Keajaiban Sholat Tasbih? Baca Disini!!

Keajaiban Sholat Tasbih

Keajaiban Sholat Tasbih
– Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Sholat itu sendiri memiliki arti yaitu “doa” yang berasal dari bahasa arab. Sholat juga merupakan salah satu sarana komunikasi manusia dengan Allah SWT.

Tidak ada toleransi untuk tidak melaksakan sholat kecuali wanita yang sedang menstruasi dan nifas. Namun Allah SWT juga  memberikan keringanan saat melaksanakan sholat yaitu bagi mereka yang yang tidak mampu berdiri saat sholat karena sedang sakit keras, mereka bisa melaksanakan sholat dengan duduk maupun berbaring. Allah juga meringankan mereka para musafir agar dapat menggabungkan sholat.

Sholat dibedakan menjadi dua yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Sholat fardhu merupakan sholat 5 waktu yang wajib dilakukan setiap hari dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Sedangkan sholat sunnah yaitu dianjurkan untuk dilaksanakan dalam waktu tertentu, seperti sholat dhuha, tahajud nah salah satunya sholat tasbih. 

Dalam al-Quran, banyak perintah agar kita selalu ber-tasbih kepada Allah SWT dalam segala hal dan setiap keadaan. Di antaranya adalah ayat berikut ini:

Keajaiban Sholat Tasbih

Sholat Tasbih

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang saat melaksanakan sholat mengucap bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Sholat tasbih itu sendiri dapat dilaksanakan pada siang maupun malam hari.  Diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW pada umatnya, bahwa sholat tasbih ini dianjurkan untuk dilaksanakan paling tidak seumur hidup sekali.

Bedanya sholat tasbih dengan sholat sunnah lainya yaitu pada sholat tasbih ini terdapat bacaan tasbih yaitu ( Subhanllahi Wal Hamdulillah, Wala IIaha lllallahu, Wallahu Akbar) dalam tatanan dan rangkaian sholat tasbih.


Tata Cara Melaksanakan sholat tasbih :

1. Niat Sholat Tasbih

    Niat sholat tasbih 4 rakaat sekali dalam salam

Keajaiban Sholat Tasbih

  

        Niat sholat tasbih 4 rakaat dua kali salam 

Keajaiban Sholat Tasbih

2. Cara melaksanakan sholat tasbih

  • Membaca Takhbiratul Ihram
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca suratan pendek, setelah itu dilanjutkan dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 15 li
  • Rukuk, dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10  kali
  • Iktidal, dalam posisi iktidal sebelum sujud membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali
  • Sujud, dalam posisi sujud sebelum bangun untuk duduk diantara 2 sujud sebaiknya membaca tasbih sebanyak 10 kali
  • Duduk diantara dua sujud, setelah itu dilanjut membaca tasbih sebanyak 10 kali setelah itu baru melaksanakan sujud 10 kali lagi. 
  • Sujud kedua lakukan hal yang sama dengan sujud pertama
  • Sebelum melanjutkan ke rokaat kedua, setelah sujud duduk dan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali
  • Kemudian dilanjutkan ke rokaat ke 2 lakukan hal yang sama dengan rokaan yang pertama.
  • Untuk rokaat terakhir saat duduk sebelum salam, membaca bacaan tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali 

Nah, sehingga jumlah bacaan tasbih yang kalian ucapkan pada 2 rokaat sholat yaitu 75 kali. Itu merupakan tata cara dalam melaksanakan sholat tasbih, setelah kalian tahu caranya yuk mulai sekarang laksanakan sholat tasbih. Kalian sudah tahu belum nih tentang keajaiban sholat tasbih? Yuk baca terus ulasan berikut ini ya!


Baca Juga : Doa Setelah Sholat Tasbih


Keajaiban Sholat Tasbih 

Sholat tasbih ini memilliki banyak sekali keistimewaan lho! Tidak hanya karena sholat tersebut pernah dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW yang dibuktikan oleh hadist shohih yang menjadi dalil kesunnahanya. 

Dengan semakin banyaknya umat islam yang mengenal dan memahami tentang sholat tasbih diharapkan sholat tasbih tersebut dapat dilaksanakan dengan istiqomah sebagaimana dengan  sholat sunnah yang lainya. 

Nabi Muhammad SAW bersabda :

Keajaiban Sholat Tasbih


Hadist tersebut menjelaskan bahwa jangan sampai di akhir usia kita tidak melaksanakan sholat tasbih, hal tersebut sudah menunjukkan bahwa ada keistimewaan tersendiri pada sholat tasbih. Maka dari itu kalau bisa kalian laksanakan, kenapa tidak? 

Adapun beberapa keistimewaan sholat tasbih yaitu :

  • Memberatkan timbangan baik diakhirat
  • Tasbih merupakan kalimat terbaik di sisi Allah SWT
  • Memiliki tabungan berupa kebun kurma di surga kelak
  • Menghapus dosa yang banyak
  • Sebagai senjata menghadapi krisis pangan di akhir zaman
  • Terhindari dari kesedihan dan penyakit-penyakit yang berat
  • Senjata menghadapi persoalan yang besar
  • Mengikuti ajaran Rasululloh SAW

Nah, itu merupakan beberapa contoh keistimewaan yang akan kalian dapatkan ketika kalian melaksanakan sholat tasbih. Semoga ulasan diatas menjawab setiap pertanyaan kalian yaa! 

Simak terus artikel kami berikutnya! 

Post a Comment

0 Comments