Doa Setelah Shalat Gerhana Bulan, Cek Disini!


Doa Setelah Shalat Gerhana Bulan - Seperti istilahnya yakni dibaca setelah melaksanakan shalat Gerhana Bulan. Gambar di atas adalah doa yang umumnya dibaca setelah shalat gerhana bulan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini kami berikan sedikit ulasan tentang shalat gerhana bulan.

Gerhana Bulan


Gerhana bulan adalah salah satu fenomena yang terkadang membuat kita terngaga saking indahnya. Banyak orang yang rela untuk meluangkan waktunya demi melihat fenomena alam ini, walaupun terkadang tak jarang fenomena ini terjadi pada dini hari. 

Gerhana bulan sendiri memiliki beberapa versi seperti gerhana bulan supermoon, bloodmoon hingga blue moon. Terjadinya fenomena ini merupakan salah satu wujud kebesaran Allah SWT. Manusia hanya mampu memprediksinya saja.

Sebagai Umat Muslim, tentu kita tahu jika terjadi Gerhana Bulan, sangat dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan. 

Apa Itu Shalat Gerhana Bulan?


Shalat Gerhana Bulan adalah shalat yang dilaksanakan ketika terjadi gerhana bulan. Jumlah rakaatnya sendiri biasanya adalah 2 rakaat. Dikutip dari liputan6.com, shalat gerhana bulan merupakan sholat yang termasuk ke dalam amalan sunnah muakkad.

Shalat Gerhana Bulan tentu dilaksanakan dengan maksud dan tujuan bukan? Berikut ini keutamaan shalat gerhana bulan dikutip dari berbagai sumber. 

Keutamaan Shalat Gerhana Bulan


1. Senantiasa mengingat kekuasaan Allah

Keutamaan melakukan sholat gerhana bulan yang pertama adalah senantiasa mengingat kekuasaan yang dimiliki oleh Allah. Ketika fenomena ini terjadi, kita akan melihat Maha Besar kekuasaan Allah sehingga mampu menggerakkan tata surya dan terjadi gerhana bulan maupun matahari.

2. Timbulnya rasa takut pada diri manusia

Dengan adanya gerhana bulan ini sudah sewajarnya orang yang beriman akan merasa takut serta menunjukkannya dengan segera bertaubat dan beribadah di jalan Allah serta senantiasa berbuat kebaikan.

3. Kesempatan untuk segera beramal sholeh

Sebagai utusan dari Allah, Nabi Muhammad SAW senantiasa memberikan suri tauladan yang baik dan sangat sangat menganjurkan untuk segera berbuat kebaikan. Dengan terjadinya gerhana bulan ini, orang mukmin mempunyai kesempatan untuk membuktikan keimanannya.

4. Mendatangkan ridha dan ampunan Allah

Keutamaan Sholat gerhana jika segera dilakukan tentu saja akan mendatangkan ridha Allah. Bersegera menjalankan ibadah sholat sunnah gerhana juga menununjukan kecintaan kita kepada Allah. 

Nah itulah keutamaan ketika kita menjalankan ibadah sholat sunnah gerhana bulan dengan hati yang ikhlas dan tidak merasa terbebani. Nah untuk sholat gerhana bulan sendiri tentu saja harus niat terlebih dahulu dong? Berikut ini niat yang harus dibaca ketika ingin melakukan sholat gerhana bulan.

Niat Shalat Gerhana Bulan



Setelah mengetahui niatnya, mari kita sama sama bahas tentang bagaimana sih tata caranya? Berikut ini tata cara sholat sunnah gerhana bulan, simak penelusurannya!

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan


1. Niat

Bacaan niat telah tertera di atas, untuk niat ini dibaca di dalam hati dan dilakukan ketika kita sedang melaksanakan takbiratul ikhram. Baca niat dengan sungguh sungguh serta jangan sampai salah.

2. Mengucap takbir

Mengucap takbir ini juga dibarengi dengan membaca niat yang khusyuk dan benar di dalam hati. Selain membaca niat, mengucap takbir ini juga dibarengi dengan gerakan takbirotul ikhram.

3. Mengucap taawudz dan membaca surat Al-Fatihah diikuti Surat Al-Baqarah

Setelah gerakan takbirotul ikhram selesai maka anda harus membaca taawudz, diikuti surat Al-Fatihah dan disertai dengan Surat Al-Baqarah. Selama pembacaan surat ini sebaiknya dibaca secara lantang. 

4. Rukuk

Di gerakan rukuk ini kita membaca tasbih selama membaca 100 surah Al-Baqarah.

5. Itidal

Pada gerakan yang satu ini, kita bukan membaca gerakan itidal akan tetapi membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca Surah Ali Imran atau selama surat yang tersebut.

6. Rukuk

Bacaan rukuk ini tidak membaca bacaan rukuk biasanya melainkan membaca tasbih selama membaca 80 ayat Surat Al-Baqarah.

7. Itidal

Tak seperti itidal yang pertama, pada itidal ini membaca bacaan itidal seperti biasanya.

8. Sujud

Di dalam sujud, kita membaca tasbih selama membaca tasbih pada rukuk pertama

9. Duduk di antara dua sujud

Untuk bacaannya sendiri seperti bacaan pada sholat biasanya.

10. Sujud kedua

Untuk sujud kedua ini bacaannya seperti pada sujud yang pertama tadi.

11. Rakaat kedua

Pengerjaan rakaat kedua ini dilakukan dengan gerakkan yang sama dengan rakaat pertama, namun pada rakaat kedua ini pada diri pertama kita dianjurkan untuk membaca Surah An-Nisa sedangkan pada diri kedua dianjurkan untuk membaca Surah Al-Maidah.

12. Salam

Membaca salam seperti biasanya.

13. Khutbah

Khutbah ini dilakukan oleh imam atau orang yang memiliki wewenang menyampaikan dua khutbah pada shalat sunah gerhana bulan isinya agar jamaah beristigfar, semakin takwa kepada Allah, bertaubat, sedekah, serta kebaikan kebaikan yang lainnya.


Nah itulah pembahasan kali ini tentang serba seri sholat gerhana bulan. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini, bisa bermanfaat dikemudian hari. 

Post a Comment

0 Comments