Berikut Panduan Sholat Sunnah Gerhana Matahari, Lengkap!

Berikut Panduan Sholat Sunnah Gerhana Matahari, Lengkap!

Sholat Sunnah Gerhana Matahari - Bagi para umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya sholat. Karena sholat merupakan salah satu kewajiban bagi para umat muslim, yang mana sholat merupakan salah satu bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Seperti yang diketahui sholat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus di lakukan oleh orang muslim yang telah baligh dan berakal sehat. Dan jika seorang muslim meninggalkan sholat tanpa suatu alasan maka akan di perhitungkan pada hari akhir nanti dan akan mendapatkan tempat Bersama orang – orang kafir. 

Kenapa sih sholat harus di lakukan pada umat muslim? Jadi selain sholat dapat menolong kita di hari akhir, sholat juga memiliki banyak hikmah lainnya seperti: 

Hikmah Mengerjakan Sholat

  • Menangkan Hati

Jika anda rajin dalam melaksanakan sholat maka hati nya akan merasa tenang karena percaya kalau Allah selalu ada untuk membantu dan menjaga umatnya. 

  • Mempercayai Adanya Tuhan

Dengan kita meyakini adanya Tuhan dan kita harus selalu merasa bersyukur atas rizqi yang telah di beri kan kepada kita, sehingga kita akan sebisa mungkin menghindari hal – hal tercela. 

  • Dapat Menyehatkan Badan

Jika dalam melaksanakan sholat anda melakukannya dengan baik maka anda akan mendapatkan manfaat yang bagus untuk tubuh anda, karena setiap Gerakan sholat memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh. 

  • Memudahkannya mendapat Rizqi dari Allah SWT

Allah SWT akan membukakan pintu rizqi kepada hambanya yang taat dan menjalankan perintah nya. 

  • Dapat Terhindar Dari Siksa Neraka

Jika umat muslim menjalakan sholat lima waktu dengan taat maka kelak akan terhindar dari siksa neraka, dan Allah SWT akan menjanjikan surga padanya. 

Ibadah sholat di bedakan menjadi 2 jenis yakni sholat yang hukumnya wajib dan sholat yang hukumnya sunnah. Sholat wajib atau yang lebih di kenal dengan sholat fardhu yakni merupakan sholat yang wajib di lakukan, jika tidak tidak di lakukan maka akan mendapatkan dosa dan jika di lkaukan maka akan mendapatkan pahala, contohnya yakni sholat 5 waktu. 

Berbeda dengan sholat fardhu, sholat sunnah merupakan sholat yang tidak wajib di lakukan  namun jika di lakukan akan mendapatkan pahala dan jika di tinggalkan maka tidak akan mendapat dosa, contohnya seperti sholat tahajud, sholat duha, sholat gerhana, sholat tasbih, dll. 

Sholat Sunnah Gerhana Matahari 

Nah yang akan menjadi topik pembahasan kali ini adalah Sholat sunnah gerhana matahari. Gerhana Matahari adalah fenomena alam di mana letak bulan berada di antara bumi dan juga matahari. Fenomena ala mini terjadi dalam beberapa tahun sekali atau dalam kata lain tidak terjadi di setiap tahunnya. 

Gerhana matahari ada beberapa jenis di antara nya yakni ada gerhana matahari total, jika terjadi gerhana matahari cincin maka akan terjadi gelap karena matahari akan tertutup oleh bulan sehingga tidak bisa memancarkan sinar nya. 

Berikut Panduan Sholat Sunnah Gerhana Matahari, Lengkap!

Selanjutnya ada gerhana matahari cincin, jika terjadi matahari cincin maka tidak akan se gelap saat terjadi gerhana matahari total karena ukuran bulan yang menutupi matahari lebih kecil sehingga matahari tidak tertutup secara menyeluruh, dan terbentuk cincin pada sekitar matahari.  Dan masih ada lagi jenis gerhana matahari lainnya yang tidak bisa di sebutkan semuanya disini. 

Bagi umat muslim pada saat terjadinya gerhana matahari akan melakukan sholat sunnah gerhana matahari untuk berdoa kepada allah swt. Sholat sunnah gerhana matahari atau yang di sebut dengan sholat kusufain merupakan sholat yang di lakukan saat terjadinya fenomena alam gerhana matahari dan gerhana bulan. Bagaimana sih niat dan tatacara nya? 

Niat Sholat Gerhana Matahari

Niat sholat gerhana matahari: ‘Ushalli sunnatan- likhusuufi- syamsi makmuman lillahi ta’ala. Untuk melaksanakan sholat gerhana di lakukan dua rakaat tetapi dengan empat kali rukuk.

Berikut Panduan Sholat Sunnah Gerhana Matahari, Lengkap!

Tata Cara Melakukan Sholat Gerhana Matahari

  1. Sholat di lakukan saat gerhana itu sedang terjadi 
  2. Di lakukan secara berjamaah
  3. Membaca niat sholat sunnah gerhana matahari
  4. Setiap rakaat terdiri dari dua kali rukuk dan juga dua kali sujud
  5. Setelah melakukan rukuk pertama , bacalah surat al – fatihah
  6. Bacalah surat – surat yang Panjang
  7. Dilanjutkan dengan khutbah

Mengapa Harus Dilakukan Sholat Gerhana Matahari

  1. Karena sunnah nabi muhammad saw
  2. Sebagai pengingat hari kiamat
  3. Mendekatkan diri dengan allah swt
  4. Menyadarkan diri agar tidak berbuat maksiat

Nah ternyata di balik terjadinya fenomena alam ini banyak terdapat hikmah nya. Sehingga kita menjadi lebih ingat dengan adanya kekuasaan Allah SWT. Dengan adanya gerhana sebenarnya kita sedang diingatkan oleh Allah supaya berada di jalan yang benar dan tidak terus- terusan meninggalkan perintah alloh yang harus di lakukan. 

Kita sebagai umat muslim sudah sepantasnya mempercayai adanya tuhan dan mempercayai kebesarannya dan menjaga ciptaanya. Kita juga harus selalu bersyukur atas nikmat yang telah tuhan kepada kita dengan cara salah satunya yakni dengan melaksanakan sholat dan berdoa. 

Meskipun sholat gerhana merupakan sholat sunnah tetapi apa salahnya jika di laksanakan hal tersebut juga akan membantu diri anda sendiri dan juga berdoa kepada Alloh SWT supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan setelah munculnya gerhana. 

Nah dengan begitu saat terjadinya gerhana ataupun fenomena alam lainnya  jangan hanya menonton dan mnegabadikannya saja tetapi lakukanlah sholat sunnah yang telah di ajarkan. Jika masih belum paham urut – urutannya anda juga bisa belajar melalaui smartphone anda, karena sekarang ini banyak yang sudah menjelaskan cara – cara sholat dan lainnya sehingga anda tidak perlu susah lagi untuk mencari tahu bagaimana cara melakukannya. 

Post a Comment

0 Comments