Berkut ini Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap!!

Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap

Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap – Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim di dunia. Nah namun ada sholat yang wajib dilaksanakan namun juga ada sholat yang tidak wajib dilaksakan atau disebut juga dengan sholat sunnah. Sholat sunnah itu sendiri apabila dilaksanakan akan mendapatkan pahala, namun apabila ditinggalkan juga tidak mendapatkan dosa 

Seperti halnya sholat tasbih, hmm kalian sudah tahu belum nih tentang sholat tasbih? Oiya sebelum mengenal lebih lanjut tentang sholat tasbih, sebelum kalian melaksanakan sholat sunnah lebih baik kalian melaksanakan sholat wajib terlebih dahulu ya guys! Yukk untuk mengenal lebih lanjut tentang sholat tasbih simak ulasan berikut yaa!!


Pengertian Sholat Tasbih

Sholat Tasbih merupakan sholat Sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW, yang diiringi bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Jumlah rakaat shalat tasbih itu sendiri adalah 4 rakaat, dapat dilaksanakan ketika siang hari maupun dalam malam hari, shalat tasbih juga sering dikenal juga sebagai Salatul Tasbih. Rasulullah SAW menyarankan untuk sholat tasbih pada hari jumat dan bisa dilaksanakan sekali dalam satu hari. 

Hukum melaksanakan sholat tasbih itu apasih? Nah jadi hukum dari sholat tasbih itu sendiri yaitu sunnah (Yang apabila jika dikerjakan kita akan mendapat pahala jika tidak dikerjakan  maka tidak apa apa dan tidak berdosa).

Diriwayatkan dari jalur Ibu Abbas, bahwa Nabi Muhammad SAW. mengajarkan sholat tasbih ini kepada Abbas bin Abdul Muthalib beliau adalah paman dari Nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakan sholat tasbih, diharapkan agar memperbanyak tasbih kita kepada Allah SWT, dengan memperbanyak tasbih kita berharap Allah SWT maka akan diampuni dosa dosa kita.


Hikmah dan keistimewaan dari sholat tasbih diantaranya sebagai berikut : 

  • Dapat memberatkan timbangan amal baik di akhirat nanti
  • Jika kita rajin membaca tasbih makan timbangan amal baik kita akan diberatkan
  • Menghapus dosa yang banyak atau bisa dikatakan menghapus dosa yang banyak seperti buih di lautan
  • Jika sholat tasbih dilakukan dengan hati yang penuh dengan keikhlasan seseorang yang melakukannya dicegah atau terjaga dari perbuatan perbuatan yang tidak baik atau keji dan mungkar


Baca Juga : Cara Sholat Istisqa


Tata Cara Shalat Tasbih

Shalat tasbih yang dikerjakan pada waktu siang hari terdapat dua cara, yang pertama 4 rakaat sekali salam dan yang kedua 4 rakaat 2 kali salam (2 rakaat demi 2 rakaat). Untuk shalat tasbih yang dikerjakan pada malam hari 2 rakaat demi 2 rakaat.

Ada baiknya kita sebagai umat muslim untuk melaksanakan shalat tasbih, paling tidak sekali dalam seumur hidup. Nah kalian sudah tahu belum ini tatacara dalam melaksanakan sholat tasbih? Untuk yang belum tahu simak terus ulasan berikut yaa!


Urutan tata cara dalam melaksanakan sholat tasbih : 

  1. Membaca Niat
    Nah yang pertama untuk niat shalat tasbih sama dengan sebagaimana sholat yang lain yaitu membaca niat dalam hati "Ushalli sunnat tasbihi arba'a rak'atin lillahi ta'ala" untuk empat rakaat dengan satu salam.  "Ushalli sunnat tasbihi rak'ataini lillahi ta' ala" digunakan untuk empat rakaat dengan dua kali salam.

  2. Membaca Takbiratul Ihram

  3. Membaca Surat Al Fatihah

  4. Membaca Suratan Pendek

  5. Membaca tasbih sebanyak 15 kali kemudian dilanjutkan dengan setelah ruku 

  6. Rukuk baca doa seperti biasa kemudian dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

  7. Mambaca doa I’tidal seperti biasa kemudian juga dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

  8. Setelah itu sujud dan membaca doa seperti sholat biasa kemudian sebelum bangun dari sujud dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali 

  9. Duduk diantara dua sujud juga doa seperti biasa dulu sehabis itu dilanjutkan dengan membaca tasbih 10 kali, kemudian sujud untuk yang kedua sebelum bangun dari sujud juga dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

  10. Setelah sujud yang kedua, tidak langsung berdiri melainkan duduk dahulu dan membaca tasbih sebanyak 10 kali

  11. Baru kemudian bangun untuk melanjutkan rakaat yang kedua sama dengan rakaat sholat  pertama 

  12. Duduk Tasyadu akhir
    sebelum membaca doa tasyadul akhir, terlebih dahulu membaca tasbih sebanyak 10 kali

  13. Baru  kemudian dilanjutkan dengan membaca salam


Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap


jadi dalam satu rakaat saja kita sudah membaca tasbih sebanyak 75 kali lho. Hmm  sangat mudah bukan? Yuk mulai sekarang laksanakan sholat tasbih yaa selain mendapatkan pahala kalian juga akan mendapatkan keistimewaan dari melaksanakan sholat tasbih lhoo!!

Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk kalian semua ya guys!! 

Post a Comment

0 Comments