Ternyata Begini Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, Jangan Sampai Salah!

Ternyata Begini Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, Jangan Sampai Salah!

Sholat Hajat Khusus Rejeki – Rejeki merupakan suatu pemberian yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. Rejeki yang diberikan oleh Allah kepada umatnya juga beragam mulai dari makanan, pakaian, kebahagiaan maupun dalam bentuk uang maupun jabatan.

Saat ini, uang dan jabatan menjadi “tolak ukur” banyaknya rejeki yang diberikan oleh Allah kepada hambanya. Padahal, seperti yang sudah disinggung di atas jika rejeki tak hanya berupa jabatan dan uang saja.

Selama seorang hamba masih hidup di dunia ini maka Allah menetapkan dan mencukupkan rezekinya. Tetapi perlu digaris bawahi jika rejeki tersebut tidak serta merta datang dengan duduk diam berpangku tangan saja.

Seorang hamba harus berusaha menjemput rejekinya dan jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Sang Kuasa, salah satu berdoa untuk meminta rejeki adalah dengan melakukan Sholat Hajat Khusus Rejeki. 

Namun sebelum membahas mengenai Sholat Hajat untuk Rejeki lebih lanjut, mari kita ketahui secara bersama sama ketetapan rejeki yang telah diberikan oleh Allah.

Baca Juga : Sholat Tahajud dan Hajat

Ketetapan Rejeki yang Diberikan Allah

1. Allah telah menjamin rejeki hambanya

Seperti yang telah disebutkan di atas jika Allah telah menjamin rejeki yang diterima oleh hambanya. Segala hal yang dibutuhkan oleh manusia di bumi ini akan diberikan oleh Allah selagi hambanya mau berdoa dan mau berusaha.

2. Rejeki diperoleh karena sebuah usaha

Selain senantiasa berdoa kepada Allah, kita juga harus berusaha untuk “menjemput” rejeki yang telah ditetapkan Allah kepada kita. Ketentuan ini bahkan sudah tertera jelas di Al-Quran Surah An Najm ayat 39.

3. Rejeki diperoleh dikarenakan bersyukur

Allah menyukai dan selalu dekat dengan orang yang bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah. Bersyukur merupakan sesuatu yang tidak boleh dilupakan oleh hambanya, karena dengan bersyukur maka Allah akan menambahkan banyak kenikmatan padanya.

4. Rejeki datang dari arah yang tidak disangka sangka

Datangnya rejeki juga tidak bisa kita duga duga hadirnya akan melalui perantara apa karena semua hal ini sifatnya rahasia. Ketentuan ini sudah tertera dengan jelas di dalam Surat At Thalaq ayat 2 di dalam Al Quran.

5. Rejeki diperoleh dari bersedekah

Sedekah merupakan sesuatu yang mulai dan bernilai besar pahalanya. Orang orang rajin berbagi dan rutin memberi kepada sesama Umat Muslim yang membutuhkan akan mendapatkan keridaan dari Allah dan Allah datangkan kepadanya harta harta yang lainnya.

Nah itulah ketentuan atas rejeki yang diberikan Allah kepada kita. Nah di bawah ini, mari kita sama sama bahas sholat hajat khusus untuk rejeki. Simak terus ya!

Ternyata Begini Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, Jangan Sampai Salah!

Pengertian Sholat Hajat Khusus Untuk Rejeki

Sholat Hajat Khusus Rejeki merupakan salah satu ibadah sunnah malam yang bisa dikerjakan oleh Umat Muslim untuk memohon banyak rezeki dan rahmat Allah SWT. Menunaikan sholat hajat sendiri sangatlah dianjurkan bagi siapa saja yang memiliki keinginan ataupun hajat, agar dapat segera dikabulkan oleh Allah. 

Kapan Waktu Sholat Hajat Khusus Rejeki?

Untuk masalah waktu yang dilakukan pada sholat hajat sendiri tidak ada ketentuan khususnya. Sholat hajat bisa dilakukan kapan saja baik pagi, malam, sore, maupun siang hari selain pada waktu waktu yang tidak diperbolehkan untuk sholat seperti

  1. Terbitnya fajar ke dua hingga terbitnya matahari
  2. Terbitnya matahari hingga matahari naik sepenggalah
  3. Saat matahari tepat di tengah tengah hingga terlihat condong
  4. Mulai sholat ashar hingga matahari tenggelam
  5. Ketika matahari menjelang tenggelam hingga matahari benar benar tenggelam

Niat dan Jumlah Rakaat Sholat Hajat Khusus Rejeki

Jumlah rakaat sholat hajat khusus untuk rejeki umumnya dilakukan 2 rakaat, namun Imam Ghazali dalam kitabnya berpendapat bahwasannya sholat hajat bisa dilakukan sampai 12 rakaat.

Bagaimana untuk niatnya? Niat Sholat Hajat Khusus Rejeki adalah 

Ternyata Begini Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, Jangan Sampai Salah!

Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki

  • Niat
  • Takhbirotul ikhram, berdiri bagi orang yang mampu
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al Fathiah
  • Membaca Surat yang ada di dalam Al-Quran (Disarankan rakaat pertama Surat Al Kafirun sebanyak 3 kali dan rakaat kedua Sholat Ath Tholaq 2-3 sebanyak 25 kali)
  • Rukuk dengan tuma’ninah
  • Itidal dengan benar
  • Sujud dengan benar
  • Duduk diantara dua sujud dengan benar 
  • Sujud kedua dengan benar
  • Berdiri untuk melaksanakan rakaat ke dua 
  • Lakukan gerakan rakaat pertama
  • Tahyat akhir 
  • Salam

Doa Sholat Hajat Khusus Untuk Rejeki

Ternyata Begini Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, Jangan Sampai Salah!

Nah dari uraian di atas tentu saja kita jadi tahu jika sebagai hambanya, tentu kita sudah memilikii “porsi” rejeki masing masing. Alangkah baiknya untuk tidak menghalalkan segala cara dalam mendapatkan rejeki yang sudah “ditakar” oleh Allah. 

Mari kita sama sama menjemput rejeki kita dengan cara tetap berusaha dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. 

Post a Comment

0 Comments