Begini Cara Sambut Ramadhan di Tengah Pandemi

3 hikmah ramadhan di tengah pandemi

Ramadhan di Tengah Pandemi – Marhaban ya Ramadhan! Umat Muslim di seluruh dunia sedang bersuka cita untuk mempersiapkan dan mungkin ketika artikel ini dimuat, sudah menjalankan ibadah yang hanya dilakukan sekali dalam satu tahun ini. 

Ramadhan dua tahun terakhir terasa berbeda, hal ini dikarenakan hampir seluruh dunia merasakan adanya Pandemi COVID -19.

Pandemi sendiri adalah penyakit yang menyebar diwilayah yang luas, misal beberapa negara, atau seluruh dunia. Penyakit yang meluas dengan jumlah orang yang terinfeksi dalam jumlah yang banyak. 

Menyambut bulan Suci Ramadhan ini harus mempersiapkan bekal yang lengkap agar ketika menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan betul-betul maksimal dan menjadi manusia yang bertaqwa.

Bagaimana Cara Menyambut Bulan Ramadhan?

Berbeda bagi yang beriman kepada Allah SWT, seperti apapun berbeda bagi yang beriman kepada Allah SWT, seperti apapun kondisinya saat ini tetap merasakan kebahagiaan yang sangat dalam dengan datangnya bulan Ramadhan.

Karena Ramadhan datang dengan membawa keberkahan bagi setiap umat muslim. Di tengah pandemi sekarang ini, kita harus menyambut bulan Ramadhan dengan bahagia dan lapang dada. Dengan adanya pandemi ditengah-tengah kita tidak membuat semangat dan kebahagiaan kita untuk menyambut bulan suci ini menjadi luntur. 

Tidak menurunkan kewaspadaan kita terhadap pandemi sekarang ini. Mari kita sambut bulan suci ini bulan yang penuh berkah bulan dimana umat muslim nanti-nantikan untuk berlomba-lomba mencari pahala bulan yang penuh ampunan penuh rahmat dan penuh kebaikan ini.

Sambutlah Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan mempersiapkan diri dan hati kita hanya semata-mata Karena Mengharap Ampunan,rahmat dan Ridho Allah SWT. 

Selamat menjalankan Ibadah dibulan Ramadhan dengan penuh kekhusyuan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Ibadah Ramadhan di Tengah Pandemi 

3 hikmah ramadhan di tengah pandemi

Gimana nih cara kalian beribadah pada bulan Ramadhan di Tengah Pandemi?

Kita sih pinginnya beribadah di masjid ya... seperti tahun-tahun sebelumnya. Tarawih bersama-sama, tadarus Al-Qur’an, buka puasa bersama-sama apalagi yang paling seru keliling bangunin orang sahur. Pasti seru banget kan bisa ketemu orang banyak dan mencari pahala bersama-sama. 

Tapi apa ditahun ini kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya? 

Seperti imbauan yang sudah diberikan, semenjak adanya pandemi ini semua orang diminta untuk berdiam diri di rumah saja, termasuk dalam menjalankan ibadah apalagi ibadah di bulan Ramadhan ini. Jika ingin keluar rumah harus me mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Banyak yang berharap pandemi ini segera berakhir agar semua orang bisa menjalankan aktivitas normal lagi. 

Gimana nih atas imbauan tersebut? Kalian mau menjalankan atau malah menyepelekan? 

Pastinya sih kita semua harus dan wajib banget untuk menjalankan imbauan yang udah ditentukan dong, walaupun terpaksa sih ya. Tapi mau gimana lagi coba, kalau kita semua tidak menjalankan imbauan yang diberikan maka pandemi ini tidak cepat berakhir. Padahal semua orang berharap dan berdoa setiap saat agar keadaan saat ini cepat pulih. 

Tapi adanya pandemi ditengah-tengah kita tidak melunturkan semangat dalam diri kita dong untuk berlomba-lomba dalam beribadah di bulan Ramadhan ini. Kita harus semangat dan bersabar dalam menjalankan ibadah Ramadhan di tengah pandemi ini. 

Beribadah di rumah, hm gimana nih pendapat kalian tentang imbauan tersebut?

Beribadah di rumah saja, para suami bisa menjadi imam solat untuk istri dan anak-anaknya, sehingga luar biasa banget nikmatnya. Bisa berjamaah walaupun dengan keluarga tidak masalah dan tidak mengurangi semangat kita untuk terus menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan di tengah pandemi sekarang ini. 

Pesan untuk para suami yang menjadi imam solat tetap membaca surat secara jelas dan benar.  Sama halnya dengan tadarus atau ibadah membaca Al-Quran yang sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing. Imbauan juga untuk masyarakat tidak melakukan kegiatan takbiran keliling, maupun pesantren kilat kecuali melalui media elektronik atau media sosial.

Hikmah Ramadhan di Tengah Pandemi

1. Lebih Khusyuk dalam Beribadah

Imbauan yang telah diberikan, misalnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah saja. Yang pastinya himbauan tersrbut diberikan untuk keselamatan masing-masing. Karena itu, umat muslim bisa semakin rajin dalam beribadah seperti imbauan yang telah diberikan bisa memudahkan untuk beribadah.

Saat puasa kita bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk rajin beribadah dan tidak tergesa-gesa. 

2. Lebih Banyak Bersedekah

Keadaan tersebut merupakan waktu yang tepat untuk kita memperbanyak pahala dengan bersedekah di bulan Ramadhan ini yang akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat. Karena itu orang yang bersedekah pahalanya 10 sampai 700 kali lipat sebat bersedekah adalah amalan yang baik. Bisa bersedekah untuk orang yang terdampak pandemi pada saat ini. 

3. Berkumpul Bersama Keluarga

Mungkin pada tahun lalu kita sering menghabiskan waktu di luar rumah dengan bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya. Tapi gimana untuk saat ini? Apakah masih sama dengan tahun kemarin? Seperti imbauan yang sudah diberikan agar beraktivitas dari rumah agar terjaga kesehatannya. Dengan kondisi seperti ini bahkan bisa mendekatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Jadi, kita semua bisa melaksanakan Ramadhan di tahun ini dengan bahagia dan lapang dada seperti tahun sebelmunya. Adanya Pandemi sekarang ini tidak menghambat semangat kita untuk menyambut dan beribadah di bulan suci ini. Apalagi setelah kita tahu hikmah apa yang dapat kita ambil dari Ramadhan di tengah Pandemi seperti sekarang ini.

Post a Comment

0 Comments