JANGAN SAMPAI SALAH! Ini Bedanya Bacaan Sholat Jenazah Laki Laki dan Perempuan

JANGAN SAMPAI SALAH! Ini Bedanya Bacaan Sholat Jenazah Laki Laki dan Perempuan

Bedanya Bacaan Sholat Jenazah Laki Laki dan Perempuan Adalah - Salat jenazah merupakan salah satu proses yang harus dilakukan ketika ada orang muslim yang meninggal. Dalam pandangan islam sendiri mensolatkan orang muslim yang meninggal hukumnya fardhu kifayah, yakni wajib dilakukan bersama-sama dan bukan perseorangan. 


Hal ini tertuang dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, dan pada Rasulullah SAW yang bersabda dengan sebagai arti jadi, jika ada sebagian kaum muslimin memenuhinya, orang yang tidak melakukannya tidak berdosa.


Apabila tidak ada sama sekali yang melaksanakannya, maka seluruh kaum muslimin di lingkungan sekitarnya terkena dosa.


Menyinggung seputar solat jenazah, ternyata masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum tahu mengenai perbedaan dari bacaan sholat untuk jenazah laki-laki dan perempuan. Untuk itu simak informasi berikut ini.


Sebelum kita pelajari tentang perbedaan bacaan untuk jenazah laki-laki dan perempuan. Ada baiknya jika kita ketahui dahulu ukntuk rukun- rukun sholat jenazah.


Rukun sholat jenazah Bagi Kaum perempuan

  1. Niat

  2. Empat takbir dengan takbiratul ihram

  3. Membaca surat Al-Fatihah setelah takbir yang pertama

  4. Shalawat kepada Rasulullah SAW

  5. Doa untuk mayit setelah takbir ketiga

  6. Salam

  7. Berdiri


Bacaan Dan Niat Sholat jenazah

Dalam melakukan sholat jenazah antara jenazah laki-laki dan perempuan terdapat sedikit perbedaan dalam niat dan doanya. 


Kita sebagai umat muslim harus memahami bacaan niat dan doa untuk sholat jenazah perempuan.Hukum sholat jenazah perempuan dan laki-laki tidak dibedakan, yakni fardhu kifayah. 


Maksud hukum fardhu kifayah adalah jika sekelompok orang yang sebagian besar atau bahkan semuanya laki-laki atau sekelompok perempuan membaca niat sholat jenazah perempuan dan melaksanakannya atau melakukannya maka gugurlah kewajiban itu untuk umat Muslim sekitarnya.


Berikut ini untuk niat untuk sholat jenazah laki-laki dan perempuan


  • Niat  sholat jenazah laki-laki !

Usholli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.


  • Niat sholat jenazah untuk jenazah Perempuan !

Usholli ‘ala hadzihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala


  • Bacaan Niat untuk imam !

Usholli ‘alaa hadzal mayyiti arba’a takhbiratin fardhal kifayaati imaaman lillahi ta’alaa


  • Bacaan sholat jenazah setelah takbir pertama

Sebelum membaca basmallah pada Surat Al Fatihah, membaca Ta'awudz terlebih dahulu setelah itu baru kita masuk ke gerakan sholat ke dua


  •  Bacaan sholat jenazah setelah takbir kedua

Membaca Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW


  • Bacaan sholat jenazah setelah takbir ketiga Mebaca Doa Bagi Jenazah perempuan

Allahhummaghfir laha warhamha wa'aafiha wa'fuanha


  • Bacaan sholat jenazah setelah takbir keempat Membaca doa

Allahumma laa tahrimnaa ajrahuu wa laa taftinnaa ba’dah(u) 


  • Setelah membaca doa takbir keempat, membaca salam ke kanan dan ke kiri.

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh(u)


Berikut seputar tata Cara melakukan sholat  jenazah Bagi Perempuan dan laki - laki

JANGAN SAMPAI SALAH! Ini Bedanya Bacaan Sholat Jenazah Laki Laki dan Perempuan

Dalam suatu kutipan yang di ambil di salah satu buku dengan judul  Fikih Shalat Jenazah tulisan Ustadz Ahmad Sarwat menyebut.


