Ini List Persiapan Ramadhan, Jangan Lupa Dicatat!

Ini List Persiapan Ramadhan, Jangan Lupa Dicatat!

Persiapan Ramadhan – Sebagai Umat Muslim, tentu kita merasa senang akan datangnya bulan Puasa bukan? Bulan Ramadhan adalah bulan ke sembilan dalam penanggalan hijriyah yang oleh Umat Muslim dipercaya sebagai pahala yang dilipatgandakan dan bulan penuh berkah.

Pada bulan yang suci ini pula, para Umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah selama satu bulan penuh sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah SWT. Untuk menyambut Bulan yang Suci ini, ada sebagian besar orang yang mempersiapkan beberapa hal, kira kira apa saja ya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Persiapan Ramadhan

1. Bertaubat

Manusia merupakan mahluk yang tidak luput dari dosa bukan? Tidak ada salahnya untuk bertaubat kepada Allah untuk menyambut datangnya Bulan Suci. Momentum Ramadhan ini sangat cocok untuk anda yang ingin memperkuat iman dan menghapus segala dosa dosa yang telah dilakukan di masa lampau.

2. Memperkuat iman

Persiapan iman yang ke dua adalah memperkuat iman. Persiapan keimanan bisa dilakukan dengan tidak melakukan kegiatan kegiatan yang buruk serta menyeleweng dari aturan serta semakin mendekatkan kepada Allah SWT.

3. Persiapan fisik serta jasmani untuk hadapi puasa

Persiapkan fisik anda sebaik mungkin, tentu saja anda tidak akan mau jika tiba tiba saat anda sedang menjalani ibadah Puasa kita jatuh sakit. Jaga kondisi fisik dengan tidak melakukan kebiasaan buruk serta mengonsumsi suplemen jika diperlukan.

4. Memperbanyak belajar Al-Quran

Membaca Kitab Suci Al-Quran merupakan sesuatu yang penting apalagi jika kita membaca Al-Quran di Bulan Suci Ramadhan pahala yang diterima akan berlipat ganda. Sebelum Ramadhan juga merupakan momentum yang tepat jika anda ingin belajar memperdalam Al-Quran.

5. Persiapan amal dan materi

Hal yang tidak boleh luput adalah mempersiapkan amal dan materi. Persiapkan juga kebutuhan kebutuhan yang nantinya mungkin diperlukan dalam mengerjakan ibadah yang satu ini dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian rizki kita untuk beramal dan untuk berzakat.

Ini List Persiapan Ramadhan, Jangan Lupa Dicatat!


6. Membayar hutang puasa tahun lalu

Nah, yang juga tidak boleh ketinggalan sebelum datangnya bulan puasa adalah membayar atau mengganti hutang puasa yang terjadi di tahun lalu. Jika tahun lalu ada yang bolong, usahakan untuk menggantinya sebelum bertemu dengan Ramadhan berikutnya agar tidak menumpuk.

7. Bersih bersih lingkungan sekitar

Kebersihan merupakan sebagian dari iman betul? Dengan membersihkan rumah, lingkungan sekitar serta membersihkan masjid merupakan kegiatan yang baik yang mampu dilakukan sebelum menghadapi bulan Ramadhan. 

8. Mengubah pola tidur

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengubah pola tidur. Jika anda merupakan orang yang sangat hobi begadang, tentu hal ini tidak bisa dilakukan saat Bulan Puasa sebab pada Bulan Puasa kita ada Sahur yang dilakukan pada jam jam pagi sebelum adzan subuh.

9. Bersyukur akan adanya Bulan Ramadhan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk menyambut adanya Bulan Ramadhan adalah bersyukur akan adanya Bulan Ramadhan ini sebab Bulan Ramadhan seperti yang sudah kita ketahui bersama jika Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan pahala yang berlimpah.

10. Mempersiapkan kebutuhan sehari hari

Kebutuhan sembako untuk keperluan buka puasa serta sahur juga tidak boleh ketinggalan. Selain itu, persiapkan juga kebutuhan kebutuhan seperti perlengkapan ibadah dan yang lainnya untuk menyambut Bulan Ramadhan.

Baca Juga : Tradisi Ramadhan di Indonesia

Ngomong ngomong tentang mempersiapkan peralatan sholat, anda bisa membeli peralatan sholat kepada kami karena kami menjual sajadah anti manstream yakni sajadah mini. Sajadah ini juga bisa kami sulap untuk dibuat sebagai souvenir cantik untuk hari raya loh. Pemesanan bisa dilakukan melalui nomor CS yang tertera serta bisa juga dibeli melalui marketplace.

Hmm, sejatinya dengan adanya Bulan Ramadhan ini kita harus berlomba lomba dalam kebaikan serta menjauhi segala  hal yang bersifat buruk. 

Post a Comment

0 Comments