang familiar. Tapi sadar tidak si jika semasa kita hdup, kita dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah yang satu ini meskipun sekali seumur hidup. 


Tapi apa itu sebenarnya sholat sunnah tasbih? Sholat sunnah tasbih merupakan sholat empat rakaat yang sepanjang sholat tersebut seseorang mengucapkan kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Sholat yang satu ini dapat dilakukan di malam hari atau dapat juga dilakukan siang hari.


Pendapat Ulama Tentang Shalat Tasbih


Nah dari pihak para ulama sendiri ada perbedaan pendapat, ada yang memperbolehkan adanya sholat yang satu ini dan ada juga yang kurang menganjurkan pengerjaan sholat yang satu ini. Sebagian ulama Mahzab Syafii memperbolehkan dan hukumnya adalah sunnah. Dasarnya adalah dari riwayat dari jalur Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad saw. Mengajarkan sholat tasbih ini kepada paman beliau, yakni  Abbas bin Abdul Muthalib.


Pendapat lain dari Mahzab Hambali, bahwa sholat tasbih ini statusnya boleh dikerjakan, bukan sunah. Dasarnya adalah dari derajat hadis ucapan Nabi kepada Abbas di atas, yang disebut Dhoif.


Pendapat lain dari Ibnu Jauzi  adalah dasar dari hadist yang dipakai adalah hadist madlu. Meskipun demikian, banyak ulama yang berpendapat bahwa hadist tersebut bukanlah hadist yang madlu melainkan hadist yang shohih.


Jadi jika disimpulkan, hukum sholat tasbih menurut para ulama diantaranya adalah


Hukum Sholat Tasbih Menurut Para Ulama


Di kalangan para ulama setidaknya ada 3 pendapat mengenai hukum sholat tasbih.


1. Sunah

Ini merupakan pendapat mayoritas ulama seperti Imam al-Ghazali, Imam Ibnu Hajar al-Haitami, Imam an-Nawawi, Imam Ibnu Shalah, Imam asy-Syirbini, Imam Ibnu Hajar al-Asqalani, Imam al-Buhuti & Syaikh al-Albani, Imam ar-Ramli, Imam as-Suyuti.


2. Mubah

Ini merupakan pendapat dari Imam Ibnu Qudamah dan Imam Ahmad bin Hanbal. “Shalat sunnah itu tidak harus pakai hadits shahih” itulah yang dikatakan oleh beliau Imam Ibnu Qudamah dalam kitabnya al-Mughni.


3. Bid'ah

Ini merupakan pendapat dari Imam Ibnu Taimiyah, Syaikh Bin Baaz & Syaikh al-Utsaimin.

Lebih jelasnya tentang hukum sholat tasbih, Anda bisa membaca keterangannya di Hukum Sholat Sunnah Tasbih.

Terlepas dari itu semua, masih banyak orang yang bertanya tanya mengenai bagaimana niat sholat, cara pengerjaan dari sholat sunnah yang satu ini. Nah dibawah ini akan kami berikan kepada Anda bagaimana tata cara sholat sunnah tasbih.


Sebelumnya, sholat tasbih terdiri dari 4 rakaat yang dapat dilakukan pada waktu malam hari ataupun siang hari. Namun dengan ada perbedaan ketentuan. Pada siang hari bisa dilakukan 4 rakaat lalu salam dan bisa juga 2 rakaat 2 rakaat namun untuk malam hari dianjurkan untuk dilakukan 2 rakaat 2 rakaat.


Niat dan Tata Cara Pengerjaan Sholat Sunnah Tasbih


1. Niat sholat tasbih

Apapun yang kita kerjakan pastinya terdapat niatnya bukan? Nah perlakuannya juga sama seperti sholat sunnah tasbih ini. Anda harus mengerjakan sholat yang satu ini dengan niatnya. Apa niatnya? Berikut niat beserta artinya.

Niat Sholat Sunnah Tasbih Beserta Tata Caranya, LENGKAP!!!

2. Tata Cara Sholat Sunnah Tasbih

  • Takbiratul Ihram 
  • Membaca Surah al-Fatihah 
  • Membaca Surah pendek 
  • Membaca tasbih 15 kali 
  • Rukuk, 
  • Membaca tasbih rukuk. 
  • Sebelum bangun untuk iktidal, membaca tasbih 10 kali. 
  • Iktidal Dalam posisi iktidal sebelum sujud, membaca tasbih 10 kali. 
  • Sujud. Dalam posisi sujud sebelum bangun untuk duduk di antara dua sujud membaca tasbih 10 kali. 
  • Duduk di antara dua sujud. Dalam posisi duduk, sebelum sujud kedua, membaca tasbih kali. 
  • Sujud kedua. Dalam posisi sujud kedua, sebelum bangun, membaca tasbih 10 kali. 
  • Duduk untuk bangun melanjutkan rakaat kedua. Sebelum bangun dalam posisi duduk membaca tasbih 10 kali. 
  • Bangun, melakukan rakaat kedua seperti rakaat pertama. Untuk rakaat sholat yang terakhir sebelum salam, baik itu rakaat kedua maupun rakaat keempat, sebelum salam membaca tasbih 10 kali sehingga tetap dalam rakaat tersebut tasbih diucapkan 75 kali.

Nah itulah tadi cara untuk untuk melakukan sholat tasbih. Segera lakukan sholat tasbih yang satu ini sebelum ajal menjemput dikarenakan setidaknya kita sebagai Umat Muslim yang taat harus melakukan sekali sepanjang kita hidup.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »