Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Tasbih Lengkap

Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Tasbih

Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Tasbih - Sholat merupakan sebuah kewajiban bagi anda yang beragama Islam, yang mana perintah ini tercantum dalam Rukun Islam yang ke dua. Sholat di lakukan supaya umat Islam selalu patuh dan ingat kepada Tuhan yang telah menciptakan alam semesta dan seisinya. 

Tentu saat masih kecil pun pasti anda akan di ajari cara berwudhu yang benar dan juga di ajari cara – cara sholat yang benar supaya tidak salah – salah. Sholat di bedakan menjadi 2 jenis yakni sholat wajib dan sholat sunnah.

Perbedaan Sholat Wajib dan Sholat Sunnah

Yang mana sholat wajib sifatnya harus di lakukan dan jika tidak di lakukan maka akan mendapatkan dosa dan akan di hitungkan kelak. Sedangkan sholat sunnah merupakan sholat yang tidak wajib di lakukan tetapi jika anda melakukannya anda akan mendapatkan pahala. 

Sholat wajib di lakukan 5 kali dalam sehari dan harus di laksanakan atau tidak boleh di tinggalkan.  Sholat juga selain bisa kita mendapatkan pahala tetapi juga memiliki manfaat untuk tubuh jika Gerakan – gerakannya yang di lakukan tepat. 

Pengertian Sholat Tasbih

Shalat tasbih adalah shalat sunnah yang mana si orang yang melakukannya akan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali dalam 4 rakaat. Sholat tasbih hukumnya sunnah yakni jika di lakukan akan mendapatkan pahala dan jika tidak di lakukan maka tidak mendapat dosa. 

Sholat tasbih di lakukan malam hari setelah anda sholat isya sampai waktu sebelum shubuh dan yang paling baik waktunya yakni di waktu sepertiga malam. 

Shalat tasbih juga akan menghindarkan kita dari perbuatan keji, kemungkaran dan tercela jika anda melaksanakannya dengan hati ikhlas dan lapang. Pada umumnya tatacara sholat ini sama seperti sholat sunnah yang lainnya yang saat membaca niat dalam hati tidak perlu di lafalkan.

Shalat tasbih memang sunnah tetapi setidaknya anda pernah melakukannya sekali se umur hidup, jika memungkinkan maka bisa di lakukan setiap malam.  Fungsi sholat tasbih yakni untuk menghapus segala dosa- dosa entah itu kecil, besar, yang pernah di lakukan dulu maupun sekarang baik itu di sengaja atau tidak di sengaja.

Niat sholat tasbih 2 rakaat latinnya adalah "Ushalli sunnatatasbih rak'ataini lillahi ta'alla"

Niat sholat tasbih 4 rakaat latinnya adalah "Ushalli sunnatattasbih arba'a raka'atin lillahi ta'alaa" 


Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Tasbih

Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Tasbih

  1. Berdiri lurus menghadap ke kiblat lalu mengucapkan niat sholat tasbih
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca Al Fatihah dan surat pendek dan membaca tasbih sebanyak 15 kali.
  4. Setelah ruku baca tasbih lagi sebanyak 10 kali
  5. Dilanjutkan dengan melakukan iktidal, setelah iktidal baca tasbih lagi sebanyak 10 kali
  6. Setelah anda sujud pertama anda membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali
  7. Saat setelah duduk di antara dua sujud membaca tasbih 10 kali
  8. Baca tasbih lagi sebanyak 10 kali setelah sujud ke dua
  9. Setelah duduk istirahat sebentar sebelum berdiri untuk membaca tasbih sebanyak 10 kali 

Nah jadi jumlah tasbih yang di baca saat anda melakukan sholat 2 rakaat yakni 150 kali, dan jika dalam 4 rakaat maka 300 kali membaca tasbih. Setelah anda melaksanakan sholat tasbih sebaiknya anda berdoa kepada Allah untuk memohon ampun atas dosa – dosa yang telah di lakukan dan menyampaikan doa – doa harapan untuk diri anda maupun orang lain. 

Jadi ayo di mulai dari sekarang anda melaksanakan sholat tasbih ini jika anda anda belum pernah sama sekali. Jangan sia – sia kan kesempatan yang ada. 

Post a Comment

0 Comments