Doa Sesudah Sholat Tasbih? Baca Disini!


Doa Sesudah Sholat Tasbih

Doa Sesudah Sholat Tasbih
- Apakah kamu pernah mendengar mengenai Sholat Tasbih? Ya sholat tasbih, sholat sunnah yang bisa dikerjakan kapan saja, baik pada siang hari maupun pada malam hari.

Di dalam sholat tasbih pelaku sholat diharuskan untuk membaca kalimat atau bacaan tasbih sebanyak 300 ini. Menurut beberapa ulama, shalat tasbih ini merupakan shalat yang diajarkan Rasulullah SAW kepada pamannya, yaitu Abbas bin Abdul Muthallib. Namun, ada juga ulama yang tidak setuju dengan hal demikian. 

Rakaat sholat tasbih sendiri berjumlah empat rakaat, dengan jumlah salam yang berbeda tergantung waktu pelaksanaannya. Jika dilaksanakan pada siang hari cukup salam satu kali, tapi jika dilaksanakan pada malam hari jumlah salam nya menjadi dua kali. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad Saw "sholat malam dua rakaat, dua rakaat". Dikutip dari Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB. 


Hukum dan Manfaat Sholat Tasbih 

Hukum dari sholat tasbih adalah sunnah seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Adapun beberapa manfaat dari sholat tasbih ini untuk ketenangan batin, antara lain :

  • Menghilangkan pikiran negatif 
  • Membuat batin menjadi tenang
  • Memberatkan timbangan amal baik kita di akhirat 
  • Solusi untuk menghadapi masalah besar 
  • Setelah sholat selesai, kita bisa kembali fokus untuk menyelesaikan masalah yang tengah kita alami.

Seperti yang dikatakan atau ditulis oleh Imam As-Subki dalam Darul Fikr, tt, hal. 203 "Bahwa tidaklah seseorang yang sudah mendengar mengenai keutamaan dari shalat tasbih, namun dia masih meninggalkannya (tidak melakukannya) kecuali orang itu adalah orang yang merendahkan agama." 


Tata Cara Melaksanakan Sholat Tasbih

Seperti yang sudah ditulis diatas jika sholat tasbih bisa dilaksanakan pada siang maupun malam hari, selama waktu itu bukan waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat.

Pelaksanaan dari sholat tasbih juga tidak ada bedanya dengan pelaksanaan sholat wajib ataupun sholat sunnah lainnya. Hanya saja, ada tambahan kalimat thayibah dalam jumlah tertentu. Dan berikut ini adalah panduan untuk mengerjakan sholat tasbih. 

  1. 1. Membaca Niat

    Doa Sesudah Sholat Tasbih


  2. Dilanjutkan dengan Membaca Bacaan Tasbih Sebanyak 15 kali
    Berikut adalah kalimat tasbih yang di baca: 

    Doa Sesudah Sholat Tasbih


  3. Membaca surat Al-Fatihah

  4. Dilanjutkan dengan membaca surat pendek 

  5. Kemudian membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali

  6. Rukuk (Dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali)

  7. Iktidal (Dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali)

  8. Sujud (Dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali)

  9. Duduk diantara dua sujud (Dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali)

  10. Sujud (Dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali)

  11. Salam (Lakukan seperti sholat pada umumnya)


Baca Juga : Apa Itu Sholat Sunnah Tasbih?


Doa Sholat Tasbih

Setelah selesai salam sholat tasbih, Anda bisa membaca doa sesudah sholat tasbih. Berikut adalah doanya:


Doa Sesudah Sholat Tasbih


Bacaan Tasbih

Berikut ini merupakan bacaan tasbih yang dibaca saat kita melaksanakan sholat tasbih seperti urutan tata cara sholat tasbih seperti yang ada di atas :


Doa Sesudah Sholat Tasbih


Keutamaan dari Sholat Tasbih 

Menurut sebagian ulama mengatakan jika keutamaan dari sholat tasbih adalah diampuni nya dosa kita oleh Allah SWT baik dosa yang kecil maupun besar, yang terdahulu dan yang baru, yang pertama dan terakhir, yang tidak sengaja maupun yang disengaja, dan yangtersembunyi maupun terang-terangan. 

Hal tersebut berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.

Dari Ikrimah bin Abbas radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Al-Abbas bin Abdul Muttalib, “Wahai Abbas paman ku, Aku ingin memberikan pada engkau, aku benar-benar sangat mencintaimu, aku ingin engkau melakukan -sepuluh sifat- jika engkau melakukannya Allah akan mengampuni dosamu, baik yang kecil maupun besar, yang pertama dan terakhir, yang tersembunyi maupun terang-terangan, yang tidak sengaja maupun yang disengaja, yang terdahulu dan yang baru."

Semoga setelah kamu melaksanakan sholat tasbih ini, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan senantiasa ingat kepada Allah SWT serta juga selalu dan tidak pernah lupa untuk melakukan segala kebaikan. 


Post a Comment

0 Comments