Mengapa Harus Puasa Ramadhan? Cari Jawabannya di Sini!

Mengapa Harus Puasa Ramadhan? Cari Jawabannya di Sini!

Mengapa Harus Puasa Ramadhan – Bulan Ramdhan merupakan Bulan yang Suci. Pada bulan ini, semua kebaikan yang dilakukan di bulan ini akan dilipat gandakan oleh Allah. Tapi pernahkah anda bertanya terkait sebenarnya mengapa sih harus puasa Ramadhan?

Puasa sendiri merupakan salah satu rukun Islam yang keempat yang mana hukumnya merupakan wajib (bila tidak berhalangan, dan bagi yang mampu. Jika berhalangan karena sesuatu hal harus mengganti di kemudian hari).

Sebelum membahas alasan alasan mengapa Puasa Ramadhan merupakan keharusan, yuk kita sama sama cari tahu tentang tujuan dari puasa itu sendiri.

Tujuan Melakukan Puasa Ramadhan

Menurut Al Quran, tujuan utama menjalankan Puasa Ramadan yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan melatih diri dalam  kebaikan. 

Tak hanya itu, melaksanakan puasa juga terbukti bisa untuk membersihkan tubuh dari toksin atau racun dan karena saat puasa kita harus menunda makan dan minum, maka hal ini membantu tubuh kita untuk memperbarui sel sel dalam tubuh dan juga untuk meningkatkan serta menghasilkan  energi akibat terbakarnya lemak tubuh. 

Harus anda ketahui, bahwa ternyata makanan berpengaruh pada otak dan emosi lho. Sehingga saat puasa kita akan terasa lebih tenang atau untuk menjernihkan pikiran, serta puasa juga bisa membantu kita dalam mengontrol diri. 

Puasa Ramadhan juga dilaksanakan untuk membedakan mana orang orang  kafir yang tidak mau mengikuti ajaran-Nya atau menaati perintah Allah SWT. Maka dari itulah, jika ada orang Islam yang tidak menjalankan puasa, maka orang tersebut sudah sama seperti orang yang kafir.

Dengan menjalankan puasa, kita jadi memperoleh banyak manfaat atau hikmah. Berikut ini beberapa  manfaat ataupun hikmah yang bisa kita dapatkan jika menjalani puasa dengan sungguh sungguh.

Hikmah Menjalankan Puasa 

1. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT

Hikmah menjalani puasa yang pertama adalah bisa meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Hikmah ini bahkan sudah tertera jelas dalam Quran Surat Al-Baqarah ayat 183. 

2. Bisa lebih qanaah

Qanaah merupakan rela atau menerima takdir yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan menjalani ibadah puasa ini maka akan muncul rasa syukur dan merasa cukup atas segala karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

3. Latihan dalam mengontrol hawa nafsu

Pelajaran dalam menjalani ibadah puasa yang selanjutnya adalah bisa mengontrol hawa nafsu. Puasa bisa menjadi benteng bagi diri kita untuk mencegah kegiatan maksiat.

4. Saling berbagi

Hikmah menjalani puasa yang selanjutnya adalah saling berbagi antar sesama manusia. Dengan menahan lapar dan juga haus seharian diharapkan akan memunculkan rasa empati pada diri sendiri sehingga peka terhadap sesama yang sedang membutuhkan.

5. Baik untuk kesehatan jasmani

Hikmah menjalani Puasa Ramadhan yang ke-lima adalah baik untuk kesehatan jasmani. Dengan menjalankan puasa maka kedekatan dengan Allah akan terpenuhi, selain itu secara jasmani menjalani puasa juga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita.

Nah itulah hikmah hikmah dalam menjalani ibadah puasa, sebenarnya masih ada bwanyakk sekali hikmah hikmah yang bisa kita ambil dalam mengerjakan ibadah ini. Nah setelah tahu hikmah yang bisa diambil, kita cari tahu yuk mengapa harus puasa Ramadhan? Apalagi di masa pandemi seperti ini yang mengharuskan kita menjaga imunitas tubuh. Hmm kira kira mengapa ya? Berikut alasan yang dilansir dari tagar.id.

Mengapa Harus Puasa Ramadhan? Cari Jawabannya di Sini!

Mengapa Harus Puasa Ramadhan?

1. Rukun Islam

Alasan mengapa seorang Muslim harus pusa yang pertama adalah karena puasa adalah Rukun Islam. Tidak “sempurna” Islam seseorang jika seseorang tersebut tidak menjalankan ibadah puasa.

2. Perintah Allah

Alasan mengapa harus Puasa Ramadhan yang kedua adalah dikarenakan Puasa Ramadhan adalah perintah dari Allah. Perintah untuk berpuasa sendiri sudah tertera jelas di dalam Al-Quran.

3. Sebagai tolak ukur keimanan

Keimanan seorang Muslim diukur dari keikhlasan dalam menjalani puasa. Hal ini sudah tertera dengan jelas di dalam Quran Surat Al-Baqarah 183.

4. Bulan penuh ampunan

Alasan mengapa kita harus puasa yang selanjutnya adalah karena di bulan yang satu ini merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Diriwayatkan dalam Hadist Bukhari dan Muslim, barang siapa yang menjalankan puasa dengan iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa dosa yang telah lalu.

5. Dibukakan pintu surga

Bagi seseorang yang puasa maka Allah akan dijanjikan surga. Hal ini sudah dimuat di dalam Hadist Bukhari dan Muslim.

6. Dijauhkan dari neraka

Sebagai umat Muslim tentu kita tidak ingin masuk neraka bukan? Orang orang yang berpuasa akan dijauhkan dengan api neraka. Hadist yang menerangkan adalah Hadist Bukhari dan Muslim.

7. Malam Lailatul Qadar

Salah satu malam yang paling istimewa di Bulan Ramadhan adalah adanya Malam Lailatul Qadar yakni ibadah yang dilakukan pada saat tersebut dilipatgandakan layaknya seribu bulan. Hmm siapa yang tidak mau?

Nah itulah mengapa puasa Ramadhan harus dilakukan. Sebenarnya masih ada banyak sekali alasan alasan yang lainnya. Mari kita sama sama melakukan puasa pada bulan Ramadhan agar mendapatkan pahala yang banyak. 

Post a Comment

0 Comments