Doa Setelah Sholat Sunnah Gerhana

Doa Setelah Sholat Sunnah Gerhana

Doa Setelah Sholat Sunnah Gerhana – Banyak orang yang terpesona dengan kecantikan Gerhana baik itu Gerhana Matahari ataupun Gerhana Bulan namun ada juga yang takut dengan adanya gerhana gerhana tersebut.

Namun sebagai seorang Muslim yang taat, tentu kita tahu bahwasannya dalam agama kita ketika terjadi Gerhana kita disunnahkan untuk mengerjakan Sholat.

Ya sholat gerhana. Tapi sebenarnya Sholat Gerhana itu wajib nggak sih?

Shalat Gerhana Sunnah Atau Wajib?

Hukum dari sholat Gerhana adalah sunnah muakkadah yang mana artinya adalah sunnah yang sangat sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dalil pengerjaan sholat ini terdapat di Alquran Surat Fushilat ayat 37 selain itu Rasulluloh SAW juga bersabda serta ada juga hadist yaitu HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad.

Bagaimana dengan pelaksanaannya? Apakah bisa dilakukan secara sendiri sendiri atau harus dilakukan dengan orang lain?

Bolehkah Sholat Sunnah Gerhana Sendirian?

Sholat sunnah gerhana bisa dilakukan sendiri di rumah dikarenakan sholat sunnah ini tidak mengharuskan untuk dilakukan beramai ramai, apalagi jika dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Hal ini dinyatakan oleh Syekh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin yang dikutip dari akurat.co

Selain itu, diperbolehkannya sholat sunnah gerhana sendiri juga termuat dalam hadist yaitu HR. Bukhari no. 1043.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Syekh Imam Nawawi sebab sholat ini bisa dilakukan tanpa adanya khotbah. Khotbah dalam sholat gerhana hukumnya adalah tidak wajib.

Untuk tata cara melakukan sholat sunnah Gerhana secara sendirian bisa dilakukan seperti tata cara sholat sunnah gerhana secara berjamaah hanya yang membedakan adalah tidak adanya khotbahnya saja.

Nah jika kita sudah selesai sholat sunnah gerhana maka kita juga disunnahkan untuk berdoa setelah usai sholat sunnah gerhana. 

Baca juga : Tata Cara Sholat Gerhana Matahari

Apa doa yang dibaca seusai sholat sunnah gerhana? Apakah ada doa doa khusus? Simak penelusurannya di bawah ini ya!

Doa Setelah Sholat Sunnah Gerhana

Apabila sudah selesai dalam mengerjakan sholat sunnah gerhana maka bacalah doa berikut ini 

Doa Setelah Sholat Sunnah Gerhana

Ada beberapa alasan mengapa Islam memerintahkan untuk mengerjakan sholat Sunnah Gerhana. Sekiranya ada empat alasan mengapa kita harus mengerjakan sholat Sunnah Gerhana.

Mengapa Harus Mengerjakan Sholat Sunah?

1. Sunnah dari Nabi Muhammad SAW

Semua yang dilakukan oleh Nabi Muhammad adalah sunnah betul? Nabi Muhammad mengajarkan umatnya untuk melaksanakan sholat yang satu ini. Barang siapa saja yang mengerjakan sunnah maka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

2. Sebagai pengingat di hari akhir

Salah satu tujuan dilaksanaknnya Sholat Gerhana adalah agar kita senantiasa mengingat akan adanya hari kiamat. Fenomena Gerhana merupakan fenomena alam yang menakjubkan dan hanya akan terjadi sesuai dengan kuasa Allah.

3. Menghapus musyrik dan takhayul

Dengan sholat sunnah gerhana juga akan memupus kemusyrikan serta pendapat pendapat maupun cerita yang takahyul sebab Gerhana Matahari ataupun Bulan merupakan fenomen alam yang merupakan kekuasaan Allah bukan karena hal mistis ataupun yang lainnya.

4. Semakin dekat dengan Sang Kuasa

Selain itu melaksanakan sholat sunnah gerhana juga bisa mendekatkan diri kita kepada Sang Kuasa. Melalui sholat sunnah gerhana inilah akan mengajak manusia manusia dengan mendekatkan diri kepada Allah.

Nah itulah alasan mengapa kita disarankan untuk mengerjakan sholat sunnah Gerhana meskipun sifatnya tidak wajib. Jadi sekarang sudah tahu kan apa yang harus dilaksanakan ketika ada gerhana terjadi, bukan palah di foto lalu dibuat snapgram ya!


Post a Comment

0 Comments