Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Dulu? Ini Penjelasanya!

Apakah Sholat Tasbih Harus Sholat Dulu? Ini Penjelasanya!

Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Dulu - Sholat tahajud adalah sholat yang di Laksanakan pada malam hari setelah bangun tidur. sholat tahajud termasuk ke dalam sholat malam. sedangkan sholat malam tak hanya sholat malam semata. 


waktu utama untuk mengerjakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam. untuk  ketentuannya sholat tahajud  pada bulan ramadhan kita tetap bisa mengerjakan sholat tahajud setelah kita mengerjakan sholat tarawih. 


Hukum Sholat Tahajud. Hukum yang terdapat pada sholat tahajud ialah sunah. dalam QS. Al -isra' sebagaimana di jelaskanya.  Pada sebagian malam hari, hendaklah kamu bertahajud sebagai tambahan pahala bagimu. semoga Allah selalu mengangkat derajatmu yang sangat terpuji. 

Apakah Sholat Tasbih Harus Sholat Dulu? Ini Penjelasanya!


Apakah sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu?


Ada beberapa pendapat mengenai sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu, nah untuk mengetahuinya kalian bisa simak penjelasan berikut ini ya!


Sholat sunnah yang di laksanakan di malam hari dilaksanakan setelah bangun tidur walaupun tidurnya sangat sebentar. Menurut  pendapat Mu' tamad jika seseorang tidak tidur sama sekali di malam hari ketika mau melaksanakan sholat tahajud maka sholat sunnahnya yang di lakukan tidak  di namakan sholat tahajud. 


seperti di  Lansir dari imam Romli dalam karyanya menyebutkan Dalam (Qs. Al-isra' ayat  79).   Di sunahkanya sholat tahajud dengan persetujuan para ulama menurut firman Allah Ta'ala dan di sebagian malam hari.  tahajudlah kamu sebagai sesuatu ibadah  tambahan bagimu.  


Dan berdasarkan kegigihan Nabi  Muhammad saw dalam melaksanakan sholat tahajud sholat tahajud juga adalah sholat malam hari seusai tidur. dan terkait dengan uraian tersebut haruskah sholat tahajud tidur terlebih dahulu?


Syekh Sulaiman ibn Muhammad ibn umar Al- Bujairomi Mengatakan : Dan sunahnya melakukan sholat sunah tahajud yaitu sholat setelah tidur. 


penjelasan ( setelah tidur malam hari).  walaupun tidur hanya sebentar dan tidurnya di laksanakan sebelum melaksanakan sholat isya, tetapi sholat sunah tahajud tetap di laksanakan setelah sholat isya. oleh karena itu sholat ini di namakan sholat tahajud ( tidur di waktu malam hari). dan ini pendapat yang sangat kuat. di antara kalian yang menyangka ketika melaksanakan sholat tahajud.


Tetapi, sebagian dari ulama ada juga yang memiliki pendapat yang berbeda beda, sebagian dari ulama ada yang berpendapat bahwasanya melaksanakan sholat tahajud tidaklah harus tidur terlebih dahulu. 


dengan pendapat ini menjelaskan semua sholat yang dilakukan setelah melaksanakan sholat isya bisa di sebutkan sebagai Sholat tahajud walaupun sebelumnya orang tersebut belum tidur. 


Ada juga yang berpendapat sholat tahajud tidaklah harus tidur terlebih dahulu dan ini berdasarkan sabda  dari Nabi Saw: ( menyebarkan salam, memberikan makan,sambunglah silaturahmi,dan laksanakan sholat pada malam hari ketika semua menusia tertidur.  Memungkinkan  kalian akan masuk surga.)


Ada 3 pendapat sholat tahajud :

  • Tidur setelah sholat lalu tidur lagi dan melaksanakan sholat lagi
  • Sholat seusai bangun tidur
  • Sholat seusai sholat isya


Semua tergantung kepercayaan dan keyakinannya masing-masing. Nah setelah kalian mengetahui tentang sholat tahajud, berikut ini ada beberapa tata cara dalam melaksanakan sholat tahajud diantaranya sebagai berikut : 


Baca Juga : Keajaiban Sholat Tasbih


Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud


  1. Baca niat sholat tahajud
  2. Membaca Takbiratul Ikhram dan membaca doa iftitah
  3. Selanjutnya membaca surat Al-Fatihah dan Membaca salah satu surat dalam Al-Qur'an
  4. Rukuk
  5. Itidal
  6. Lalu sujud
  7. Mengulangi gerakan seperti rakaat pertama. 


Jumlah rakaat untuk melaksanakan sholat tahajud tidaklah di batasi.  Meskipun begitu, berdasarkan sunahnya, melaksanakan sholat tahajud bisa di kerjakan 11 rakaat dan bisa di ikuti dengan 3 rakaat sholat witir. Agar mampu memahami Sholat tahajud. 


Semoga penjelasan di atas menjawab pertanyaan kalian yaa,  apakah sholat tahajud harus tidur dulu atau tidak..


Post a Comment

0 Comments