Ingin Puasa Lancar Saat Pandemi? Nih 8 Tips Puasa di Saat Pandemi

Ingin Puasa Lancar Saat Pandemi? Nih 8 Tips Puasa di Saat Pandemi


Puasa di Saat Pandemi – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang banyak ditunggu oleh Umat Muslim sebab pada bulan ini banyak sekali amalan amalan yang dilipatgandakan oleh Sang Kuasa. Bahkan untuk menyambut bulan yang satu ini, ada beberapa orang yang mempersiapkan secara khusus untuk menyambut datangnya Bulan yang Suci ini.


Mungkin di dua tahun terakhir yakni tahun 2020 dan 2021, Bulan Ramadhan berbeda dari tahun tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang membuat kita harus ekstra hati hati. 


Imun Tubuh Saat Puasa


Seperti yang kita tahu bahwasannya di saat pandemi seperti ini kita harus selalu menjaga imun tubuh agar terhindar dari virus yang sampai sekarang mungkin masih mengintai kita tetapi saat berpuasa imun tubuh kita jadi sedikit melemah karena kekurangan asupan pada siang hari.


Dikutip dari detikfood.com, dr Adam Prabata menjelaskan jika puasa di Bulan Ramadhan justru sangat baik untuk masalah masalah kesehatan. Puasa Ramadhan yang dilakukan pada saat pandemi ternyata tidak menimbulkan lonjakan kenaikan angka pada kasus kematian COVID-19.


Nah karena ada banyak sekali kebaikan di sini maka Umat Muslim yang sehat sangat sangat dianjurkan untuk mengikuti Puasa Ramadhan seperti biasanya. Lantas bagaimana dengan mereka yang positif COVID-19? Untuk mereka yang positif dianjurkan untuk dibatalkan puasanya dan dilanjutkan ketika mereka dinyatakan sembuh.


Meskipun demikian, namun tetap saja kita harus mempersiapkan tubuh kita agar imun tubuh tetap terjamin. Hmm kira kira apa saja ya persiapan puasa di masa pandemi? Yuk simak ulasannya berikut ini.


Persiapan Puasa di Masa Pandemi


Ingin Puasa Lancar Saat Pandemi? Nih 8 Tips Puasa di Saat Pandemi


1. Stok bahan makanan

Persiapan yang pertama adalah dengan mempersiapkan bahan bahan makanan beberapa hari kedepan, jangan sampai kehabisan karena biasanya banyak orang membeli barang barang atau stok bahan makanan sebelum puasa dalam jumlah yang banyak.


Dengan menyetok bahan makanan, anda jadi tidak perlu keluar rumah terlalu sering sehingga risiko tertular virus yang entah datangnya dari mana ini bisa berkurang.


2. Memasak takjil dan sahur sendiri

Memasak sendiri bisa dipertimbangkan untuk keperluan takjil dan sahur sebab dengan masak sendiri kita jadi tahu bahan apa saja yang digunakan dan kita juga bisa tahu kehigenisannya seperti apa.


3. Membersihkan alat ibadah

Alat alat ibadah seperti sajadah, mukena, sarung dan yang lainnya juga bisa dibersihkan agar ketika digunakan dalam keadaan yang bersih. Rutinlah untuk membersihkan peralatan ibadah dengan deterjen beserta air maupun dengan disinfektan.


Nah itulah persiapan persiapan yang mungkin bisa anda lakukan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan ini, nah selain memberikan persiapan puasa kami juga akan memberikan kepada anda tentang bagaimana tips untuk puasa di tengah tengah pandemi.


Baca Juga : Begini Cara Sambut Ramadhan di Tengah Pandemi


Tips Puasa Di Masa Pandemi


1. Tidur yang cukup

Menjaga pola tidur merupakan tips pertama sebab kekurangan tidur bahkan mampu membuat anda rentan terhadap Virus COVID-19. Tidurlah 6-8 jam setiap harinya dan jangan perbanyak begadang.


2. Menjaga asupan makanan

Hal kedua yang harus dijaga adalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Agar anda tetap prima di masa pandemi makanlah makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi seperti nasi ataupun yang lainnya, selain itu anda bisa juga dengan mengimbangi memakan protein yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh.


3. Jangan lupa olahraga

Meskipun kerap merasa lemas, tidak ada salahnya untuk menjalani aktivitas olahraga ini. Pilihlah olahraga yang ringan dengan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk durasinya sendiri bisa disesuaikan dengan kemampuan masing masing.


4. Minum air putih secara teratur


Ingin Puasa Lancar Saat Pandemi? Nih 8 Tips Puasa di Saat Pandemi

Seperti yang kita ketahui bahwasannya tubuh kita pastinya membutuhkan air putih demi kelancaran hidup. Idealnya, konsumsilah air putih sebanyak 8-10 gelas perharinya di waktu waktu seperti saat berbuka puasa, setelah puasa, menjelang tarawih, setelah tarawih, sebelum tidur serta saat kita makan sahur.


5. Hindari minum minuman manis terlalu banyak

Anda pastinya tahu jika sesuatu yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tidaklah baik sama halnya dengan mengonsumsi minuman manis yang banyak. Mengonsumsi minuman manis dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya seperti diabetes dan jantung.


6. Menghindari stres

Saat kita stress, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit menjadi berkurang sehingga tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Nah untuk karena itu, sebisa mungkin hindari stress agar tubuh tidak rentan ya.


7. Konsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen baik pada saat berbuka puasa maupun sahur bisa menjadi tips puasa di tengah pandemi seperti ini. Suplemen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh beberapa diantaranya adalah Vitamin C, D dan Zinc.


8. Tetap patuhi protokol kesehatan

Tetap perketat protokol kesehatan demi kita bersama ya, jangan sampai lengah menerapkan protokol kesehatan demi bersama sama mencegah adanya virus yang entah kapan berakhir ini.


Nah itulah beberapa tips yang mungkin dilakukan oleh anda untuk menjalankan puasa di masa seperti sekarang ini, bagi anda yang sudah divaksin bukan berarti anda bisa bebas ke mana saja tanpa menggunakan masker atau mematuhi protokol kesehatan yang lainnya. 


Jika anda hendak bepergian, maka tetapi patuhilah protokol kesehatan jangan sampai lengah!

Post a Comment

0 Comments