Jangan Sampai Salah! Nih Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud

Jangan Sampai Salah! Nih Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud


Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud – Sebagai Umat Muslim tentu saja kita harus “mengenal” agama kita sendiri. Salah satunya adalah dengan mempelajari apa kewajiban kewajiban yang harus dilakukan dan apa yang menjadi sunah.

Salah satu ibadah sunah yang banyak orang kurang membedakan adalah shalat hajat dan shalat tahajud. Ya, masih banyak orang yang yang kurang mengetahui perbedaan shalat hajat dan tahajud dan justru menganggap kedua shalat ini sama. Orang orang menganggap kedua shalat ini sama dikarenakan umumnya jika orang memiliki maksud tertentu maka akan melaksanakan shalat tahajud sehingga perbedaan kedua shalat ini makin samar samar.

Nah untuk semakin mengenal lebih dekat kedua shalat ini, mari kita sama sama cari tahu perbedaan shalat hajat dan tahajud agar tidak salah presepsi lagi, berikut ini penelusuran tim grosirsajadah.id untuk Anda.

Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud

Pengertian Shalat Hajat

Shalat hajat memiliki pengertian sebagai salah satu ibadah shalat yang dilakukan seseorang yang ingin mencapai maupun memiliki sesuatu. Ibadah shalat sunah hajat ini merupakan salah satu bentuk usaha kita agar keinginan atau hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Pengertian Shalat Tahajud

Secara sederhana, pengertian shalat tahajud adalah ibadah sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah bangun tidur dan merupakan tergolong shalat yang istimewa dikarenakan ketika Anda melakukan shalat ini Anda akan mendapatkan banyak sekali keutamaan.

Dalil Shalat Hajat

Jangan Sampai Salah! Nih Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud


Dalil Shalat Tahajud 


Jangan Sampai Salah! Nih Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud

Waktu Shalat Hajat

Ketika ingin melakukan shalat hajat, tidak ada ketentuan harus melakukannya kapan. Shalat hajat ini bisa dilakukan kapan saja baik itu siang hari, malam hari, sore hari maupun pagi hari selama tidak di saat jam jam shalat wajib dan bukan diwaktu waktu yang dilarang untuk shalat.

Yang dimaksud waktu yang dilarang melaksanakan shalat tahajud adalah setelah subuh sampai matahari terbit, setelah waktu ashar, saat matahari sedang berada di tengah serta saat matahari sedang kekuningan hingga tenggelam.

Waktu Shalat Tahajud

Berbeda dengan shalat hajat yang bisa dilakukan kapan saja, shalat tahajud merupakan shalat malam yang waktu pengerjaan dalam kurun waktu sehabis isya sampai sebelum subuh. Banyak para ulama yang menganjurkan untuk melakukan sholat tahajud ini di sepertiga malam terakhir atau di dini hari. 

Namun Anda juga bisa melakukan shalat tahajud ini di sepertiga malam pertama yakni sekitar pukul 20.30 sampai 23.00 atau bisa juga sepertiga malam kedua  yakni pukul 23.00 sampai pukul 01.30 atau sepertiga malam ke tiga yakni pukul 01.30 sampai masuk waktu subuh.

Tujuan Shalat Hajat

Seperti yang telah disebutkan di atas, shalat hajat adalah shalat yang dilakukan ketika kita menginginkan sesuatu bisa saja sesuatu tersebut bisa berupa meminta perlindungan, ingin sukses dalam segala bidang, cari jodoh dan yang lainnya.

Tujuan Shalat Tahajud

Jika shalat hajat bertujuan lebih spesifik, tujuan  shalat tahajud lebih umum lagi dari pada shalat hajat. Bahkan, ada beberapa orang yang menjadikan shalat tahajud sebagai bentuk kepatuhan kepada Rosul dan Allah SWT.

Keutamaan Shalat Hajat

Jangan Sampai Salah! Nih Perbedaan Shalat Hajat dan Tahajud

1. Mempercepat doa terkabul

Keutamaan mengerjakan shalat hajat adalah mempercepat doa terkabul dan segala betuk keinginan jadi cepat terlaksana. Keinginan ini seperti yang telah disebutkan, bentuknya ada banyak seperti karir, jodoh dan yang lainnya.

2. Terhindar dari bahaya

Selain agar hajat bisa cepat terkabul, melakukan shalat hajat juga bisa menghindarkan diri dari bahaya yang mengintai serta kesulitan kesulitan yang nantinya akan dihadapi. Lakukan dengan sungguh sungguh untuk mendapatkan pertolongan ini.

3. Ditinggikan derajat dan diampuni segala dosanya

Tak hanya bisa dirasakan manfaatnya di dunia, dengan melakukan shalat hajat juga kita bisa merasakan keutamaannya di akhirat nantinya. Seorang Muslim yang melaksanakan shalat hajat dengan sungguh sungguh akan ditinggikan derajatnya dan diampuni segala dosa dosanya yang pernah diperbuat.

4. Masuk surga bersama Rosul

Sebagai Umat Muslim tentu saja kita menginginkan berada di surga bersama orang tercinta dan Rosul. Dengan melaksanakan shalat hajat dengan sungguh sungguh keinginan tersebut InsyaAllah terlaksana.

5. Dicintai oleh Allah

Allah sangat suka dengan hamba-Nya yang taat dalam beribadah sehingga ketika kita mengerjakan shalat hajat ini maka sama saja kita semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Keutamaan Shalat Tahajud

1. Diberikan tempat terbaik di sisi-Nya

Keutamaan mengerjakan shalat tahajud yang pertama adalah mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah. Hal ini bahkan sudah tertera dengan jelas di Adh-Dhariyat 51: 15-18 dengan catatan shalat tahajudnya harus benar benar dan sungguh sungguh.

2. Penghapus dosa dan kesalahan

Manusia tempatnya salah betul? Nah kesalahan kesalahan tersebut bisa dihapus jika kita mengerjakan shalat tahajud dengan sungguh sungguh tentu saja dibarengi dengan taubat yang sungguh sungguh pula.

3. Dijadikan rendah hati

Allah SWT menegaskan jika orang yang melakukan shalat tahajud maka Allah akan berikan sifat rendah hati dan bersahabat kepada orang tersebut. Hal ini sudah tertera dengan jelas di Al-Furqan 25: 63-64.

4. Jembatan masuk surga

Keutamaan shalat tahajud yang selanjutnya adalah bisa menjadi jembatan kita masuk surga. Allah SWT menjanjikan surga untuk hambanya kepada hambanya yang taat begitupula sebaliknya.

5. Amalan yang membantu di akhirat

Salah satu kedahsyatan shalat tahajud dan shalat malam yang lainnya sudah tertera dengan jelas di surat Az-Zariyat ayat 15-18. Di dalam ayat tersebut tertera dengan jelas jika Umat Muslim yang melaksanakan shalat ini akan mendapatkan amal yang bisa membantu di akhirat.

Baca Juga : Sholat Sunnah Gerhana Matahari

Nah, sudah jelas bukan perbedaan ke dua shalat ini? Tentu saja sekarang Anda sudah tidak salah lagi. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda ya. 

Post a Comment

0 Comments