Ini Dia Doa Sholat Tasbih, Jangan Sampai Salah!

Ini Dia Doa Sholat Tasbih, Jangan Sampai Salah!

Doa Sholat Tasbih – Sebagai Umat Islam, sholat merupakan tiang agama. Sementara itu, sholat dibagi menjadi sholat wajib dan sholat sunnah. Untuk sholat wajib sendiri yang kita lakukan sehari 5 kali, sedangkan sholat sunnah seperti tahajud atau dhuha, salah satu contoh sholaty sunnah lainnya yaitu sholat tasbih.

Apa itu Sholat Tasbih?

Pernahkah anda mendengar tentang Sholat Tasbih? Sholat tasbih adalah salah satu ibadah yang termasuk sholat sunnah yang dapat dilaksanakan kapan pun, baik siang ataupun malam. Sholat tasbih terdiri dari 4 rakaat yang dapat dilaksanakan dengan satu kali salam ataupun dua kali salam. Mari kita bahas secara rinci mengenai sholat tasbih, yang terdiri dari niat, tata cara, doa serta manfaat sholat tasbih.

Baca Juga : Sholat Hajat Khusus Untuk Rejeki

Niat Sholat Tasbih

Ketika anda hendak melakukan sholat tasbih, pastinya harus membaca niat terlebih dahulu. Berikut niat sholat tasbih :

Ini Dia Doa Sholat Tasbih, Jangan Sampai Salah!

Artinya : “Saya niat melaksanakan sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Cara mengerjakan sholat tasbih sama seperti sholat lainnya. Yang berbeda hanya pada niat dan bacaan tasbih yang terdapat di dalamnya.

Tata Cara Sholat Tasbih

  1. Berdiri ke arah kiblat dengan diiringi membaca niat dalam hati untuk melakukan sholat tasbih karena Allah semata.
  2. Takbiratul Ihram seraya mengucap “Allahu Akbar”. Selanjutnya, membaca doa iftitah serta surat Al-Fatihah disambung dengan membaca salah satu surat pendek dalam Al-Qur’an. Setelah itu, baca kalimat tasbih sholat tasbih sebanyak 15 kali kemudian rukuk.
  3.  Rukuk. Setelah membaca kalimat rukuk, lalu membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali kemudian i’tidal.
  4. I’tidal diikuti dengan bacaan i’tidal lalu membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali kemudian i’tidal 10 kali kemudian i’tidal.
  5.  Sujud diiringi dengan membaca kalimat sujud dan membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali. Kemudian duduk diantara dua sujud.
  6. Duduk diantara dua sujud diiringi dengan membaca doa duduk diantara dua sujud disambung dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali. Kemudian sujud yang kedua.
  7. Sujud kedua dengan membaca kalimat sujud disambung dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali. Kemudian berdiri untuk rakaat kedua. Sebelum berdiri, hendaknya duduk istirahat dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  8. Kemudian lakukan rakaat selanjutnya seperti cara di atas. Setiap rakaat terdapat 75 bacaan tasbih. Sehingga dalam empat rakaat akan terdiri dari 300 kalimat tasbih.

Doa Sholat Tasbih

Ketika sudah memberi salam dan sholat selesai, kamu dapat melanjutkan pembacaan doa sholat tasbih. Sehabis sholat tasbih, anda biisa membaca doa tasbih berikut ini :

Ini Dia Doa Sholat Tasbih, Jangan Sampai Salah!


Manfaat Sholat Tasbih

Sebelum kami menjelaskan manfaat sholat tasbih, kami akan memberi tahu jika hukum sholat tasbih adalah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat ini memiliki banyak manfaat diantaranya :

Memberatkan timbangan amal baik di akhirat

Manfaat sholat tasbih yang utama adalah memberatkan timbangan amal baik kelak di akhirat nanti. Sholat yang rajin diamalkan selama didunia tentunya akan dihisab di akhirat kelak. Apalagi diiringi membaca tasbih secara rutin maka timbangan amal baik kamu akan diberatkan.

 Memiliki tabungan berupa kebun kurma di surga

Seperti layaknya orang yang memiliki perkebunan di dunia, dan sang pemiliknya cukup memetik hasil keuntungannya saja, maka demikian juga apabila kita rajin melaksanakan sholat tasbih. Kelak akan diberikan sebatang pohon kurma ketika hendak membaca kalimat tasbih.

 Senjata ketika menghadapi krisis pangan di akhir zaman

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih selanjutnya adalah dapat dijadikan senjata ketika menghadapi krisis pangan di akhir zaman. Ketika di akhir zaman kelak, kalimat tasbih diibaratkan sebagai makanan yang menyehatkan dan bergizi bagi umat islam.

 Menghapus dosa yang banyak

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih menurut hadits Bukhari dan Muslim yang menyatakan bahwa “Barang siapa yang mengucapkan kalimat tasbih akan dihapus dosanya yang jumlahnya diumpamakan seperti buih di lautan.”

Demikian doa, tata cara dan niat sholat tasbih. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga Allah SWT selalu memberi berkah untuk kita semua.



Post a Comment

0 Comments