Ternyata Ini Seberapa Pentingnya Puasa Ramadhan

Ternyata Ini Seberapa Pentingnya Puasa Ramadhan

Pentingnya Puasa Ramadhan – Sebagai Umat Islam, tentu kita semua tahu jika ada kewajiban yang namanya berpuasa selama 30 hari lamanya di Bulan Ramadhan. Ya, Bulan Ramadhan kerap disapa dengan Bulan Penuh Berkah sebab pada bulan ini semua Umat Muslim bersuka cita dan berlomba lomba dalam mengumpulkan pahala.

Tak hanya sekedar menahan lapar dan haus pada siang hari, arti puasa Ramadhan mencakup hal yang luas. Berikut definisi sederhana Puasa Bulan Ramadhan.

Puasa Bulan Ramadhan Artinya

Puasa dalam Bahasa Arab disebut dengan Ash Shaum atau As Shiyyam yang mana dapat diartikan sebagai menahan diri. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makanan, minuman dan segala hal yang  bisa membatalkan puasa.

Dalam Agama Islam, puasa dilaksanakan mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Nah pada masa masa ini, seseorang yang berniat untuk berpuasa harus bisa menahan diri dari makanan, minuman maupun hal hal yang bisa membatalkan puasa.

Syarat Puasa Ramadhan

Sama seperti ibadah yang lainnya, ibadah Puasa Bulan Ramadhan juga memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi bagi seseorang yang ingin mengerjakan ibadah yang satu ini. Nah syarat syarat ini beberapa di antaranya adalah

Syarat wajib puasa yakni memiliki Agama Islam, sudah melalui masa baligh atau berumur dewasa, memiliki akal, sehat secara jasmani dan rohani, bukan merupakan musafir yang sedang berjalan jauh, suci dari haid dan nifas serta mampu melaksanakan ibadah puasa.

Puasa Ramadhan Hukumnya

Hukum berpuasa dalam Agama Islam adalah wajib. Ketentuan ini  bahkan sudah termuat dengan jelas di QS Al-Baqarah ayat 183 dan ayat ayat Al-Quran yang lainnya.

Namun pada kondisi tertentu ada beberapa keadaan yang memperbolehkan seorang Muslim meninggalkan puasa seperti sedang sakit, hamil (jika tidak mampu), Nifas dan yang lainnya. Namun orang yang meninggalkan puasa di Bulan Puasa karena kondisi tertentu haruslah mengganti puasa di lain hari.

Tak hanya mendapatkan pahala yang berlimbah, dengan melakukan puasa juga kita akan mendapatkan efek yang baik untuk tubuh. Beberapa efek kesehatan dikarenakan menjalankan puasa beberapa di antaranya adalah

Efek Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

1. Detoksifikasi tubuh

Ketika kita menjalankan puasa maka tubuh secara sendirinya akan men-detoks atau membuang segala zat zat yang beracun yang mana zat ini tidak diperlukan oleh tubuh dengan optimal.

2. Membantu regenerasi sel

Manfaat puasa yang selanjutnya adalah bisa membantu meregenerasi sel dalam tubuh. Ketika tubuh kita digunakan untuk menjalankan puasa maka sel sel dalam tubuh akan melakukan regenerasi alias memperbarui sel dengan baik.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat menjalakan puasa yang selanjutnya adalah bisa memperkuat kekebalan tubuh. Sel sel getah bening akan membaik bahkan dengan jumlah 10 kali lebih baik. Wow, tentu sistem kekebalan tubuh sangat dibutuhkan di era pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga : Puasa di Saat Pandemi

4. Mengontrol gula darah

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwasanya dengan melakukan puasa, kita bisa mengontrol adanya gula darah yang mana manfaat ini sangat berguna bagi mereka yang menderita diabetes.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Beberapa penelitian menentukan bahwa manfaat puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Tak hanya memiliki efek yang bagus untuk kesehatan, dengan melakukan ibadah puasa juga kita akan mendapatkan hikmah hikmah yang tak terduga. Berikut ini beberapa hikmah melakukan Bulan Puasa.

Ternyata Ini Seberapa Pentingnya Puasa Ramadhan

Hikmah Puasa Ramadhan

1. Melatih disiplin waktu

Agar nantinya ibadah puasa bisa berjalan lancar tentu tubuh kita harus memerlukan istirahat, sahur dan lain sebagainya sehingga tentu jika kita tidak disiplin maka ritme tubuh akan menjadi kacau hingga mau tidak mau harus disiplin.

2. Melatih manusia agar lebih tabah

Dalam berpuasa manusia dilatih untuk menahan hawa amarah. Sebenarnya tidak hanya amarah saja melainkan hal hal lain seperti agar tidak suudzon, marah marah serta dianjurkan untuk melatih kesabaran.

3. Melatih hidup sederhana

Saat berbuka puasa, manusia dianjurkan untuk sedikit makan dan memperbanyak minum. Kita juga dianjurkan untuk tidak makan secara berlebihan, selain tidak baik untuk kesehatan hal yang seperti ini juga tidak disukai oleh Allah.

4. Menjadi banyak bersyukur

Dengan berbuka puasa, Umat Muslim dilatih untuk mensyukuri nikmat yang dimiliki saat tidak puasa. Sehingga manusia jadi lebih baik lagi dalam mensyukuri nikmat yang dimilikinya.

5. Peduli terhadap sesama

Pada momen Ramadhan, banyak orang yang berlomba lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin. Salah satu cara untuk mendapatkan pahala adalah dengan bersedekah. Pada momen ini banyak sekali orang orang yang dengan bermurah hati memberikan takjil gratis maupun sedekah yang lainnya.

Dari uraian di atas tentu saja kita tahu seberapa pentingnya Puasa Ramadhan bagi tubuh kita dan bagi rohani kita benar? Maka dari itu jika kita sama sama mampu untuk mengerjakannya jangan pernah untuk meninggalkannya ya!

Post a Comment

0 Comments