Sholat Tahajud dan Hajat, 2 Sholat Sunnah yang Kerap Dianggap Sama

Sholat Tahajud dan Hajat, 2 Sholat Sunnah yang Kerap Dianggap Sama

Sholat Tahajud dan Hajat – Sebagai Umat Muslim yang bertakwa tentu saja kita tahu jika sholat terbagi menjadi dua yakni sholat wajib dan juga sholat sunah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sholat sunnah khususnya sholat tahajud dan sholat hajat.

Kedua sholat yang satu ini tentu saja memiliki perbedaan meskipun kebanyakan orang sering menyamaartikan kedua sholat sunnah yang satu ini. Meskipun sama sama tergolong ke dalam sholat sunah, berikut ini beberapa perbedaan dari sholat sunnah tahajud dan sholat sunan hajat. Simak selengkapnya hanya pada artikel ini!

Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Hajat

Sholat Hajat merupakan sholat yang dikhususkan pada ibadah dan doa untuk meminta pengabulan hajat, sedangkan sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan disepertiga malam akhir. Selain perbedaan tersebut, ada juga perbedaan perbedaan lainnya terkait sholat sunnah yang satu ini, berikut perbedaan sholat tahajud dan sholat hajat yang perlu anda ketahui.

1. Ayat tentang pelaksanaan sholat tahajud dan sholat hajat

Keutamaan sholat tahajud terdapat di dalam Al-Quran lebih tepatnya disebutkan di QS. Adz Dzariyat: 15-18 yang intinya menyebutkan jika orang yang bertakwa berada di dalam taman surga dengan mata mata air, sambil menerima pemberian Rabb mereka. Sebelum itu, di dunia mereka adalah orang yang sedikit sekali tidur di malam hari serta memohon ampunan di kala fajar.

2. Hadist tentang keutamaan sholat tahajud

Selain terdapat ayat yang menjelaskan tentang kedua sholat ini, terdapat juga hadist tentang keutamaan sholat tahajud yang mana terdapat di HR. Ahmad, dengan Sanad Shahih yang intinya tentang barang siapa yang berwudhu dengan wudhu yang tepat kemudian menunaikan sholat rakaat dan meminta sesuatu kepada Allah maka Allah akan memberikannya segera atau tertangguhkan.

3. Jumlah rakaat sholat tahajud dan sholat hajat

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang bisa dilakukan sebanyak 12 rakaat bisa dengan cara dua rakaat lalu salam atau dengan empat rakaat lalu salam. Berbeda dengan sholat tahajud, sholat hajat dilaksanakan hanya 2 rakaat saja.

4. Waktu pelaksanaan sholat keduanya

Sholat tahajud merupakan sholat yang harus dilakukan pada malam hari yakni setelah sholat isya hingga menjelang fajar subuh sedangkan sholat hajat merupakan sholat yang bisa dilaksanakan kapan saja selama waktu tersebut bukanlah waktu dilarangnya sholat secara umum.

5. Tujuan pelaksanaan sholat tahajud dan sholat hajat

Tujuan dilaksanakan kedua sholat sunnah ini tentu saja berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tujuan sholat tahajud lebih umum dan merupakan bentuk penghambaan kepada Allah. Anda bisa meminta apapun selama sholat tahajud. 

Sedangkan sholat hajat merupakan rangkaian ibadah yang lebih khusus, sering diartikan sebagai sholat istikhoroh atau sholat untuk memohon petunjuk baik untuk diri sendiri, keluarga ataupun orang orang terdekat.

Secara garis besar, itulah perbedaan antara sholat tahajud dan sholat hajat. Untuk pelaksanaan sholatnya sendiri bagaimana? Apakah ada perbedaan selain perbedaan perbedaan di atas. Cari tahu jawabannya hanya dengan membaca artikel ini hingga selesai. 

Sholat Tahajud dan Hajat, 2 Sholat Sunnah yang Kerap Dianggap Sama

Tata Cara Sholat Tahajud

  • Niat Sholat Tahajud
  • Melakukan takhbirotul ikhram yang mana setelah itu membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca suratan yang ada di Al-Quran, Rosul menyarankan memilih surat surat yang memiliki jumlah bacaan yang panjang.
  • Rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa rukuk
  • I’tidal dengan tuma’ninah yang dilanjutkan dengan membaca doa i’tidal
  • Sujud dengan benar sambil membaca doa sujud
  • Duduk di antara dua sujud dengan membaca doa iftirasy
  • Sujud yang kedua dengan membaca doa sujud
  • Mengulang gerakan pada rakaat yang pertama
  • Pada tahyat akhir membaca doa takhyat akhir
  • Melakukan gerakan salam
  • Setelah salam, disunahkan untuk membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar serta membaca bacaan sholat tahajud.

Nah itulah tata cara sholat tahajud 2 rakaat, namun jika ingin melakukan sholat tahajud dengan 4 rakaat maka pada saat rakaat kedua, membaca doa tahyat awal tidak perlu salam dan dilanjut 2 rakaat berikutnya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Sholat Gerhana Bulan

Tata Cara Sholat Hajat

Untuk tata cara sholat hajat sebenarnya sama saja dengan sholat tahajud, yang membedakan hanya pada jumlah rekaatnya saja yang mana jumlah rakaat dari sholat hajat hanya berjumlah dua. Setelah sholat selesaipun doa yang dilafadzkan berbeda dari pada sholat tahajud. 

Nah dari uraian ini tentu saja kita jadi tahu perbedaan antara keduanya bukan? Mari berlomba lomba dalam kebaikan untuk sama sama menuju Surga Allah. 

Post a Comment

0 Comments