Jangan Sampai Salah, Ini Dia Doa Setelah Sholat Tasbih

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Doa Setelah Sholat Tasbih

Doa Setelah Sholat Tasbih  - Tahukah Anda apa itu sholat tasbih? Shalat tasbih merupakan shalat sunnah yang bisa dilakukan kapan saja baik itu siang hari, sore hari hingga malam hari. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa shalat tasbihlah sekali sumur hidup sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah.

Shalat tasbih terdiri dari 4 rakaat yang bisa dilakukan satu kali salam maupun dibaut dua kali salam. Nah untuk mengenal lebih dalam mengenai shalat ini, mari kita cari tahu apa saja keutamaan mengerjakan shalat tasbih.

Keutamaan Shalat Tasbih

1. Memberikan timbangan amal baik di akhirat

Manfaat dan juga keistimewaan shalat tasbih yang pertama adalah memberikan timbangan amal baik di akhirat. Ibadah yang dikerjakan di dunia tentu saja akan di hisab di akhirat kelak jika kita rajin membaca tasbih maka amalan kita pun menjadi berat dengan amalan yang baik.

2. Kalimat terbaik di sisi Allah SWT

Tasbih merupakan kalimat yang terbaik di sisi Allah SWT. Satu kali Rosull pernah ditanya oleh para sahabat terkait kalimat apa yang paling baik di sisi Allah, beliau menjawab kalimat tasbih merupakan kalimat terbaik di sisi Allah SWT.

3. Memiliki tabungan berupa kebun kurma di surga

Siapa yang tidak ingin berada di surga? Kita semuanya pasti ingin bukan? Dengan mengerjakan shalat tasbih maka sama saja kita sudah memiliki tabungan berupa kebun kurma yang berada di surga.

4. Menghapus dosa

Manusia adalah tempatnya dosa betul? Kita pasti pernah melakukan kesalahan baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Dengan melakukan shalat tasbih ini kita bisa menghapuskan dosa dosa yang kita perbuat selama di dunia.

5. Mengikuti ajaran Rosul

Rosululloh SAW tentu saja merupakan suri tauladan yang baik sehingga segala kegiatannya disebut dengan sunnah. Di dalam sebuah hadist, Rosull pernah mengingatkan untuk mengerjakan shalat tasbih meskipun sekali dalam seumur hidup.

Banyak juga bukan keutamaan keutamaan mengerjakan shalat tasbih. Nah keutamaan keutamaan ini akan di dapatkan ketika kita tahu tata cara untuk melakukan sholat sunnah tasbih ini. Berikut ini langkah langkah atau tata cara untuk melakukan ibadah shalat sunnah tasbih.

Tata Cara dan Niat Melakukan Shalat Sunah Tasbih 

Niat Shalat Sunah Tasbih

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Doa Setelah Sholat Tasbih

Tata Cara Melakukan Shalat Sunah Tasbih

  1. Membaca niat dengan khusyuk dan benar
  2. Takbirotul ikhram
  3. Membaca tasbih sejumlah 15 kali
  4. Membaca Surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat suratan pendek (suratan pendek yang disarankan beberapa diantaranya adalah Al-Hadid, Al-Hasyr, As-Shaf, dan At-Taghabun. Selain itu, surat Az-Zalzalah, Al-‘Adiyat, At-Takatsur, serta Al-Ikhlas.
  6. Membaca bacaan tasbih sejumlah 10 kali
  7. Rukuk dengan tuma’ninah
  8. Sebelum bangun dari rukuk bacalah bacaan tasbih sejumlah 10 kali
  9. I’tidal dan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali
  10. Sujud dan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali
  11. Duduk di antara dua sujud dilanjut bacaan tasbih 10 kali
  12. Sujud dan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali
  13. Bangun untuk melakukan rakaat kedua
  14. Rakat kedua ketentuannya sama seperti rakaat pertama
  15. Duduk tahyat dan salam

Nah setelah salam, ada doa yang dibaca setelah sholat tasbih. Doa apakah itu? Di bawah ini pelafalan doa setelah shalat tasbih.

Doa Setelah Shalat Tasbih

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Doa Setelah Sholat Tasbih

Nah dengan adanya uraian ini tentu saja Anda jadi lebih tahu dan semoga uraian ini bermanfaat untuk Anda di kemudian hari ya.

Post a Comment

0 Comments