Ternyata Begini Ketentuan Tahajud saat Ramadhan

Ternyata Begini Ketentuan Tahajud saat Ramadhan

Tahajud saat Ramadhan -  Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu tunggu oleh banyak orang dikarenakan dianggap bulan suci. Ngomong-ngomong tentang bulan Ramadhan apakah kalian tahu bahwa bulan Ramadhan itu bulan yang penuh keberkahan kita dapat mendapatkan pahala dengan berbuat kebaikan apapun itu?

Salah satu kebaikan di bulan Ramadhan yaitu dengan salat Tahajud. Nah mari kita simak bersama-sama tentang Sholat Tahajud saat Ramadhan.

Salat Tahajud Saat Ramadhan

Di bulan Ramadhankita melaksanakan ibadah puasa ramadhan  dan ibadah lainnya seperti Shalat Tarawih. Selain itu kita juga dianjurkan untuk melakukan ibadah sunnah lainnya seperti Shalat Dhuha, Shalat Tahajud, membaca Al -Qur’an, dan berzikir. 

Salat Tahajud adalah salat sunah yang didirikan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. 

Bolehkah Tahajud saat Ramadhan?

Tidak ada larangannya untuk melakukan salat tahajud saat Ramadhan. Para ulama-ulama telah memperbolehkan hal tersebut karena salat tahajud dan salat malam tidak dibatasi oleh Tarawih. 

Adapun terkait teknis pelaksanaanya salat tahajud bisa dilakukan sesudah Tarawih dan Witir di mana dalam kondisi demikian salat witir tak perlu dikakukan lagi atau bisa pula dilakukan dengan witir diakhiri sesudah salat tahajud. 

Hukum Salat Tahajud di Bulan Ramadhan 

Hukum salat tahajud yaitu Sunnah Mu’akad atau sunnah yang ditekankan.  Berdasarkan penjelasan dari ilmu Ushul Fiqh, sunnah muakkad adalah suatu amalan sunnah yang dilakukan untuk menyempurnakan suatu ibadah wajib dan dianjurkan dilakukan sebab tingkatannya hampir mendekati ibadah wajib. 

Waktu Salat Tahajud saat Ramadhan

Ibadah yang dapat dilaksanakan saat bulan Ramadan adalah sholat Tahajud. Sholat tahajud sewajarnya dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu Sholat Isya' hingga masuk waktu Sholat Subuh. 

Diantara ayat yang menjadi peringatan untuk melaksanakan salat Tahajud yaitu Alquran Surat Al Isra ayat 79 yang berbunyi, "Seharusnya engkau gunakan secuil waktu malam itu untuk salat Tahajud, menjadi salat sunnah untuk dirimu sendiri, semoga Tuhan akan meningkatkan engkau menjadi  yang lebih  baik”. 

Salat Tahajud ditandai saat umat Muslim terbangun di waktu tidur malam. Jadi, kapan waktu terbaik salat Tahajud?

Ternyata Begini Ketentuan Tahajud saat Ramadhan

1. Sepetiga Malam yang Pertama

Salat Tahajud dapat dilaksanakan menjelang sepertiga malam pertama. Waktu itu terjadi selepas salat Isya hingga pukul 22.00 WIB. Akan tetapi, untuk pengerjaanya harus diawali dengan tidur terlebih dahulu.

2. Sepertiga Malam yang Kedua

Sepertiga malam yang kedua menjadikan waktu utama mengerjakan salat Tahajud. Waktu sepertiga malam terjadi pada waktu 22.00 hingga 01.00 WIB. Waktu salat Tahajud ini memang sulit diterapkan. karena, kebanyakan orang tidak bisa bangun di waktu tersebut. pada waktu ini dipercaya memiliki keiistimewaan besar yang akan didapatkan.

3. Sepertiga Malam yang Terakhir

Menjalankan salat sunnah pada sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang paling utama. Jika rentang, waktu sepertiga malam terakhir itu antara pukul 01.00 WIB hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Diriwayatkan oleh  Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan:

"Pada saat malam Allah SWT turun ke dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata," Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Apakah ada hamba-Ku yang berdoa hingga aku pasti akan mengabulkan doanya? Apakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”.

Cara Salat Tahajud saat Ramadhan

Ramadan adalah bulan penuh rahmat dan berkah. Di dalam firman-Nya, Allah meniatkan umat muslim akan mendapatkan pahala yang tak kunjung jika dikerjakan amalan dan ibadah selama Ramadan. 

Contoh ibadah yang dapat dilaksanakan saat bulan Ramadan adalah salat Tahajud. Biarpun termasuk sebagai ibadah sunnah, akan tetapi dengan menjalankan tata cara dan niat yang bersungguh-sungguh untuk menantikan ridho Allah SWT maka sholat tahajud akan memberikan pahala yang berlimpah. 

Batas Salat Tahajud saat Ramadhan

Salat tahajud sebenarnya dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu sholat isya’ hingga masuk waktu sholat subuh. Akan tetapi, waktu yang baik bagi umat muslim untuk menjalankannya adalah sepertiga malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.  

Salat Tahajud telah menjadi satu amalan yang bisa dilakukan selama bulan  Ramadan. Allah SWT. Telah menjanjikan keringanan bagi orang-orang yang  menjalankan salat Tahajud.  contohnya, Allah akan memberikan jalan terbaik di dunia dan akhirat. 

Tata Cara Salat Tahajud saat Bulan Ramadhan

  • Niat sholat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan dengan sholat sunnah malam lainnya. Dibawah ini merupakan niat Salat Tahajud.

Usholli sunnatat-tahujjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa

       Artinya:

      “Aku niat sholat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala” 

  • Melakukan takbiratul ihram dan doa iftitah
  • Membaca Surat Al-Fatihah
  •  Membaca surat pendek
  •  Rukuk dengan tumakninah
  •  I’tidal
  • Sujud
  •  Duduk di antara dua sujud
  • Sujud
  • Mengulang gerakan seperti rakaat pertama
  • Takhiyat akhir
  • Salam

Kesimpulan

Nah kalian semua sudah tahu kan pentingnya Salat Tahajud di Bulan Ramadhan ini sebenarnya salat tahajud ini hukumnya sunnah (dikerjakan mendapatkan pahala tidak dikerjakan pun tidak mendapatkan dosa), maka dari itu mari kita berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak pahala di Bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini. Demikian artikel yang telah saya buat semoga dapat bermanfaat bagi kita semua amin


Post a Comment

0 Comments