 Dari Abi Umamah bin Sahl bahwa seorang sahabat Nabi SAW pernah berkata dan mengabarkannya bahwa aturan sunnah di daalam sholat jenazah itu adalah imam yang bertakbir kemudian membaca Al-Fatihah sesudah setelah membaca takbir yang pertama secara sendiri di dalam hatinya.


 Kemudian bershalawat kepada Nabi SAW, menyampaikan doa khusus kepada sang jenazah dan kemudian membaca salam. (HR.Al-Baihaqi).


 Dalam pandangan yang berbeda dari mazhab As-Syafi'iyah dan Al Hanabilah, sholat jenazah terdiri dari tujuh rukun. Itu merupakan salah satu pedoman dalam. Melakukan tata cara sholat jenazah.


Baca Juga : Tata Cara Sholat Jenazah Laki Laki


  • Amalan Sholat Jenazah

Pertama, syarat pahala satu qirath untuk yang mensholatkan Jenazah.sebagian besar  ulama dan para mensyarat berpendapat bahwa, pahala satu qirath dari mensholatkan jenazah dapat di peroleh jika seorang mensholatkan dan berdiam layat di rumah duka, sampai jenazah diantar ke tempat peristirahatan yang terakhir. 


Kesimpulan ini berdasarkan hadis riwayat Muslim dari sahabat Khobab –radhiyallahu’anhu-, yang mana dalam hadis ini satu qirath disyaratkan demikian,Siapa yang keluar bersama jenazah dari rumah dukanya. 


Namun yang tepat dalam hal ini, tidak disyaratkan demikian, pahala satu qirath yang bisa kita dapat hanya , cukup didapat dengan mensholatkan saja.


dengan yang sholat jenazah dan menunggu di rumah duka sampai jenazah di antar hingga ke tempat peristirahatan yang terakhir bagi sang jenazah.

  • Hukum Jika Tidak Sholat Jenazah menurut  MUI

Menurut MUI apabila dalam satu kampung ada seorang muslim yang meninggal, tapi tidak ada seorang pun dari masyarakat yang menyalatkan, semua orang sekampung berdosa. 


Namun hal ini tak menjadi wajib ketika yang meninggal tidak seorang muslim. Mui juga  menegaskan salat jenazah bagi seseorang yang meninggal merupakan hak dan bagian dari sisi kemanusiaan.


masyarakat harusnya bisa lebih mampu menentukan yang akan menjadi kewajiban dalam hidup kita menjalani bermasyarakat dan mana yang merupakan kewajiban pribadi kita  dalam masyarakat.



Ia pun juga mengaskan sekaligus  menjelaskan, dalam syariat Islam, setiap individu yang hidup berdampingan dan bersama dalam sebuah masyarakat memiliki hak dan kewajiban, baik ketika masih hidup di dunia maupun meninggal.


Zainut menegaskan, bahwasanya mengurus jenazah merupakan bagian dari pelaksanaan hak dan kewajiban. “Bagi yang sudah meninggal itu adalah merupakan hak, sementara bagi yang masih  hidup di dunia itu adalah sebuah kewajiban,”.



Zainul menegaskan, sebagai kewajiban dan keutamaan bagi seluruh umat muslim maka salat jenazah harus dilaksanakan. Apabila tidak dilaksanakan akan menimbulkan dosa.


Ia menilai bahwa dari sisi syariat Islam yang sudah ada tersebut ditujukan untuk membangun sebuah kehidupan masyarakat. Sehingga terjaga kerukunan serta kedamaian antar umat beragama.


Sekian artikel seputar Bedanya Bacaan Sholat Jenazah Laki Laki dan Perempuan Adalah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian secara mendalam, sampai jumpa.


Post a Comment

0 Comments